Mohon tunggu...
ADINDA M BUDIARTI
ADINDA M BUDIARTI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia

Saya merupakan mahasiswa semester akhir di jurusuan pendidikan. Yaitu administrasi pendidikan. Saya bercita-cita untuk terjuan kedalam dunia pendidikan seban saya menjunjung tinggi pentingnya pendidikan bagi kemajuan generasi bangsa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN TematikUPI 2022: Membangun Desa Pendidikan Berkualitas dengan Internalisasi Urgensi Pendidikan

19 Agustus 2022   22:53 Diperbarui: 19 Agustus 2022   22:54 96 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ARTIKEL BERITA KKN TEMATIK UPI 2022

KELOMPOK 120

PENDIDIKAN SEPANJANG HAYAT

Oleh: Adinda Mustika Budiarti-Mahasiswi Administrasi Pendidikan UPI

Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu pengimplementasian dari bidang ilmu yang telah didapatkan dalam proses pembelajaran / perkuliahan dikampus terkhusus di Universitas Pendidikan Indonesia. Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) ini pun adalah merupakan salah satu dari tridharma perguruan tinggi  yaitu pengabdian, maka dari itu Universitas Pendidikan Indonesia mewajibkan mahasiswa dan mahasiswi nya untuk mengikuti KKN yang merupakan salah satu syarat ke lulusan dari kampus.

dokpri
dokpri
  • KKN Tematik UPI 2022 yang megusung program Pemberdayaan Masyarakat berbasis SDG'S Desa dan MBKM. SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.
  • Penulis melaksanakan KKN Tematik selama 1 bulan dimulai dari tanggal 08 Juli Sampai dengan 14 Agustus 2022 yang bertempat di Desa Ciburial, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut.
  • Penulis memilih tema "Desa Pendidikan Berkualitas" sebagai program yang akan dijalankan selama KKN dilaksanakan. Latar belakang penulis memilih tema tersebut dikarenakan keprihatinan kondisi pendidikan di Desa Ciburial yang meliputi: 1) Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap Angka Partisipiasi Sekolah (APS) terkhusus Wajib Belajar 12 tahun; b) sebagian besar masyarakat dan orang tua lebih mendukung anak-anaknya untuk melanjutkan pendidikan nonformal ke pesantren. mereka menganggap bahwa pendidikan nonformal lebih prioritas dibandingkan pendidikan formal; c)faktor ekonomi menjadi penghambat untuk melanjutkan atau menuntaskan pendidikan formal.
  • Penulis dan kelompok telah merancang beberapa program sedemikian rupa sebagai bentuk solusi bagi permasalahan pendidikan di Desa Ciburial. Adapun susunan programnya sebagai berikut:

           1. Kegiatan penyuluhan semangat dan wajib belajar 12 tahun melalui mitra sekolah.

Penyuluhan ini memiliki sasaran kepada peserta didik mulai dari jenjang SD-SMA yang ada di desa Ciburial. Dengan adanya penyuluhan ini bertujuan untuk membangun semangat belajar peserta didik selama mengenyam pendidikan di bangku sekolahnya. Selain itu, penyuluhan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan mindset yang memandang bahwa pendidikan merupakan kunci penting yang membentukpeserta didik menjadi sumber daya manusia yang berpotensi, kompeten, dan  berkualitas melalui pendidikan yang tuntas. Generasi muda bangsa tentu harus berilmu dan berwawasan dan untuk mencapai hal tersebut dilalui dengan mengenyam pendidikan.

Adapun alur dari penyuluhan ini dengan memecah kelompok menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama bertugas untuk melakukan penyuluhan ke jenjang SD, kelompok kedua ke jenjang SMP dan Kelompok ke 3 ke jenjang SMA. Masing-masing kelompok memperispakn materi dan teknis penyuluhan sesuai dengan pembagiannya.

dokpri
dokpri

Dan kebetulan, penulis mendapatkan tugas dan pembagian di jenjang SD dengan melakukan 2 kali kunjungan ke SD dengan sasarannya peserta didik kelas 6. Adapun SD yang penulis kunjungi merupakan salah satu SD yang ada di desa ciburial yaitu SDN 3 Ciburial.

Dalam 2 kunjungan tersebut terdapat pematerian yang berbeda di setiap hari kunjunagnnya. Kinjungan pertama/hari pertama penulis menyampaikan materi mengenai Etika dan Semangat belajar. Pematerian etika disampaikan supaya peserta didik lebih memahami etika dalam lingkungan kehidupannya baik itu etika belajar, etika pribadi, etika normative dan etika bermedia social supaya menjadi bekal bagi para peserta didik agar bertindak sesuai norma dan nilai-nilai luhur etika moral. Kemudian materi mengenai semnagat belajar ini bertujuan agar peserta didik khusunya kelas 6 sungguh-sungguh dalam memperispakn ujian akhir dan termotivasi untuk melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya bahkan memberikan motivasi agar mereka tertarik dan antusisas untuk menjalankan wajib belajar 12 tahun dan melanjutkan pendidikan ke ranah pendidikan tinggi.

dokpri
dokpri

Untuk kelompok SMP lebih memfokuskan pada semnagt belajar dan materi pembelajaran bahasa Indonesia. jadi untuk penyuluhan ke SMP ini lebih kepada kegiatan mengajar.

dokpri
dokpri

Adapun penyuluhan untuk jenjang SMA bertujuan untuk memberikan motivasi dan ketertarikan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke ranah pendidikan tinggi. Tidak hanya itu, penyuluhan ini juga memberikan penjelasan mengenai program-program Beasiswa dan jalur pendaftaran perguruan tinggi supaya peserta didik meiliki gambaran dan merencanakan tujuan yang jelas untuk melanjutkan minatnya ke pendidikan tinggi.

2. Kerja Bakti Desa Ciburial.

dokpri
dokpri

Kerja bakti bertujuan untuk membantu warga setempat untuk menjaga lingkungan sekaligus mengikat tali silaturahmi antara mahasiswa dengan warga. Meskipun kegiatan ini keluar dari kegiatan pendidikan, terdapat pesan moral yang penulis pahami bahwa menjaga lingkungan tetap bersih, rapih, dan nyaman merupakan sifat dari orang-orang yang berpendidikan. Maka dar itu,melalui kerja bakti ini menumbuhkan kebersamaan, solidaritas, dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar serta memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat merupakan salah satu bentuk implementasi pendidikan.

3. Mini Class

dokpri
dokpri

Upaya membantu pemberdayaan pendidikan desa melalui pengajaran langsung terhadap anak-anak dan seluruh warga desa. Mini class ini dlksanakn di akhir pekam dengan jadwal yang lebih fleksibel.

4. Program Inti Penyuluhan Pendidikan Desa Berkualitas: "Urgensi Mengakses Pendidikan Bagi Seluruh Masyarakat Desa  Ciburial Dalam Rangka Menghadapi Kondisi Pengembangan Industri Di Kecamatan Leles".

dokpri
dokpri

Program inti ini mengundang warga desa, mitra sekolah dan orang tua sebagai sasarannya. Tujuan dari program ini untuk menyampaikan berbagai materi mengenai pendidikan dengan harapan mampu membuka mindset masyarakt terhadap pendidikan dan memberikan internalisasi akan urgensi pendidikan. terdapat 3 materi yang disampikan dalam program inti penyuluhan ini yang meliputi: a) Urgensi Pendidikan dan Mengapa Pendidikan itu tidak boleh terputus; b) Output Pendidikan Untuk bersaing di dunia industry; c) Penjelasan akses Beasiswa di tingkat sekolah dan universitas.

Selama pelaksanaan penyuluhan ini antusisme masyarakat sangat tinggi, banyak dari mereka bertanya-tanya mengenai akses-akses Beasiswa pendidikan karena keinginan dan niat untuk menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang yang lebih tinggi.

setelah pelaksanaan 4 program penulis mengucap syukur kepada tuhan YME karena selama kegiatan KKN semua program berjalan dengan lancar hingga sampai pada kegiatan penutupan. program KKN ini menjadi pengalam yang sangat berkesan dan berharga bagi penulis. penulis banyak belajar selama KKN ini berjalan. 

img-4005-jpg-62ffb0c43555e474d73b9573.jpg
img-4005-jpg-62ffb0c43555e474d73b9573.jpg
Itulah artikel berita yang penulis sampaikan. Penulis berharap program-program KKN di desa Ciburial memberikan banyak manfaat dan pengaruh jangka panjang bagi kualitas pendidikan di Desa Ciburial. Penulisjuga  berharap generasi muda di desa ciburial bisa memnuntaskan pendidikan bahkan bisa sampai pada jenjang pendidikan tinggi.

Sekian, Terima Kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan