Mohon tunggu...
Afifah Zahidah
Afifah Zahidah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Trisakti School of Management

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Penting dan Permasalahan yang Sering Terjadi dalam Melakukan Rekrutmen

27 April 2021   20:45 Diperbarui: 27 April 2021   22:09 2716
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rekrutmen | Sumber: https://bit.ly/3nr7pc2

Rekrutmen adalah proses mencari tenaga kerja yang memiliki kemampuan dan karakteristik yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan dan nantinya akan di seleksi untuk menjadi karyawan dari suatu perusahaan. Sebelum melakukan rekrutmen, perusahaan harus melakukan job analysis dan perencanaan sumber daya manusia terlebih dahulu. Oleh karena itu, rekrutmen harus didasarkan pada kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan. 

Rekrutmen memiliki peran yang sangat penting dalam setiap perusahaan karena dengan adanya rekrutmen, perusahaan bisa mendapatkan tenaga kerja yang memiliki kualitas tinggi yang sesuai dengan standar perusahaan. 

Kemudian peran penting rekrutmen lainnya, yaitu perusahan dapat mengetahui sifat dan perilaku yang dimiliki oleh seorang pelamar, jadi perusahaan dapat melihat dan mempertimbangkan apakah pelamar tersebut sesuai atau tidak dengan budaya organisasi yang diterapkan oleh suatu perusahaan. 

Karena jika pelamar tidak sesuai dengan budaya organisasi yang diterapkan oleh perusahaan, maka pelamar tersebut akan merasa tidak cocok  atau tertekan bekerja di perusahaan tersebut dan mengerjakan pekerjaannya tidak maksimal. Untuk itulah, rekrutmen sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan agar mendapatkan tenaga kerja yang diinginkan oleh perusahaan.

Tujuan Rekrutmen

Secara umum, terdapat 3 (tiga) tujuan perusahaan melakukan rekrutmen, yaitu:

  1. Untuk mengurangi terjadinya tingkat turnover karyawan yang tinggi. Dengan melakukan perekrutan, perusahaan akan mendapatkan tenaga kerja atau karyawan yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan budaya yang berlaku di perusahaan, maka hal tersebut dapat mengurangi terjadi tingkat turnover karyawan di suatu perusahaan.
  2. Agar mendapatkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan dan kualitas kerja yang tinggi agar dapat mencapai tujuan perusahaan. Jika perusahaan melakukan rekrutmen dan kemudian dilajutkan dengan proses seleksi untuk mendapatkan tenaga kerja baru, maka perusahaan akan mendapatkan tenaga kerja dengan kemampuan yang sesuai dengan pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan dan juga mendapatkan karyawan dengan kualitas kerja yang tinggi, sehingga tujuan dari perusahaan akan tercapai karena pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
  3. Untuk memberikan kesempatan kerja kepada pelaku kerja yang belum memiliki pekerjaan. Dengan adanya proses rekrutmen yang dilakukan oleh suatu perusahaan, maka hal itu akan memberikan kesempatan kerja kepada orang-orang yang memiliki keahlian tetapi tidak memiliki pekerjaan karena berbagai faktor.

Fungsi Rekrutmen

Dalam buku Job Analysis and Work Analysis (3-ed, 2020), rekrutmen memiliki 3 (tiga) fungsi, yaitu:

  1. Memberi tahu orang-orang bahwa ada lowongan pekerjaan, termasuk orang-orang dari berbagai latar belakang yang merupakan bagian dari upaya Equal Employment Opportunity (EEO).
  2. Membujuk orang yang memiliki kemampuan yang sesuai dengan pekerjaan yang dibutuhkan untuk melamar di suatu perusahaan.
  3. Untuk menginformasikan calon pelamar tentang persyaratan pekerjaan dan sifat pekerjaan perusahaan.

Permasalahan yang Sering Terjadi Ketika Merekrut Karyawan Baru

Dalam melakukan perekrutan, banyak sekali permasalahan atau tantangan yang sering dihadapi oleh seorang perekrut dalam merekrut karyawan baru, berikut adalah beberapa permasalahan yang sering terjadi ketika perusahaan melakukan perekrutan karyawan baru, diantaranya sulit mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kriteria perusahaan; jumlah pelamar yang terlalu banyak, sehingga perekrut sulit untuk memilih calon karyawan yang terbaik secara efektif dan efisien; serta anggaran yang dikeluarkan tergolong cukup besar karena harus mengeluarkan biaya untuk membuat iklan lowongan kerja di media cetak atau online.

Dengan adanya permasalahan-permasalahan tersebut, perusahaan membuat solusi agar permasalah yang sering terjadi itu bisa diselesaikan dengan baik dan tidak terulang kembali. Solusi yang dibuat oleh perusahaan terkait permasalah-permasalahan tersebut, yaitu:

  1. Agar perusahaan mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kriteria perusahaan, maka perusahaan bisa menggunakan perusahaan jasa pencarian karyawan untuk membantu HRD dalam memilih kandidat yang sesuai dengan kriteria perusahaan.
  2. Solusi dari banyaknya jumlah pelamar, yaitu perusahaan bisa membuat daftar dari setiap pelamar kemudian pelamar tersebut diberi penilaian berdasarkan informasi yang telah diberikan oleh pelamar tersebut kepada perusahaan. Hal tersebut akan mempermudah perekrut untuk melakukan rekrutmen dan seleksi secara efektif dan efisien.
  3. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih pada saat ini, perusahaan dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk membuat iklan lowongan kerja. Misalnya dengan memanfaatkan sosial media yang ada, seperti facebook, instagram, dsb. Selain dapat menghemat anggaran, perusahaan juga dapat menjangkau lebih banyak pencari kerja.

Sekian penjelasan mengenai Peran Penting dan Permasalahan yang Sering Terjadi dalam Melakukan Rekrutmen, terima kasih.

Afifah Zahidah_201860238

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun