Mohon tunggu...
Agatha Eka Wijaya
Agatha Eka Wijaya Mohon Tunggu... Administrasi - Pekerja dan Mahasiswa

Sometimes we wil never know the value of a memories until it becomes a memory. -Kimbab Famiy

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Analisis Semiotika Makna Permainan Pada Lirik Lagu "Bukan Permainan" Karya Gita Gutawa

27 November 2021   05:53 Diperbarui: 27 November 2021   05:55 138 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstrak

Jurnal ini menitik beratkan sebuah kajian makna permainan pada lirik lagu "Bukan Permainan" karya Gita Gutawa menggunakan analisis semiotika dari Roland Barthes. Adapun makna yang diungkapkan adalah makna denotasi, konotasi, dan mitos. Dalam penelitian jurnal ini digunakan teori semiotika Roland Barthes untuk menjelaskan dan menggambarkan denoasi, konotasi, dan mitos dari makna "permainan" yang terkandung dalam lirik lagu tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu dengan menjelaskan dan menggambarkan secara jelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, dengan penelusuran dan perolehan dari berbagai sumber yang berkaitan dengan data.  Hasil yang diperoleh dari kajian semiotika yang telah dilakukan memperoleh makna denotasi dari lirik lagu "Bukan Permainan" adalah keinginan dari penulis lagu untuk berhenti atau menolak seseorang yang telah mempermainkan perasaannya dalam hal ini yang dimaksud adalah berpacaran kemudian putus lalu kembali berpacaran dan mengulangi hal yang sama secara terus menerus dengan orang yang sama. Konotasi yang ditemukan adalah penulis ingin bebas dari pasangannya yang selalu membuatnya menangis dan bersedih. Makna mitosnya, pencipta lagu ingin menyampaikan bahwa perasaan bukan untuk dipermainkan.

Kata kunci: makna, semiotika, permainan, Roland Barthes

Abstract

This journal focuses a study of the meaning of the game on the lyrics of the song "Not a Game" by Gita Gutawa using semiotic analysis from Roland Barthes. The meaning expressed is the meaning of denotation, connotation, and myth. In this journal study, Roland Barthes' semiotics theory was used to explain and describe the denotations, connotations, and myths of the meaning of "game" contained in the lyrics of the song. The research method used is a qualitative method, namely by explaining and describing clearly. The data collection technique used is the study of documents, with searches and acquisitions from various sources related to data.  The results obtained from the semiotics study that has been done to derive the meaning of denotation from the lyrics of the song "Not a Game" is the desire of the songwriter to stop or reject someone who has played his feelings in this case which is meant to dating then break up then break up and repeat the same thing continuously with the same person. The connotation found is that the author wants to be free from his partner who always makes him cry and grieve. The meaning of the myth, the songwriter wants to convey that feelings are not to be played.

 

Keywords: meaning, semiotics, Roland Barthes

PENDAHULUAN

 

Bahasa merupakan salah satu cara untuk melakukan komunikasi antar manusia, dengan adanya bahasa dapat memudahkan dan mengerti apa yang dimaksud oleh lawan bicara dan mengerti makna dari tanda-tanda yang ada melalui bahasa. Bahasa juga menjadikan antar manusia menjadi lebih saling mengenal satu sama lain, melalui tulisan dan juga lisan.

Manusia dalam melakukan komunikasi menggunakan banyak cara, salah satu cara untuk mengungkapkannya tidak hanya melalui tulisan namun juga lisan yang disampaikan dalam bentuk sebuah lagu. Lagu merupakan sebuah media yang dapat mengungkapkan perasaan kemudian dilisankan dengan nada untuk mendapatkan harmoni yang indah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan