Mohon tunggu...
Afifah Zahidah
Afifah Zahidah Mohon Tunggu... Mahasiswi

Trisakti School of Management

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Bagaimana Perubahan Job Analysis di Masa Depan?

18 Mei 2021   16:44 Diperbarui: 18 Mei 2021   16:54 20 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Perubahan Job Analysis di Masa Depan?
Job Analysis | Sumber: mediaedutama.co.id

Job analysis merupakan proses untuk mengumpulkan informasi dan mengidentifikasi secara rinci suatu jabatan dan pekerjaan dengan persyaratan tertentu. Job analysis ini sangat penting bagi setiap perusahaan. Karena jika perusahaan melakukan job analysis, maka arus kerja yang terdapat dalam perusahaan tersebut akan terjamin, perusahaan akan terhindar dari berbagai macam konflik, serta perusahaan akan semakin berkembang dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas.

Revolusi Industri 4.0. | Sumber: wartaekonomi.co.id
Revolusi Industri 4.0. | Sumber: wartaekonomi.co.id
Di era revolusi industri 4.0, tentu saja banyak perubahan yang terjadi, khususnya dalam pelaksanaan job analysis. Karena revolusi industri 4.0 merupakan sebuah fenomena yang menggabungkan antara teknologi cyber dengan teknologi otomisasi yang memiliki banyak dampak bagi perusahaan maupun karyawan, baik dampak positif maupun dampak negatif. 

Revolusi industri 4.0 ini digunakan untuk membantu pekerjaan dan kegiatan para karyawan agar para karyawan akan semakin mudah dalam melaksanakan pekerjaannya. Oleh karena itu, perusahaan harus melakukan job analysis sesuai dengan perkembangan teknologi pada saat ini agar perusahaan terus berkembang.

Dengan adanya revolusi industri 4.0, terdapat beberapa aspek perubahan yang dapat memengaruhi pelaksanaan job analysis. Tetapi, menurut Michael T. Brannick; Frederick P. Morgeson; dan Edward L. Levine, terdapat 3 (tiga) perubahan yang dapat memengaruhi pelaksanaan job analysis di perusahaan, yaitu:

  • Changes in society: Perubahan yang paling besar dalam pekerjaan adalah perubahan nilai-nilai sosial dan juga perubahan nilai-nilai sosial ini berbeda dengan perubahan lainnya karena perubahan ini lebih menekankan pada aspek kultural dan juga aspek struktural. Perubahan ini mencakup aspek jumlah tenaga kerja, usia produktif tenaga kerja, keberagaman tenaga kerja, serta tingkat pendidikan dari tenaga kerja.
  • Changes in technology: Perubahan teknologi ini biasanya terjadi pada mesin-mesin yang digunakan di perusahaan. Di bidang manufaktur, pekerjaan yang tadinya dilakukan oleh manusia sekarang dilakukan oleh mesin. Hal tersebut disebabkan karena adanya perubahan teknologi atau yang biasa disebut dengan revolusi industri 4.0.
  • Changes in business environment: Perubahan di lingkungan bisnis ini akan membuat perusahaan untuk menciptakan suatu inovasi yang lebih inovatif dan kreatif dibandingkan dengan competitor yang lain. Agar inovasi yang dibuat dapat berjalan dengan efektif, maka inovasi tersebut harus disesuaikan dengan lingkungan perusahaan, strategi yang telah ditentukan oleh perusahaan, serta teknologi yang digunakan di dalam perusahaan tersebut. Tujuan dibuatnya inovasi ini adalah agar di era revolusi industri 4.0., perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang lain.

Jadi, perubahan yang terjadi pada job analysis itu terdapat 3 (tiga) perubahan yang akan terjadi di masa depan. Dengan adanya perubahan-perubahan tersebut, diharapkan perusahaan dapat terus berkembang sesuai dengan perubahan yang terjadi pada saat ini. Jika perusahaan tidak melakukan perubahan-perubahan tersebut, maka perusahaan akan tertinggal dari perusahaan yang lain.

VIDEO PILIHAN