Mohon tunggu...
Adinda Suci Nurwulan
Adinda Suci Nurwulan Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Digitech University

Biasakan Bekerja Keras:)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Studi Literatur: Pengaruh Konten Instagram Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Potong Rambut di Be_haircut Barbershop

13 Mei 2024   19:37 Diperbarui: 15 Mei 2024   03:34 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Instagram adalah sebuah media sosial yang dapat digunakan sebagai media promosi paling efektif. Konten Instagram berperan dalam menentukan keputusan setiap konsumen yang akan membeli suatu produk atau menggunakan sebuah jasa.

Be_haircut Barbershop merupakan sebuah jasa potong rambut yang menggunakan media sosial Instagram sebagai media promosinya. Akun Instagram tersebut menggunakan nama akun @be_haircut. Jumlah pengikut akun Instagram @be_haircut sebanyak 2.385 akun dan memiliki jumlah postingan 5 sebanyak 795 postingan pada tanggal 30 November 2023. Postingan pada akun Instagramnya memiliki variasi konten mulai dari konten informasi produk, jenis layanan, jenis potongan rambut, harga, jam operasional, review konsumen, promo dan diskon, alamat cabang barbershop, dan informasi mengenai tenaga kerja yang
dapat melayani konsumen. Adapun cara membagikan konten tersebut dapat dalam bentuk foto, vidio reels, dan Instagram Story.

Artikel ini membahas mengenai studi literatur dari variabel konten Instagram dan keputusan konsumen yang di jelaskan dalam bentuk teori-teori para ahli.

Keputusan Konsumen 

A.Pengertian Keputusan Konsumen

(Kotler & Armstrong, 2018, p. 177), menjelaskan keputusan pembelian atau keputusan konsumen merupakan tingkah laku seorang individu dalam membeli merek yang paling disukai, yang dipengaruhi dua faktor yakni sikap individu lain dan faktor situsional, contohnya harga produk, gaji individu, dan manfaat dari produk. Dengan memahami keputusan konsumen maka perusahaan dapat memahami dengan mudah keinginan dan kebutuhan dari konsumen. (Swastha dan Irawan, 2001) dalam (Nasution R. A., 2017), menjelaskan bahwa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen melibatkan perasaan dan sebuah emosi, jika  konsumen senang dan puas saat membeli barang atau jasa, maka hal tersebut akan mempengaruhi terhadap keputusan pembelian. Begitupun sebaliknya, jika konsumen tidak puas maka konsumen menghilangkan minat dan keputusan pembeliannya.

Keputusan konsumen terjadi melalui tahapan-tahapan perilaku konsumen. Menurut (Kotler & Keller, 2016, p. 187), perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian terdapat beberapa tahapan yaitu: adanya masalah, pencarian informasi mengenai produk, mengevaluasi alternatif plihan produk, keputusan pembelian oleh konsumen dan perilaku konsumen pasca pembelian.

B.Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen

Menurut (Abdullah dan Tantri, 2012) dalam (Nasution R. A., 2017), faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah faktor Ekonomi, faktor Kepercayaan dan faktor Psikologi. Berikut penjelasannya:

1.Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi memiliki pengaruh yang sangat luas terhadap perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun