Mohon tunggu...
Adriansa WahyuPramudita
Adriansa WahyuPramudita Mohon Tunggu... Programmer - IT Profesional

Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Jurusan Teknik Informatika

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mahasiswi Universitas Negeri Sebelas Maret Melakukan Program KKN dengan Mengedukasi Masyarakat Saat Pandemi

1 Juli 2020   20:50 Diperbarui: 1 Juli 2020   20:52 64 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswi Universitas Negeri Sebelas Maret Melakukan Program KKN dengan Mengedukasi Masyarakat Saat Pandemi
Dokumentasi Kegiatan KKN oleh Agnes Afriyani di Dusun Krapoh, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

(Semarang, 1 Juli 2020) Corona virus disease 2019 (COVID-19) merupakan suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus conoravirus yang menyerang system pernapasan manusia. Virus ini disebarkan terutama melalui transmisi droplet yang terdapat di cairan yang keluar dari hidung ketika orang terifeksi batuk ataupun bersin (WHO, 2020). Virus ini telah menyebar ke berbagai negara tak terkecuali Indonesia. 

Berdasarkan Data Kementrian Kesehatan (30/6/2020, 16.00 WIB) jumlah kasus positif terinfeksi COVID-19 di Indonesia sebanyak 56.385 kasus  dengan 24.806 kasus sembuh dan 2.876 meninggal dunia. Melalui data tersebut terlihat bahwa Jawa Tengah menempati posisi ke-4 tertinggi dengan jumlah kasus terkait COVID-19. 

Walau pemberitaan mengenai COVID-19 telah ramai dibicarakan, namun faktanya masih saja terdapat masyarakat yang belum paham akan bahaya pandemi ini. Tidak semua kalangan mendapatkan edukasi yang benar dalam menghadapi pandemi, sehingga ketaatan masyarakat terhadap prosedur kesehatan dalam beraktivitas belum maksimal diterapkan.

Melihat kondisi ini, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS) mengusung Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswanya di Era COVID-19 dalam upaya mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan COVID-19. Sehingga diharapkan dapat membantu memutuskan rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia.   

Ikut andil dalam menjalankan program ini, Agnes Afriyani salah satu mahasiswi UNS dengan bimbingan Bapak Dr. E. Muhtar, S.Pd., M.Si. Cfra melaksanakan kegiatan kemasyarakatannya yang berjudul "Edukasi Masyarakat mengenai Pemahaman terhadap Pentingnya Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Physical Distancing" yang dilaksanakan selama kurang lebih 45 hari di Dusun Krapoh RT 10/ RW 03, Gunung Tumpeng, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Adapun beberapa program yang dilaksanakan yaitu Mengedukasi masyarakat terkait pemahaman terhadap COVID-19 mengenai Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),Physical Distancing serta Menjalankan Prosedur Kesehatan dalam beraktivitas. INformasi ini dibagikan baik secara online melalui media social maupun secara offline dengan menempelkan poster -- poster di Mading Desa. 

Selain itu, dalam program ini juga di lakukan edukasi langsung kepada masyarakat sekitar lokasi KKN dengan cara melakukan Penyuluhan ke rumah -- rumah warga sembari membagikan pamphlet yang memuat informasi terkait Covid-19 serta membagikan alat kesehatan yang dibutuhkan seperti masker dan handsanitizer. Melalui program ini diharapkan pemahaman  masyarakat akan Covid-19 semakin bertambah dengan dibarengi peningkatan kesadaran masyarakat untuk menaati prosedur kesehatan dalam melakukan aktivitas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan