Mohon tunggu...
Adolf Isaac Deda
Adolf Isaac Deda Mohon Tunggu... Menulis untuk berbagi

Seorang sarjana teknik yang tertarik pada dunia finance, civil engineering, traveling dan sosial issue. Menulis hanyalah hobi sekalian refreshing. Email :yeftaadolf@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Dunia Belum Berakhir Sewaktu Pengumuman SNMPTN

25 Maret 2021   12:31 Diperbarui: 25 Maret 2021   15:04 99 22 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dunia Belum Berakhir Sewaktu Pengumuman SNMPTN
Dokumen Pribadi_Dan kau ceritakan pada dunia...tentang harapan dan angan-anganmu

Hiasan orang muda adalah kekuatannya....

Dear adik -adik pejuang SNMPTN....

Hidup itu anugrah dan masa muda adalah bagiannya. Ciri identik usia muda di kisaran usia 17 tahun hingga 19 tahun adalah sedang berada dalam level energi tertinggi. Dalam siklus hidup manusia, kalian ini ibaratnya sedang berlari menuju  puncak. 

Di sekolah menengah, mungkin sebagian dari kita pernah belajar matematika mengenai ilmu trigonometri. Kita mungkin pernah melihat, bahkan mencoba menggambar grafik Sin (Sinus), dimana puncak tertinggi berada di sinus 90 derajat yang nilainya = 1. 

Bila diumpamakan,adik-adik pejuang SNMPTN  sama dengan grafik tersebut. Sedang menuju ke puncak tertinggi. Karena rata -rata usia puncak stamina dalam hidup manusia itu adanya di usia 25 tahun atau di pertengahan dua puluhan. 

Masih ada 5 tahun atau 6 tahun ke depan tuk menggapai angan dan harapan dalam kehidupannmu, Mau jadi apa dan sebagai apa. Salah satu jembatan dari banyak banyak jembatatan menuju kesuksesan adalah ujian SNMPTN. 

Sekilas Fakta dan Realita mengenai SNMPTN

Sebagai yang pernah kuliah, dan kebetulan juga lulus UMPTN, universitas negeri yang tersebar di seluruh Indonesia itu beragam. Makna beragam itu lantaran ada PTN dengan standar nilai masuk yang tinggi, ada yang sedang dan ada yang paling rendah. 

Tapi bukan hanya itu, melainkan sejumlah fakultas atau jurusan, mensyaratkan skor nilai yang bahkan lebih tinggi dari program studi lain pada kampus yang sama. 

Jadi bila saat pengumuman SNMPTN kalian alhamdulilah puji Tuhan ketrima, bisa jadi skor kalian lebih tinggi dari calon peserta lain, atau tak banyak saingan di jurusan yang diminati. 

Tambahan lagi, bila kalian berasal dari kota atau kabupaten di seluruh tanah air, ada biasanya spot atau sejumlah kursi yang dikhususkan sebagai 'jatah'. Tentu ini juga berdasarkan seleksi dan melalui saringan di level universitas tujuan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x