Mohon tunggu...
Amir
Amir Mohon Tunggu... Freelancer - Muhamad Amirullah

Hanya seorang content writer pemula

Selanjutnya

Tutup

Money

Beberapa Cara Mempromosikan Bisnis Secara Efektif

13 Desember 2018   17:50 Diperbarui: 13 Desember 2018   18:10 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Cara mempromosikan bisnis. Agar dapat bertahan hidup dan tumbuh menjadi sebuah perusahaan yang menguntungkan, setiap bisnis pastinya membutuhkan adanya pelanggan. Untuk mendapatkan pelanggan, para pebisnis pastinya harus memiliki cara mempromosikan bisnis tersebut dengan baik. 

Sebelum munculnya internet, promosi adalah hal yang mudah karena tidak terlalu banyak pilihan. Sebelum era digital, hanya terdapat beberapa cara mempromosikan bisnis, seperti selebaran, kartu pos, atau iklan di koran lokal. Namun, hari ini, metode untuk mempromosikan bisnis ada banyak pilihannya, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Ada pemasaran media sosial, pemasaran mesin telusur (search engine),, dan banyak lagi. 

Jika Anda adalah pemilik bisnis, baik itu bisnis kecil atau besar, yang berjuang untuk mencari tahu cara mempromosikan bisnis mana yang akan digunakan,maka Anda tidak sendirian. Agar membantu Anda menavigasi lautan ide di luar sana untuk mempromosikan produk atau layanan Anda, berikut adalah beberapa cara mempromosikan bisnis kecil secara efektif.

1. Mengandalkan review atau ulasan online dari para pelanggan

Memanfaatkan testimoni pelanggan telah menjadi cara promosi yang cukup efektif,  Anda cukup mendapatkan ulasan tentang produk atau layanan Anda melalui kolom ulasan yang ada. Testimonial tersebut dapat meningkatkan kredibilitas produk atau layanan Anda. Namun, untuk memaksimalkan keefektifan ulasan positif tersebut, Anda harus mendapatkannya pada website  pihak ketiga seperti Google +. Website tersebut dapat meningkatkan eksposur Anda, dan karena website itu dapat mencegah sebuah bisnis untuk menghasilkan ulasan palsu, sehingga banyak orang mempercayai ulasan pada website tersebut dari pada tempat lainnya. Pastikan Anda memberi tahu pelanggan bahwa Anda memiliki ulasan pada website pihak ketiga tersebut sehingga mereka dapat meninjau Anda.

2. Memperluas jaringan dengan media lokal

Mendapatkan publisitas untuk bisnis Anda memang cukup menghabiskan biaya, tetapi hal ini juga bisa dilakukan secara gratis. Dengan membuat jaringan online melalui Facebook atau Twitter akan dapat dengan mudah membantu Anda mempromosikan untuk suatu acara. Apakah Anda memiliki acara atau event yang mungkin ingin diliput oleh medial lokal di kota Anda? Maka Anda dapat mencoba untuk menghubungi media lokal atau grup blogger tersebut. Jika Anda memiliki sesuatu yang menarik, mereka mungkin bersedia untuk membuat dan meliput cerita tentang Anda secara gratis.  Jika mereka memiliki akun di Twitter dan Facebook, luangkan waktu untuk mengikuti dan terlibat dengan konten mereka. Semakin Anda dapat membiasakan diri dengan gaya penulisan atau rentang topic mereka, maka semakin spesifik Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan dari mereka. Selain itu, jika Anda meluangkan waktu untuk membaca karya mereka dan membagikannya dengan orang lain, mereka mungkin lebih bersedia membantu Anda secara sukarela. Hal ini tentunya bisa menjadi cara yang bagus untuk mempromosikan bisnis Anda secara gratis.

3. Menggelar sebuah event

Bahkan di dunia digital saat ini, mempromosikan bisnis Anda di sebuah acara atau event fisik masih merupakan cara yang bagus. event tersebut dapat berkisar dari acara perdagangan nasional besar yang dapat menarik puluhan ribu orang, hingga event lokal kecil yang mengumpulkan beberapa anggota komunitas Anda.

Jika Anda menargetkan audiens berskala nasional dan Anda ingin menjual produk Anda kepada para  pengecer (ritel), pergi ke pameran dagang besar mungkin adalah hal yang etapt. Pelajari cara menjalankan stan yang sukses di kerajinan atau pameran dagang di tempat tersebut. Jika Anda tidak yakin bagaimana untuk mengambil keuntungan dari acara tersebut, Anda dapat mempertimbangkan hanya untuk menghadirinya saja sebagai seorang pengunjung sebelum menginvestasikan uang di stan Anda sendiri.

Jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan perusahaan yang sudah berencana memamerkan bisnisnya di pameran dagang tersebut, mereka mungkin membiarkan Anda untuk mempromosikan bisnis Anda secara gratisdi stan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun