Mohon tunggu...
Advertorial
Advertorial Mohon Tunggu... Akun resmi Advertorial Kompasiana

Akun resmi Advertorial Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Tips Aman Mengendarai Motor bagi Perempuan Berhijab

29 September 2017   11:55 Diperbarui: 4 Oktober 2017   16:45 6382 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Aman Mengendarai Motor bagi Perempuan Berhijab
Tips Aman Mengendarai Motor bagi Perempuan Berhijab

Mengendarai motor dapat menghemat waktu tempuh perjalanan dan menghemat pengeluaran karena motor lebih irit BBM. Tak heran motor menjadi andalan masyarakat perkotaan untuk beraktivitas sehari-hari, tak terkecuali kaum hawa.

Salah satu yang perlu yang sering menjadi perhatian adalah pengendara motor yang menggunakan hijab. Pakaian perempuan berhijab yang panjang berisiko tersangkut ke roda atau rantai motor. Untuk itu, simak beberapa tips mengendarai motor yang aman bagi perempuan berhijab!

Perhatikan pakaian yang akan dipakai

Ketika mengendarai motor, pakailah pakaian yang nyaman untuk duduk di jok motor. Pilihlah pakaian yang tidak terlalu ketat karena akan menghambat ruang gerak kita saat mengendarai dan menyeimbangkan motor, serta jangan memakai pakaian yang terlalu longgar karena potongan kain yang terjuntai berisiko tersangkut ke roda atau rantai motor.

Pilihlah juga motor yang memiliki jok nyaman agar berkendara semakin fokus dan aman. Yamaha Fino Grande, skuter matik keluaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), memiliki Stylish Double Seat yang nyaman dan berkelas, terutama untuk pengendara perempuan. Jok didesain khusus sehingga perempuan tidak kesulitan menduduki jok meskipun memakai rok. Pada bagian tempat duduk pengemudi pun terdapat strip-strip khusus agar tidak licin ketika diduduki.

Yamaha FIno Grande | Sumber: Yamaha Indonesia
Yamaha FIno Grande | Sumber: Yamaha Indonesia
Hindari memakai sepatu berhak tinggi

Sepatu berhak tinggi merupakan sahabat kaum hawa. Namun ketika mengendarai motor, sebaiknya perempuan tidak menggunakan sepatu berhak tinggi. Hal tersebut sangat berbahaya karena menyulitkan perempuan untuk menyeimbangkan diri dan motor. Sebaiknya siapkan sepatu pengganti yang beralas rata untuk berkendara motor. Sepatu hak tinggi dapat disimpan di bagasi dan digunakan kembali saat tiba di tempat tujuan.

Megabox Yamaha Fino | Sumber: Yamaha Indonesia
Megabox Yamaha Fino | Sumber: Yamaha Indonesia
Pilihlah motor yang memiliki bagasi yang cukup luas untuk menyimpan barang-barang. Yamaha Fino Grande memiliki Megabox berkapasitas 8.7 liter yang terbilang cukup besar di kelasnya. Dengan begitu, tak ada alasan untuk mengendarai motor dengan sepatu hak tinggi.

Pakailah helm berstandar resmi

Banyak dari pengendara motor perempuan yang enggan memakai helm saat mengendarai motor dengan alasan jarak yang ditempuh dekat, takut merusak dandanan, atau bahkan helm tidak stylish. Padahal helm dapat melindungi kepala dari benturan jika terjadi kecelakaan. Namun tidak perlu khawatir, pengendara dapat tetap tampil stylish ketika mengendarai Yamaha Fino Grande dengan helm stylish yang berkonsep senada dengan skutik klasik ini.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, mengemudi akan semakin aman dan nyaman. Jangan lupa untuk tertib berlalu lintas demi keselamatan diri sendiri dan sesama pengguna jalan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x