Mohon tunggu...
layla afianti
layla afianti Mohon Tunggu... me.

hi!

Selanjutnya

Tutup

Digital

Pengoptimalan Teknologi

6 Februari 2020   19:56 Diperbarui: 6 Februari 2020   19:52 167 0 0 Mohon Tunggu...

A. Latar Belakang

Perkembangan teknologi yang semakin pesat terjadi seiring dengan berkembangnya zaman. Terutama pada alat komunikasi seperti handphone dan lapotop dengan teknologi yang sangat canggih sebagaimana yang telah banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Karena penggunaan yang semakin hari semakin meningkat maka dibuatlah sebuah fitur yang dapat mempermudah suatu pekerjaan yaitu aplikasi baik pada handphone ataupun laptop. Pemanfaatan teknologi yang dikembangkan oleh para pemuda pemudi khususnya mahasiswa universitas sebelas maret guna mempermudah manusia dalam mengakses informasi maupun mempermudah pekerjaan dimanapun dan kapan pun. 

B. Tujuan Artikel Ilmiah

Untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai macam aktifitas yang berkaitan dengan teknologi khususnya smartphone dan laptop.

C. Pembahasan

Rutinitas yang sangat padat membuat sebagian orang tidak punya waktu untuk memantau setiap aspek kehidupannya. Kuliah, berorganisasi, bekerja, menjaga keluarga dan sederet kesibukan lainnya membuat mereka lupa akan mengurus diri sendiri (https://uns.ac.id) .Dengan adanya pengoptimalan teknologi yang mulai berkembang seiring dengan berkembangnya zaman seperti pembuatan beberapa aplikasi. Masyarakat dapat memanfaatkan peran teknologi untuk mempermudah dalam beraktifitas dengan menggunaan aplikasi di smartphone. Namun, tanpa sadar kita telah menggunakan aplikasi produk asing. Padahal tidak sedikit aplikasi karya anak bangsa yang berkualitas dan tentunya sangat bermanfaat bagi banyak orang. Adapun beberapa aplikasi yang dibuat oleh mahasiswa Universitas Sebelas maret antara lain.

Dalam bidang kesehatan, Daily Calorie (si penghitung kalori) aplikasi buatan Alif Bintoro ini akan memberikan informasi tentang jumlah kalori setiap kali mengkonsumsi makanan melalui grafik harian pada aplikasi ini. Artificial intelegent (Al) aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang kesehatan, kosultasi online , ataupun healthy tracking. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu mempermudah masyarakat Indonesia dari berbagai sisi, seperti pasien yang dapat ditolong dengan segera ataupun rumah sakit yang mempu meningkatkan pelayanan kesehatan. Aplikasi ini dibuat oleh Lingga Aji Andika. Dalam kompetisi IndoHCF Innovation Awards III-2019 aplikasi ini berhasil mendapatkan juara 3 (https://uns.ac.id) .

Berikutnya adalah aplikasi PetaKita yang dibuat oleh mahasiswa Fakultas Teknik UNS bernama Rahman Hilmy N, Alif Riyanto, Hanum Zanuba, dan Sabila Khadijah. Aplikasi ini memuat pemetaan objek wisata yang aqda di Tawangmangu, lereng Gunung Lawu. Hasil daripada pemetaan tersebut akan dipublikasikan sebagai media komunikasi visual terkait lokasi objek wisata dengan srana dan prasarana penunjangnya (https://uns.ac.id) .Mereka pun berhasil mendapatkan gelar juara 1 dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG). Adapun aplikasi lainnya yang telah diterapkan dalam suatu tempat sebagai sarana dalam menunjang pemahaman masyarakan akan suatu informasi yaitu Augmented Reality atau Virtual reality yang dibuat oleh mahasiswa D3 Teknik Informatika UNS. Aplikasi tersebut ditujukan untuk Museum Sangiran dan Museum Karst Indonesia guna memudahkan pengunjung mendapatkan informasi terkait museum yang dikemas dengan aplikasi yang lebih menarik. (https://mipa.uns.ac.id) .

Aplikasi lain yang telah launching pada tanggal 4 April 2017 bernama Aplikasi Angkring, aplikasi ini dibuat dengan tujuan meningkatkan pemberdayaan pedagang kaki lima dengan cara mendekatkan pedagang kaki lima dengan  stakeholder terkait meliputi masyarakat, pemerintah, pasar, lembaga keuangan, and perusahaan. Tim dari Perencanaan Wilayah dan Kota serta Informatika UNS yang berkerjsama dalam membuat aplikasi ini. (https://ft.uns.ac.id)

Selain aplikasi, dalam smartphone maupun laptop pun dapat menunjang aktifitas dalam perkuliahan salah satu contohnya adalah Fakultas Seni Rupa dan Desain yang mengadakan workshop untuk mengenalkan peralatan yang digunakan dalam industri kreatif bidang ilustrasi sekaligus memperkenalkan instrument berupa pen tablet yang digunakan oleh seniman atau desainer digital dalam menghasilkan karya karya grafis seperti ilustrasi komik, digitar printing dan berbagai macam industri kreatif di masa depan ( https://fsrd.uns.ac.id). Semua kecanggihan yang diciptakan bergantung pada kualitas sumber daya manusia. Semakin baik kualitas sumber daya manusia, maka semakin memiliki competitive advantage terutama di era globalisasi (https://fib.uns.ac.id) .

D. Kesimpulan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN