Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Lainnya - Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Praktisi rantai suplai dan pengadaan barang/jasa di industri hulu minyak dan gas Indonesia. Penulis buku Horizon (Ellunar Publisher, 2020) dan urun menulis buku antologi puisi Elipsis (Ellunar Publisher, 2020) serta Di Balik Ruang Tanpa Garis Temu (Alinea Publishing, 2020). Pendiri dan penggiat literasi Pojok Baca Muaradua (POBAMA) ***semua tulisan adalah pendapat pribadi terlepas dari pendapat perusahaan atau organisasi. Dilarang memuat ulang artikel untuk tujuan komersial.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Potensi Sport Tourism di Danau Ranau, OKU Selatan, Sumatra Selatan

13 Oktober 2021   06:33 Diperbarui: 13 Oktober 2021   07:36 378 22 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sriwijaya Ranau Gran Fondo. Sumber: Twitter Pesona Sriwijaya

Danau Ranau adalah salah satu objek wisata utama di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan dan juga Sumatra Selatan dengan berbagai jensi potensi wisata menarik yang ada di dalamnya.

Danau Ranau sendiri adalah sebuah danau yang berlokasi di perbatasan Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Lampung dimana 2/3 daerahnya masuk ke kawasan administratif Kabupaten OKU Selatan dan sisanya masuk ke daerah Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Danau Ranau. Sumber: orator.id
Danau Ranau. Sumber: orator.id

Danau Ranau dikenal sebagai danau terbesar kedua di Pulau Sumatra setelah Danau Toba di Sumatra Utara dengan luas 125,9 km persegi, dengan kedalaman maksimal sekitar 229 meter, dan volume air sampai dengn 21,95 km kubik. 

Danau Ranau termasuk danau dengan jenis tekto-vulkanik karena danau ini tercipta dari gempa besar (tektonik) dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar pada sekitar 60.000 tahun lalu. Sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung berapi itu kemudian menjadi sumber air utama yang mengisi cekungan itu. Lama-kelamaan lubang besar itu penuh dengan air dan terbentuklah Danau Ranau.

Danau Ranau dikenal sebagai objek wisata yang memiliki sajian wisata yang cukup lengkap dari wisata alam seperti danau yang diapit oleh bukit-bukit yang berbaris mengelilinginya, ditambah dengan pesona hamparan sawah dan juga Gunung Seminung yang gagah berdiri sebagai latar belakangnya. Ada juga objek wisata Pantai Pelangi, Pantai Bidadari, Air Tejun Subik Tuha, Bendungan dengan aliran airnya yang hijau biru sepanjang tahun dan lain sebagainya.

Selain itu juga terdapat wisata budaya dan kuliner khas yang berakar dari budaya dan kearifan lokal masyarakat Suku Ranau seperti adat upacara Aban Gemiser untuk  penyambutan tamu istimewa atau agung, sajian Ikan Mujaer Bakar khas Ranau yang menggugah selera, Alpukat dan Gula Aren asli Ranau yang menggoyang lidah dan lain sebagainya.

Tak kalah menarik sudah banyak wisata yang berbasis sport tourism atau pariwisata olahraga yang tercatat dalam kalender wisata Sumatra Selatan dan berskala nasional bahkan internasional.

Karena keindahannya Danau Ranau masuk sebagai salah satu dari 10 danau tercantik di Indonesia versi Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Sport Tourism di Danau Ranau

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan