Mohon tunggu...
Avizena Zen
Avizena Zen Mohon Tunggu... Administrasi - book worm

content writer

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Manfaat Internet untuk Beriklan, Jualan Undangan Jadi Makin Lancar

29 Juni 2022   10:15 Diperbarui: 29 Juni 2022   10:29 83 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mesin cetak berderit-derit. Setelah beberapa jam, akhirnya kertas-kertas AP tercetak dan tinggal finishing alias memotongnya agar lebih rapi. Ya, beberapa tahun lalu saya dan suami merintis usaha percetakan yang berkantor di paviliun depan rumah. Beliau bertugas di bagian produksi sementara saya bagian promosi.

Lantas di mana mengiklankannya? Saat awal terjun ke dunia bisnis saya masih belajar sambil jalan. Tidak ada basic marketing sama sekali karena dulu kuliah di bidang bahasa. Namun keadaan itu membuat saya tidak menyerah, dan belajar secara otodidak dari artikel-artikel di internet.

Berpikir bahwa promosi konvensional kurang efektif, maka saya beralih ke dunia maya. Iklan mulai digeber, mulai dari sosial media sampai channel digital marketing lain. Ini salah satu contoh kartu undangan yang diiklankan alias wedding invitation antara saya dan suami pada tahun 2011 lalu.

Sumber foto: koleksi pribadi

Menghasilkan Cuan Lewat Internet

Iklan yang dipasang di sosial media mulai menampakkan hasil. Undangan, kartu nama, dan produk-produk lain dari percetakan laris dipesan oleh pembeli. Mereka tertarik karena konsultasi bisa via online, jadi tak usah keluar rumah. Malah kebanyakan pemesan dari luar kota dan jika kartu undangannya sudah jadi, dikirim via ekspedisi.

Ada satu kejadian unik ketika saya menerima telepon pagi-pagi. Seorang bapak yang bermukim di Riau meminta tolong untuk membuatkan kartu undangan ulang tahun untuk putranya. Padahal saat itu saya masih di ranjang Rumah Sakit karena baru saja melahirkan. Akhirnya  beliau berjanji untuk menelepon lagi di sore hari.

Internet Meluaskan Jaringan Promosi

Inilah salah satu manfaat internet, bisa jadi media promosi dan cakupan pembeli jadi lebih luas, bukan hanya dari Malang saja (kami tinggal di Kota Malang). Tercatat kami melayani pesanan dari Denpasar, Jakarta, Kalimantan Timur, bahkan dari Malaysia juga pernah.

Manfaat internet besar sekali untuk berpromosi dan pengaruhnya cukup besar. Tentu dibutuhkan jaringan yang stabil dan dukungan dari IndiHome by Telkom Indonesia amat berpengaruh karena saya bisa mengirim email berisi contoh kartu undangan klien dengan lancar. IndiHome sebagai jagoan Internetnya Indonesia memiliki speed yang stabil dan mendukung para pebisnis UMKM.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan