Mohon tunggu...
Advertorial
Advertorial Mohon Tunggu... Editor - Akun resmi Advertorial Kompasiana

Akun resmi Advertorial Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Rayakan 35 Tahun, NOVA Berkomitmen untuk Terus Tingkatkan Literasi Keuangan Perempuan

24 Februari 2023   17:50 Diperbarui: 24 Februari 2023   17:52 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 NOVA mempertajam kampanye Pintar Atur Uang untuk membantu perempuan mengatasi keresahan dalam mengatur keuangan.

Jakarta, 24 Februari 2023 -- NOVA, media terpercaya di Indonesia yang hadir sebagai sahabat dan pemandu untuk perempuan Indonesia sejak 1988, berusia 35 tahun pada 25 Februari ini. 

Tahun ini, NOVA terus hadir di berbagai medium digital dengan 3 pilar utamanya: relationship, keuangan, dan kesehatan. Sebagai bagian dari Grid Network, Kompas Gramedia, NOVA selalu berusaha menginspirasi perempuan Indonesia untuk berani dan mandiri. 

Hal ini diwujudkan dengan selalu memberikan informasi yang relevan dengan permasalahan audiensnya dari waktu ke waktu, khususnya seputar keuangan. Hal ini didukung oleh survei audience NOVA pada tahun 2022. 

Diketahui bahwa 87% responden yang mengelola keuangan di keluarga adalah istri atau ibu, dan sebesar 54% belum pernah investasi melalui platform digital. 

Sebanyak 7 dari 10 perempuan sudah memiliki usaha, dan perangkat seperti m-banking mampu membantu bisnisnya. Responden yang belum memiliki produk keuangan digital tersebut mengaku mereka masih mempelajari dan masih kurang percaya jika tidak pergi langsung ke bank atau memiliki buku tabungan. 

Bila diteruskan ke area investasi, sebesar 57% mengaku belum familiar dengan investasi digital, dan tidak mengetahui jenis investasi dan belum menggunakan aplikasi investasi digital. 

Kurangnya pemahaman terhadap kemudahan yang ditawarkan produk digital keuangan bisa membuat perempuan Indonesia tidak tajam dan tepat dalam pengambilan keputusan; sehingga merugikan dirinya dan keluarga. Ini sejalan dengan data SNLIK OJK 2022 yang menggambarkan tingkat literasi keuangan perempuan yang masih rendah dibandingkan tingkat inklusinya, yaitu sebesar 33,55%. 

Sejak 2020, NOVA sudah mengusung kampanye Pintar Atur Uang yang bertujuan untuk meningkatkan dan menguatkan literasi keuangan perempuan Indonesia. 

Dimulai dengan perencanaan keuangan keluarga terkait tabungan dan proteksi, hingga ide bisnis dan pengelolaan usaha. Tahun 2023 ini, di tengah resesi global dan badai pemutusan hubungan kerja, peran perempuan dalam memastikan kesejahteraan keluarganya semakin penting. NOVA menguatkan semangat Pintar Atur Uang dengan fokus pada pemahaman dan pemanfaatan teknologi keuangan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun