Mohon tunggu...
KKN Kolaborasi 108 Tegalwangi
KKN Kolaborasi 108 Tegalwangi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kelompok KKN Kolaborasi 108 Tegalwangi (UNEJ, UDS, ITSM)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Branding Desa: Movement Pengenalan Potensi Desa Tegalwangi Melalui Kreativitas Masyarakat Desa

12 Agustus 2023   09:45 Diperbarui: 12 Agustus 2023   09:49 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemberian Materi Branding dan Pembuatan Video

Desa Tegalwangi merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember.  Desa Tegalwangi dikategorikan sebagai desa mandiri dengan komoditi andalan berupa Wisata Air Mutiara Park, Kampung Gurame, dan  Lapangan Pusat Olahraga Terpadu. Menilik potensi Desa Tegalwangi yang luar biasa diatas maka diperlukan upaya untuk mengenalkan pesona Desa Tegalwangi ke khalayak ramai dengan cara branding desa. 

Branding desa merupakan kegiatan penting yang perlu dilakukan agar desa memiliki identitas yang berdaya saing. Branding desa menjadi salah satu bagian program TAGATRA yang diusung mahasiswa untuk menjadikan Desa Tegalwangi yang sehat dan sejahtera. Branding tidak lain merupakan upaya melabeli desa sehingga desa memiliki kekhasan atau keunikan.

Sebenarnya branding desa di Tegalwangi sudah dijalankan melalui akun media sosial instagram dan youotube dengan organisasi T House Project, akan tetapi dari pihak pengelola terdapat kendala khususnya di bagian mencari tim branding desa. Melihat situasi demikian Kelompok KKN Kolaboratif 108 bekerjasama dengan Tim Branding Desa Tegalwangi menyelenggarakan kegiatan branding desa. Adapun kegiatan tersebut menyasar masyarakat yaitu anak-anak muda yang ada di Desa Tegalwangi. 

Pelaksanaan kegiatan branding diselenggarakan pada Minggu, 06 Agustus 2023 bertempat di Balai Desa Tegalwangi. Kegiatan branding mengangkat konsep Workshop dan pelatihan pembuatan konten video, kegiatan dimulai dari pemberian edukasi mengenai sistem strategi branding melalui pembuatan konten video menarik, pada kegiatan edukasi materi yang dimuat antara lain mulai dari tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi yang memuat beberapa poin pembahasa antara lain: strategi branding, manajemen konten, shoot Management dan finishing pasca produksi berupa sistem manajemen promosi konten melalui sosial media viral.

Kegiatan utama dilakukan dengan pembentukan tim sebanyak 4 dengan jumlah anggota 3-5 orang. Setelah dibagi kedalam kelompok yang ada, tiap kelompok akan diberikan properti untuk dijadikan objek pembuatan video. Adapun pembuatan video dibagi sesuai dengan properti yahg disediakan antara lain : gurami goreng, jeruk, jambu kristal, jambu air dan jambu air putih. Pemilihan properti diatas ditujukan pada keunggulan dan keunikan desa Tegalwangi yang menjadi sentra utama dari komoditas tersebut. 


Kegiatan selanjutnya berfokus kepada pembuatan video yang bertempat di Balai Desa Tegalwangi. Setelah dilakukan pemgambilan dan pengeditan video kegiatan selanjutnya adalah pemutaran video singkat yang telah dibuat oleh masing masing team. Kegiatan diakhiri dengan pemberian hadiah kepada kelompok teraktif dan juara umum yang dimenangkan oleh perwakilan masyarakat muda di Desa Tegalwangi. 

Praktek Pembuatan Video Oleh Peserta Pelatihan Branding
Praktek Pembuatan Video Oleh Peserta Pelatihan Branding

Antusiasme peserta workshop sangat terasa saat dilakukan praktek pembuatan video. Respon positif juga diberikan oleh Tim Branding Desa Tegalwangi  yang berharap program ini dapat menghasilkan pemuda yang mau berkecimpung di bidang Branding Desa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun