Mohon tunggu...
Adolf Isaac Deda
Adolf Isaac Deda Mohon Tunggu... Menulis untuk berbagi

Sarjana teknik sipil, bekerja di perusahaan finance

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Promo 11.11 dan 5 Pertimbangan "Jangan Borong Semua" Karena...

11 November 2020   18:11 Diperbarui: 14 November 2020   10:23 322 33 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Promo 11.11 dan 5 Pertimbangan "Jangan Borong Semua" Karena...
Ilustrasi belanja online. (sumber: Shutterstock via kompas.com)

Masih ada bulan depan, biasanya ada program diskon akhir tahun...

Quote di atas itu mungkin jawaban dari titik titik di judul..hehe. Sederhananya kita tentu hapal bila akhir tahun sering ada program yang namanya cuci gudang atau potong harga. 

Barangnya apa, produknya apa, hampir semua perusahaan jasa atau pabrikasi yang memproduksi sesuatu untuk didagangkan, akan menjual dengan harga miring. 

Kecenderungan bulan terakhir hingga akhir tahun, yang naik harganya salah satunya yang berkaitan dengan pariwisata. Sudah musimnya liburan, tarif menginap di hotel meningkat.Fully book atau okupasi melonjak sekian persen.

Tiket pesawat naik sekian puluh ribu atau beberapa ratus ribu. Diborong warga tuk bepergian. Apalagi ada momen natal dan tahun baru. 

Tapi eitss... itu mungkin saja terjadi di tahun 2019 ke belakang, di masa bukan pandemi seperti sekarang. Dengan dampak Covid 19 di bulan 11 hingga 12 nanti, bisa saja bakalan ada obral harga dan potong tarif. Merajalela di merchant,vendor dan beraneka penyedia layanan jasa dan barang. 

Percaya tidak percaya, boleh jadi promo 11.11 yang booming sekarang, merupakan gejala curi start sebelum marak promo mirip -mirip di akhir tahun nanti. Mungkin saja ini trik mengikat konsumen agar di bulan depan, tidak keduluan sama kompetitor. 

Dana dan anggaran konsumsi warga, sudah 'bocor'di satu bulan sebelumnya...hehe. Bulan depan ambyar dan menipis, jadi meski cuci gudang akhir 2020 di mana -mana, bakalan cuma ngeliat aja, karena sudah kebeli di November Rain.

Selain pertimbangan di atas, ada sejumlah hal lain yang mesti diantisipasi dari beraneka promo menggiurkan  : 

1. Cek dulu, apakah promo nya bisa bayar cash atau kredit dulu bayar belakangan.

Kadang penawaran pada beberapa produk tertentu, bisa ada dua pilihan. Hitung aja selisih nominalnya. Secara kredit otomatis ada bunga, tapi bunga rupiah itu bisa dibagi ke berapa bulan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN