Mohon tunggu...
Afriani Harwil
Afriani Harwil Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN-DR PLUS UIN SUSKA RIAU 2020 | Grup 117

Assalamualaikum✨ Semoga artikel dari saya dapat bermanfaat..

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN UIN SUSKA Riau Lakukan Kunjungan ke Ponpes dan Panti Asuhan bersama Rumah Baca Duri (RBD)

12 Agustus 2020   02:29 Diperbarui: 12 Agustus 2020   02:35 12 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UIN SUSKA Riau Lakukan Kunjungan ke Ponpes dan Panti Asuhan bersama Rumah Baca Duri (RBD)
Mahasiswa KKN-DR PLUS bersama anak ponpes & panti asuhan Al-Huda | dokpri

Berdasarkan data Kemendikbud pada tahun 2019 mengenai Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) pada 34 provinsi di Indonesia, provinsi Riau berada pada peringkat ke-12 yang masuk ke dalam kategori alibaca yang rendah yaitu berada diangka 38,71. Dari data tersebut dapat diketahui masih rendahnya minat baca masyarakat di provinsi Riau, padahal membaca adalah salah satu kegiatan dalam pendidikan yang sangat bermanfaat demi meningkatkan ilmu pengetahuan serta pengalaman yang kita miliki.

Dikarenakan hal tersebut, Tim KKN-DR PLUS UIN SUSKA Riau bersama Rumah Baca Duri (RBD) melaksanakan kegiatan goes to panti pada Minggu (26/7) di ponpes dan panti asuhan Al-Huda yang berada di Jl. Cendrawasih, Duri-Riau. Tim KKN-DR Plus ini beranggotakan sebanyak 4 orang, yakni Afriani Harwil, Arini, Darlingga Prasty, dan Monalisa. Tim dari RBD menyediakan fasilitas berupa buku-buku yang dapat dibaca dengan bebas oleh anak-anak yang ada di Ponpes dan Panti Asuhan Al-Huda tersebut.

Saat memulai kegiatan, terlebih dahulu seluruh anak yang hendak mengikuti kegiatan di berikan hand sanitizer dan masker, serta tak lupa pula pemberian jarak tempat duduk kepada setiap anak sehingga dapat sesuai dengan standar protokol Covid-19 yang berlaku pada saat ini.

Acara dimulai dengan kata sambutan dari kepala pengurus ponpes dan panti asuhan Al-huda yaitu bapak TGK Ade Alamsyah yang mengatakan baik dirinya maupun anak-anak yayasan merasa senang dengan adanya kunjungan  kegiatan seperti ini dari tim KKN-DR PLUS UIN, apalagi kegiatan seperti ini pertama kalinya di laksanakan di ponpes dan panti asuhan Al-Huda.

Setelah pemberian kata sambutan, agenda acara berlanjut dengan pemberian dakwah oleh salah satu rekan mahasiswa KKN-DR PLUS yang motivasi anak-anak di yayasan Al-Huda supaya tetap semangat dalam menuntut ilmu baik kapanpun dan dimanapun mereka berada. Selama acara anak-anak merasa sangat antusias dan terhibur dengan di suguhkannya sejumlah game yang bersifat mendidik sebagai hiburannya, salah satunya ialah game ranking 1 yang dipersiapkan oleh tim KKN tentunya pertanyaan yang diajukan berupa pengetahuan umum dari soal mengenai agama hingga matematika.

Setelahnya, Tim KKN-DR PLUS dan sejumlah anak-anak Ponpes dan Panti Asuhan Al-Huda melanjutkan dengan kegiatan membaca buku yang telah disediakan oleh pihak RBD. Anak-anak sempat merasa bingung untuk memilih buku mana yang akan mereka baca karena banyak buku yang menarik perhatian mereka.

Membaca buku bersama sejumlah anak-anak ponpes dan panti asuhan Al-Huda | dokpri
Membaca buku bersama sejumlah anak-anak ponpes dan panti asuhan Al-Huda | dokpri

Tim KKN-DR Plus memdampingi anak-anak yang ada disana selama kegiatan membaca buku berlangsung. Setelah kegiatan membaca usai, tim KKN-DR Plus mengajak anak-anak yayasan untuk saling menceritakan hal-hal apa saja yg mereka dapati dari buku yang telah mereka baca secara bergantian. Hal ini dilakukan untuk melihat seperti apa kemampuan literasi yang dipunyai oleh anak-anak disana dan juga menjadi salah satu kegiatan sharing ilmu kepada anak-anak Ponpes dan Panti Asuhan Al-Huda.

Diharapkan dengan kegiatan yang telah dilakukan bersama RBD ini dapat menjadi suatu langkah yang baik dalam menambah minat anak-anak yang ada di ponpes dan panti asuhan Al-Huda untuk membaca buku, sehingga dapat menjadi sebuah awal kebiasaan yang baik bagi mereka untuk seterusnya.

VIDEO PILIHAN