Mohon tunggu...
Adinda Luna
Adinda Luna Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Jakarta 2020

Saya hobi menulis dan berjalan-jalan menikmati kuliner serta indahnya dunia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Usaha Warnet di Kala Perkembangan Teknologi Meningkat dengan Pesat

20 Juni 2023   13:05 Diperbarui: 20 Juni 2023   13:36 712
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi: Warnet Buzznet - Bandung

Bandung, 17 Juni 2023 - Usaha warung internet (warnet), merupakan usaha yang berkaitan dengan teknologi, dimana pada umumnya seseorang akan pergi ke warnet untuk melakukan berbagai macam aktivitas daring seperti game daring, interaksi daring, mencari informasi secara daring dan lain sebagainya. Namun seiring berjalannya waktu, dengan adanya perkembangan teknologi yang dapat dilihat jelas dengan mata kita dan dapat kita rasakan secara langsung, merupakan salah satu fenomena yang akan terusmenerus berkembang dengan cepat setiap zamannya. Masyarakat bisa secara mudah mengakses internet dan melakukan aktivitas daring di mana saja dan kapan saja dengan menggunakan ponsel canggih yang mereka miliki. Maka dari itu, pelaku usaha warnet memiliki rasa khawatir tersendiri akan nasib kedepannya atas usaha yang mereka miliki.

Seorang pemilik warnet bernama Warnet Buzznet di daerah Gatot Subroto Bandung, mengatakan bahwa adanya penurunan dalam segi pengunjung dan pendapatan yang dia alami sekarang ini "Saya buka warnet sejak tahun 2009, cukup ada perbedaan dalam segi pengunjung dan pendapatan." tuturnya sang pemilik warnet. Namun di samping hal tersebut, seorang pengunjung Warnet Buzznet berumur 13 tahun menyatakan hal yang cukup berbanding terbalik dengan kenyataan dari sang pemilik, dia mengatakan bahwa akan tetap pergi ke warnet "Aku teh bosen kalo main hp terus, jadi aku bakal tetap terus pergi ke warnet buat main PB dan nonton anime, karena internet di rumah juga lemot." katanya pada saat ia sedang bermain bersama teman-teman sebayanya di warnet tersebut, "Aku juga seneng ke sini main bareng sama temen-temen, terus penjaganya juga baik, jadinya enak pisan di sini teh." sahutnya lagi. 

Usaha Warnet Buzznet berawal dari sang pemilik dengan pengalamannya sebagai OP warnet dan beliau memutuskan untuk mencoba membuka usaha warnet sendiri di rumahnya "Saya waktu awal membuka pun kaget, ternyata ramai dan banyak yang membutuhkan usaha ini, anak-anak banyak yang dateng main game, remaja-remaja juga main game, atau sekedar menonton YouTube dan mencari berbagai informasi terkini atau kadang ada yang ngerjain tugas juga." kata sang pemilik warnet. Pada masa sekarang, usaha yang berdampingan dengan teknologi yang makin maju membuat pemilik Warnet Buzznet pun memiliki tantangan tersendiri dalam menghadapinya, "Saya sebagai pemilik warnet ini, memiliki berbagai macam tantangan dalam menjalankan usaha ini, apalagi dengan adanya teknologi yang makin maju, saya harus terus mengikuti perkembangan zaman, mulai dari bagian-bagian komputer yang harus saya rakit sendiri, game-game yang harus saya perbarui, perawatan untuk komputer juga selalu saya jalani dan rakitan-rakitan komputer harus saya jaga dengan baik" katanya sembari beliau menunjukkan komputer-komputer di Warnet Buzznet.

Dalam sebuah usaha, sudah pasti setiap pemilik jelas harus memiliki strategi dan cara tersendiri agar usaha tetap terus berjalan dan berkembang seiring dengan zaman. Kembali lagi kepada teknologi yang terus berkembang, pemilik usaha Warnet Buzznet sendiri memiliki strategi untuk terus ikut perkembangan zaman sesuai dengan lingkup sekitar usaha warnet, "Saya sendiri jelas akan terus melakukan perkembangan pada usaha saya, namun memang kesulitan yang saya harus hadapi adalah menyesuaikan hal tersebut dengan lingkungan sekitar usaha saya..." kata sang pemilik warnet, "karena pengunjung warnet yang berasal dari lingkungan ini memiliki status menengah ke bawah, jadi cukup sulit juga untuk melakukan perkembangan, seperti perkembangan fasilitas yang sesuai dengan kemajuan teknologi. Jadinya untuk saat ini, saya cuma menaikkan kecepatan internet dan menyesuaikan game yang dapat menghibur pengunjung saja." ujarnya.

Perkembangan teknologi yang makin pesat memang memiliki efek samping bagi para pengusaha terutama yang berkaitan langsung dengan teknologi seperti usaha warnet ini. Strategi-strategi yang dijalankan harus memiliki banyak pertimbangan agar usaha tidak memijak langkah yang salah. Sang pemilik usaha juga harus memiliki harapan dan pengembangan yang dapat dicapai sesuai dengan kemampuannya. Pemilik Warnet Buzznet sendiri memiliki harapan agar dapat membuka cabang baru dan bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik dan besar lagi, begitu pula dengan pengunjung warnet tersebut yang memiliki harapan sama seperti sang pemilik.

Usaha warnet memang tidak mudah, setiap usaha jelas memiliki tantangan tersendiri agar bisa terus maju dan berkembang dikala dunia serta teknologi yang terus ikut berkembang dan maju dengan pesat. Maka dari itu, diperlukan strategi dan langkah yang tepat untuk mempertahankan bisnis warnet agar tetap bisa bertahan di dunia bisnis sesuai keinginan sang pemilik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun