Mohon tunggu...
Adjie Fajar Ramadhan
Adjie Fajar Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Katolik Parahyangan

Seseorang yang sedang menempuh pendidikan sarjana Teknik Industri. memiliki hobi membaca, dan menonton film.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Mengikuti Geladi Hominisasi

6 Desember 2022   18:17 Diperbarui: 6 Desember 2022   18:26 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Geladi hominisasi merupakan program yang diselenggarakan oleh LPH (Lembaga Pengembangan Humaniora) Universitas Katolik Parahyangan. Geladi ini dibentuk dengan tujuan membangun sebuah manusia yang humanum. Arti humanum disini adalah manusia yang semua unsur-unsur pribadinya dapat berkembang secara harmonis dan maksimal. Program geladi ini diadakan setiap tahunnya untuk mahasiswa UNPAR.Disini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti Geladi Hominsasi. 

Saya mengikuti geladi ini pada tanggal 3 Desember 2022, dan saya melakukan pendaftaran satu bulan sebelum Geladi ini berlangsung. Pada saat sekitar seminggu sebelum acara Saya diberikan tugas pra Geladi. Didalam tugas ini terdapat 2 bagian tugas. Yang pertama Saya diberikan tugas untuk menyimak lagu “Indonesia Raya” 3 stanza di platform Youtube, setelah itu Saya mengisi isian dari tugas tersebut dengan bagian syair yang menurut Saya menarik, serta alasan memilih syair tersebut. Bagian tugas kedua adalah Saya disuruh memilih satu dari sepuluh video mengenai ketahanan pangan, dan terdapat isian yang perlu diisi pada tugas tersebut.

Setelah tugas tersebut telah selesai, sekitar H-3 Geladi saya mendapatkan email mengenai petunjuk teknis dari Geladi serta pembagian kelompok dan tema untuk mengenai "Hari Anti Kekerasan Terhadap Wanita”. Tibalah hari dimana Saya mengikuti Geladi Hominisasi ini. Geladi Hominisasi ini dimulai dengan membaca doa dan kata pengantar dari fasilitator Geladi Humanisasi ini. Saya dan teman-teman yang lain juga disuruh untuk berdiri serta menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dengan 3 stanza, dan juga menyanyikan Hymne UNPAR.

Setelah pembukaan selesai, Kami diberikan instruksi untuk berkenalan satu sama lain, dan melakukan pemilihan ketua, dan juga notulensi dari tiap kelompok. Setelah dibentuk ketua serta notulensi, kami diberikan arahan mengenai apa yang akan dilakukan selanjutnya, yaitu berupa presentasi. Setelah diberikan arahan lalu kami masuk kedalam breakout room masing-masing untuk menyiapkan presentasi mengenai tema yang Kami dapat. Presentasinya berisi info singkat mengenai tema, analisis SWOT dari tema, strategi yang harus dilakukan, dan juga kesimpulan. Terima kasih para fasilitator yang telah mengadakan Geladi Hominisasi ini.

Saya dan kelompok berdiskusi mengenai tugas tersebut, lalu membagi bagi tugas untuk mempresentasikan tema tersebut. Setelah kami mendapat bagian masing-masing maka kami melakukan tugas kami dan melakukan Latihan untuk presentasi di breakout room besar nantinya. Presentasi ini nantinya akan dilakukan voting dan dipilih presentasi terbaik dari beberapa kelompok yang ada. Setelah Kami selesai Latihan, kami pun mempersiapkan untuk presentasi pada breakout room yang berisikan 4 kelompok dari masing-masing kelompok. Sangat disayangkan kelompok saya tidak mendapat kesempatan untuk presentasi di main room nantinya, namun Saya tetap senang karena Saya bisa berkomunikasi dengan kelompok Saya, yang baru Saya kenal hari itu juga, dan dapat berkoordinasi dengan baik.

Setelah itu dilakukan presentasi, dimana presentasi ini dilakukan dari hasil voting presentasi terbaik dari masing-masing breakout room. Terdapat 4 kelompok yang berhasil presentasi pada main room ini. Seluruh presentasi yang dilakukan menurut Saya cukup bagus dan menarik sehingga Saya terkagum dengan presentasi 4 kelompok tersebut. Setelah presentasi dilakukan dilakukan voting Kembali untuk dipilih pemenang presentasi dari Geladi Hominisasi ini. Setelah terpilih pemenangnya tibalah penutupan pada Geladi Hominisasi ini. Penutupan diisi dengan tanggapan mengenai apa yang para peserta dapatkan dari Geladi Hominisasi ini, penutupan juga dilakukan dengan kata sambutan dari fasilitator Geladi Hominisasi ini. Lalu para peserta Geladi disuruh berdiri, dan menyanyikan lagu Mars dari UNPAR.

Saya sangat senang mengikuti Geladi Hominisasi dari UNPAR ini. Karena dari Geladi ini saya mendapatkan pengalaman yang tidak dapat terlupakan. Perlunya kemampuan logika serta berbahasa juga dapat saya petik dari hasil Geladi Hominisasi ini juga. Karena dengan adanya logika serta bahasa sebagai warga negara maka kita dapat berkomunikasi, serta berkoordinasi dengan orang lain, meskipun itu orang yang baru kita temui. Dari Geladi ini saya belajar untuk lebih memberanikan diri untuk memulai berkomunikasi dengan orang lain, dan akan saya terapkan kedalam kehidupan sehari-hari, serta terus belajar untuk meningkatkan diri Saya kedepannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun