Mohon tunggu...
Adinda PardnyaPurnama
Adinda PardnyaPurnama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

KKN UPI Adinda

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Meningkatkan Literasi Melalui Poster dalam Kegiatan KKN Literasi UPI di SDN 251 Jamika

25 September 2021   23:05 Diperbarui: 25 September 2021   23:07 111 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Meningkatkan Literasi Melalui Poster dalam Kegiatan KKN Literasi UPI di SDN 251 Jamika
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Literasi adalah suatu kegiatan atau aktivitas untuk lebih membudidayakan gerakan membaca serta juga menulis. Literasi sangat banyak sekali manfaatnya, salah satu keuntungan dari literasi ini diantaranya adalah dapat melatih diri untuk dapat lebih terbiasa dalam membaca serta juga dapat membiasakan seseorang (siswa) untuk dapat menyerap informasi yang dibaca dan dirangkum dengan menggunakan bahasa yang dipahaminya. Sebelum COVID-19, literasi menjadi salah satu program yang dilakukan oleh setiap lembaga pendidikan.

Dengan adanya program literasi di lembaga pendidikan, agar senantiasa siswa bisa mengembangkan pemahaman serta bisa berpartisasi di lingkungan sosial dan siswa dapat meningkatkan pengetahuan yang dimiliki dengan cara membaca segala macam informasi yang bermanfaat. 

Memang gerakan literasi ini tampaknya sedikit sulit untuk dijalankan, mengingat istilah budaya membaca di Indonesia sendiri masihlah belum menjadi kebiasaan. Setidaknya ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi tersebut terjadi, dan hal inilah yang akan dibahas terlebih dahulu sebelum kita memulai pembahasan mengenai contoh gerakan literasi sekolah

Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema mengembangkan literasi melalui literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, literasi budaya, dan literasi kewargaan. Saya salah satu mahasiswa UPI yang mengikuti KKN Literasi melalui program literasi baca tulis yang dilaksanakan di SDN 251 Jamika Bandung.

Adanya pandemi COViD-19 ini mengakibatkan kegiatan belajar siswa yang tadinya dilaksanakan di sekolah menjadi pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, tingkat literasi siswa sekarang menjadi menurun. Pada saat sebelum pandemi sekolah menyediakan buku bacaan mulai dari pelajaran sampai non pelajaran.

Di SDN 251 Jamika selama pandemi sering melakukan pembiasaan yang setiap harinya berbeda tema. Pada hari senin mereka melakukan kegiatan minum susu, selasa melakukan literasi, dan hari rabu melakukan pola hidup sehat, kamis melakukan gps, jumat melakukan sholat dhuha & baca quran, dan sabtu membantu orang tua. Disini saya membantu membuatkan poster mengenai tema pembiasaan di SDN 251 Jamika. Dengan poster tersebut  akan bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas literasi baca siswa.

Adinda Pardnya P (1807847)

Kelompok 9 

DPL : Nuri Novianti Afidah, S.S., M. Hum

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan