Semarang – Inovasi dalam dunia pendidikan anak usia dini kembali dihadirkan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Negeri Semarang (UNNES). Jumat, 13 Juni 2025, Adristi Hanun Naifa Azmi mempersembahkan karya buku cerita anak berjudul "Kimo dan Kiki Saling Membantu" sebagai media pembelajaran tematik sosial di TK Islam Nurul Wathon, Semarang.
Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas perkuliahan Ilmu Sosial Anak Usia Dini yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis cerita kontekstual yang dekat dengan dunia anak. Dalam prosesnya, buku ini mengangkat tema sosial yang dekat dengan kehidupan anak-anak, disampaikan melalui kisah Kimo si anjing dan Kiki si ayam, dua sahabat yang saling membantu dan bekerja sama dalam menghadapi berbagai kesulitan. Cerita ini dirancang untuk menanamkan nilai-nilai seperti tolong-menolong, empati, dan kerja sama sejak dini. Cerita tersebut disusun dengan bahasa yang ringan, ilustrasi menarik, dan nilai moral yang kuat untuk membentuk karakter anak sejak dini.
Penyerahan buku dilakukan langsung kepada Kepala TK Islam Nurul Wathon yang menyambut karya ini dengan sangat baik. Beliau menyampaikan apresiasi atas inisiatif mahasiswa dalam menciptakan media yang kreatif dan edukatif untuk mendukung proses pembelajaran di kelas.
“Bukunya bagus dan sangat menarik. Ceritanya ringan tapi penuh makna, jadi mudah dipahami anak-anak. Semoga ke depannya mahasiswa bisa terus membuat karya-karya seperti ini yang bermanfaat untuk dunia pendidikan,” ujar Kepala TK Islam Nurul Wathon, Indah Setyowati, M.Pd., saat menerima buku cerita tersebut. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa PGPAUD UNNES atas ide kreatif yang dibagikan kepada sekolah. Menurutnya, karya seperti ini bisa jadi inspirasi bagi guru maupun anak-anak dalam kegiatan belajar sehari-hari.
Sebelumnya, buku ini juga sempat diperkenalkan kepada anak-anak TK dalam sesi membaca bersama secara singkat. Meskipun dokumentasi bersama siswa belum sempat diambil, respons anak-anak sangat positif. Mereka menunjukkan antusiasme tinggi saat mendengarkan cerita dan mengikuti arahan, menandakan bahwa media pembelajaran seperti ini mampu menarik minat serta membantu mereka memahami nilai-nilai sosial secara menyenangkan.
Melalui kegiatan ini, penulis berharap buku "Kimo dan Kiki Saling Membantu" dapat menjadi salah satu media pendukung pembelajaran yang bermanfaat bagi guru dan siswa, serta menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berkarya dan berkontribusi dalam dunia pendidikan anak usia dini.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI