Mohon tunggu...
Afa Fadila
Afa Fadila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Prodi : Pendidikan Islam Anak Usia dini

STOP WISHING START DOING!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perawatan dan Pemeliharaan Alat Permainan Edukatif (APE)

16 November 2021   02:06 Diperbarui: 16 November 2021   02:24 394 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Alat permainan edukatif di lembaga pendidikan anak usia dini merupakan suatu media pembelajaran yang perlu dijaga dan dirawat. Menyimpan dan merawat Alat Permainan Edukatif (APE) memiliki standar tertentu. Hal ini karenakan penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama dan terus menerus. Intensitas penggunaan media pembelajaran oleh anak-anak yang sangat tinggi tersebut menjadikan para guru harus sering merawatnya.

Berkaitan dengan pentingnya menyimpan dan merawat Alat Permaianan Edukatif (APE), guru terlebih dahulu harus mengetahui jenis alat permainan yang perlu disimpan dan dirawat. Guru juga haru mengawasi anak ketika menggunakan maupun meletakkan alat permainan. Anak harus dibiasakan untuk bertanggung jawab dalam penggunaan dan pengembalian alat permainan yang telah dimainkannya.

Pemeliharaan dan perawatan terdengar serupa, seperti yang tertera dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI) keduanya memiliki makna serupa yaitu menjaga. Akan tetapi pada keduanya akan bermakna beda apabila disambungkan dengan kata lain. Misal, pada kalimat "Nenek merawat saya ketika sakit" sedangkan pada kata kedua "Loli memelihara kucing dengan baik". 

Pada kalimat pertama kata merawat jika digantikan dengan kata memelihara, tentunya akan terdengar kurang sopan. Namun pada kalimat kedua, kata memelihara dapat digantikan dengan merawat. Berlandaskan perumpamaan pada dua kalimat tersebut, disimpulkan bahwa kata merawat memiliki makna yang lebih luas jika dibandingkan dengan kata memelihara. Oleh sebab itu, kegiatan perawatan dilakukan saat sudah terjadi sesuatu pada suatu hal, sedangkan kegiatan memelihara mengara pada upaya pencegahan terhadap suatu hal.

Berdasarkan pemahaman di atas, berikut ini merupakan penjalasan lebih rinci terkait tujuan dari perawatan dan pemeliharaan alat perainan edukatif, diantaranya:

Menjaga Keawetan dan Waktu Pemakaian Alat Permainan Edukatif Agar Bertahan Lama

Pemeliharaan dilakukan sebagai upaya menjaga keawetan dari alat permainan edukatif. alat permainan akan mudah rusak jika tidak dipelihara dengan baik. Kegiatan pemeliharaan keawetan alat permainan edukatif dapat dilakukan dengan selalu menata kembali ketika selesai digunakan, membersihkan dan meletakkannya di tempat yang sesuai dengan jenis alat permainan edukatifnya. Melalui upaya-upaya tersebut kita dapat memastikan keawetan alat permainan edukatif. Apabila keawetan alat permainan edukatif terjaga, tentu saja alat tersebut mampu bertahan lama.

Menjaga Keamanan APE

  1. Alat Permaianan Edukatif (APE) dijaga dengan melakukan pengawasan terhadap anak ketika sedang menggunakannya. Guru sudah semestinya memberikan petunjuk teknis cara menggunakan alat permainan tersebut kepada anak. Selain itu, guru juga memberi tahu dan mencontohkan bagaimana cara menaruh yang tepat sesuai dengan tempatnya.
  2. Efisiensi dan efektifitas alat permainan edukatif dalam penggunaannya
  3. Efisiensi dan efektifitas pada alat permainan edukatif dijaga dengan cara yang sama ketika kita menginginkan alat permainan edukatif tetap awet dan bertahan lama. Selain itu juga bisa melakukan penegecekan secara rutin sehingga ketika terdapat kerusakan dapat segera diperbaiki.

Melatih dan Menanamkan Rasa Tanggung Jawab Pada Anak

Poin terpenting dari tujuan pemeliharaan alat permainan edukatif pada anak yaitu melatih dan menanamkan rasa tanggung jawab kepada anak. Guru melatih dan menanamkan rasa tanggung jawab kepada anak, seperti guru memberikan intruksi pada anak untuk merapikan dan mengembalikan pada tempatnya setelah bermain. Ketika anak melakukan apa yang kita intruksikan, maka disitulah mulai tertanam sikap tanggung jawab anak yang kemudian akan menjadi kebiasaan di kehidupan yang akan datang. Anak juga akan lebih peka terhadap lingkungannya dan lebih disiplin pada tanggung jawabnya.

Pemaparan di atas tadi merupakan tujuan dari pentingnya pemeliharaan alat permainan edukatif. Oleh karena itu, kita tidak bisa meremehkan pemeliharaan terhadap alat permainan edukatif. Tidak sedikit orang yang meremehkan adanya pemeliharaan terhadap alat permainan edukatif, apalagi ketika alat permainan edukatif dibuatnya sendiri atau dengan membeli akan tetapi tidak dengan harga yang mahal. Pada hal ini lah, umumnya yang menjadi penyebab orang meremehkan pemeliharaan alat permainan edukatif untuk anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan