Mohon tunggu...
Ahmad Aditya
Ahmad Aditya Mohon Tunggu... Mahasiswa Uin Sunan Kalijaga Yogayakarta Prodi Ilmu Komunikasi - NIM : 20107030063

Y

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Tips dan Trik Berbelanja Online yang Aman dan Menguntungkan

8 April 2021   12:34 Diperbarui: 8 April 2021   13:06 103 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips dan Trik Berbelanja Online yang Aman dan Menguntungkan
williandana.blogspot.com

Belanja online tentu sudah asing lagi di masyarakat kita saat ini. Apalagi jika itu adalah kaum muda yang sangat senang berbelanja. Kebanyakan dari mereka lebih memilih belanja di online marketplace daripada harus datang ke toko yang dapat membuat kita lelah dan lain sebagainya. Sekarang saja sudah banyak sekali online marketplace yang ada di Indonesia. Sebut saja Tokopedia, Lazada, Shopee, Blibli dan masih banyak lagi.

Dalam berbelanja di online marketplace terdapat beberapa tips dan trik agar kita mendapatkan hal yang maksimalkan. Baik itu masalah harga, kualitas, ataupun pelayanannya. Berikut akan saya bahas beberapa tips dan trik dalam berbelanja online.

  • Jangan Tergesa-gesa Untuk Menyelesaikan Pesanan

Bagi saya, ini adalah hal yang mendasar dalam berbelanja online. Kita tidak boleh tergesa-gesa untuk menyelesaikan pesanan kita, karena bisa jadi beberapa saat kemudian kita bisa berubah pikiran seperti menemukan harga yang lebih murah, kualitas lebih bagus, atau promo besar-besaran. Memang jika masih sesaat bisa kita batalkan, namun jika sudah dikonfirmasi oleh penjual, biasanya pesanan sudah tidak bisa dibatalkan. Jika takut akan kehabisan kita bisa melakukan checkout terlebih dahulu dan bayar nanti setelah yakin. Karena kebanyakan marketplace memberi kelonggaran waktu 24 jam untuk membayar pesanan.

  • Pastikan Toko Yang Kita Beli Sudah Terpercaya

Toko terpercaya adalah salah satu yang paling penting dalam berbelanja online. Saat ini banyak sekali toko abal-abal yang memberikan promo tidak masuk akal. Biasanya toko-toko ini hanya ingin melakukan penipuan atau iseng belaka. Memang saat ini keamanan di marketplace sudah sangat ketat. Kita bisa melakukan komplain agar uang kita kembali, namun hal ini tetap mengecewakan karena merugikan waktu dan juga kepercayaan kita untuk berbelanja online. Hal yang perlu kalian lakukan untuk yakin toko itu terpercaya adalah dengan melihat rating toko. Beberapa online marketplace juga memberikan label khusus kepada toko dengan performa tinggi.

  • Pastikan Kualitas Produk Sesuai Yang Anda Inginkan

Kebanyakan produk yang dijual di online marketplace lebih murah dibandingkan di toko-toko biasa. Alasannya bisa jadi karena produk itu berasal langsung dari produsen ataupun belum melalui distributor yang banyak. Namun banyak juga yang disebabkan kualitas barang yang dijual kurang bagus atau hanya produk tiruan. Untuk memastikannya, kalian bisa melihat review dari produk yang akan kalian beli. Kalian jangan hanya terpaku pada komentar positif, kalian harus melihat juga komentar negatifnya. Setelah diketahui komentar negatifnya sedikit dibandingkan yang positif dan terbilang masih wajar, kalian sudah yakin bahwa barang itu murah atau minimal sesuai dengan harganya dan masih memiliki keinginan untuk membelinya, kalian bisa langsung memesannya.

  • Jangan Tertipu Harga Coret atau Diskon

Saat ini kebanyakan toko online menggunakan strategi harga coret atau diskon yang sebenarnya adalah harga normal dalam arti lain hanya gimik. Biasanya mereka menggunakan embel-embel diskon 50% bahkan bisa lebih tinggi. Hal yang harus kita lakukan adalah untuk mencari harga pasarannya terlebih dahulu. Kita bisa melihat harga di toko-toko lain untuk memastikan bahwa harga tersebut pantas. Karena salah satu keunggulan belanja online adalah kita bisa melihat harga barang di toko lain tanpa harus tidak enak kepada penjual seperti di toko offline pada umumnya. Disinilah kembali digunakan prinsip jangan tergesa-gesa untuk menyelesaikan pesanan sebelum benar-benar yakin.

  • Maksimalkan Penggunaan Promo Yang Ada

Saat ini, banyak sekali promo yang diberikan oleh masing-masing online marketplace. Baik itu berupa voucher diskon, cashback, gratis ongkir, dan masih banyak lagi. Bagi kalian kaum yang menyukai keuntungan semaksimal mungkin, kalian harus menggunakan promo yang bisa kalian gunakan dengan maksimal. Kalian bisa memaksimalkannya dengan melakukan combo voucher (biasanya voucher gratis ongkir, marketplace, toko) yang biasanya bisa digunakan bersamaan. Kalian juga bisa melihat-lihat halaman flash sale yang biasanya menyajikan barang murah meskipun dengan rebutan. Dan hal yang paling penting untuk mendapatkan promo maksimal adalah waktu yang kalian gunakan untuk belanja. Masing-masing online marketplace melakukan promo besar-besaran sesuai dengan event marketplace mereka. Jadi ikuti sosial media online marketplace favorit kalian untuk mendapatkan pemberitahuan promo menarik.

  • Usahakan Merekam Video Unboxing Barang Yang Dibeli

Merekam video proses pembukaan paket yang dibeli adalah hal yang perlu dilakukan jika kalian ingin belanja online dengan aman. Hal ini sangat penting jika ternyata paket yang kalian dapatkan tidak sesuai dengan dekripsi barang yang kalian beli. Karena saat melakukan komplain terhadap barang yang bermasalah, online marketplace akan menimbang pihak mana yang benar-benar bersalah. 

Apakah memang tokonya yang melakukan kesalahan, ataupun hanya akal-akalan pembeli semata. Biasanya jika kita mencantumkan video unboxing dalam komplain kita, pihak kita akan menang dan uang kita akan dikembalikan. Dan paket yang bermasalah tersebut akan kita kirimkan kembali ke alamat penjual.

Nah, demikian beberapa tips dan trik berbelanja online yang aman dan menguntungkan. Jika kalian ingin mendapatkan info yang maksimal mengenai promo ataupun yang lainnya, kalian bisa bergabung di forum komunitas onlineshop di media sosial. Di dalamnya biasanya membahas mengenai tips dan trik belanja online. Baik kalian yang ingin membeli ataupun jika kalian ingin menjadi penjual online, kalian juga bisa bertanya-tanya di komunitas tersebut. Hal itu lebih efektif bagin kalian yang ingin belajar ataupun sekedar bertanya review sebuah produk yang ingin anfa beli. Selamat mencoba dan tetap jaga kesehatan.

VIDEO PILIHAN