Mohon tunggu...
adinda wulan novitasari
adinda wulan novitasari Mohon Tunggu... Ilmuwan - mahasiswa

saya mempunyai hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengenal Dunia "Advertising" di Universitas Muhammadiyah Jakarta

3 Juli 2023   16:58 Diperbarui: 3 Juli 2023   17:07 278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ini 5 Kampus Terbaik di Jakarta Buat yang Mau Kuliah di Tahun 2018 (seputarkota.com) 

Perkenalkan nama saya Adinda Wulan Novitasari dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta prodi Ilmu Komunikasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP). Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTMA) yang berlokasi di Jakarta, berbatasan dengan Kota Tangerang Selatan Di lingkungan PTMA, UMJ adalah perguruan tinggi tertua yang dimiliki oleh Persyarikatan Muhammadiyah  Hingga saat ini, UMJ telah memiliki mahasiswa aktif sebanyak 20.345 orang. 

Alasan saya memilih prodi ilmu komunikasi ini karena program studi yang mempelajari bagaimana proses penyampaian pesan secara efektif kepada pihak yang dituju. Bukan hanya belajar berbicara di depan umum, ilmu komunikasi mempelajari hal yang lebih kompleks, yakni penyusunan dan penyampaian pesan, serta komunikasi dalam berbagai tingkatan, seperti antarindividu, antarkelompok, komunikasi media, dan lain sebagainya.

ilmu komunikasi di Universitas Muhammadiyah Jakarta ini memiliki 3 konsentrasi yaitu broadcasting, advertising dan public relation (PR) dimana konsentrasi ini bisa dipilih di semester 4. Di semester 4 ini saya memilih konsentrasi advertising, kenapa memilih konsentrasi ini dikarenakan saya tertarik dengan bagaimana cara untuk bisa berproses dalam komunikasi pemasaran. Selain itu di dalam advertising ini terdapat mata kuliah copywriting yang menjadi salah satu ketertarikan saya memilih konsentrasi ini, Karena dalam copywriting ini mencakup tentang periklanan selain itu juga copywriting mempelajari tentang proses penulisan yang baik dan benar, karna saya cukup tertarik dengan menulis artikel dan sebagai nya jadi cukup menambah ilmu tentang penulisan yang benar.

Testimoni PKKM Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ - YouTube 
Testimoni PKKM Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ - YouTube 

Ibu Dr.Oktaviana Purnamasari,M.Si merupakan kaprodi dari prodi ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Ibu Dr.Oktaviana Purnamasari,M.Si atau yang biasa kita panggil ibu okta ini bukan hanya sekedar kaprodi dari ilkom beliau juga mengajar salah satu mata kuliah nya adalah "copywriting"salah satu mata kuliah yang menurut saya menarik untuk diminati di konsentrasi "ADVERTISING" ini karena banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari copywriting, salah satunya "menciptakan suatu headline produk yang menarik" dimana kita belajar mengenai bagaimana nanti nya kita menghadapi client, tuntutan apa yang client minta tentang produk yang kita kembangkan, dasar dan intinya cukup mencakup dari mata kuliah copywriting ini.

selain itu, alasan utama dalam mengambil konsentrasi "advertising" ini adalah karena saya memiliki ketetarikan untuk mendalami bagaimana kita belajar tentang komunikasi di bidang komunikasi pemasaran. Karena itu, saya juga akan lebih fokus dalam memahami tentang konsep-konsep dasar komunikasi, teori komunikasi, proses komunikasi, dan lain sebagainya. Selain itu, Copywriting menjadi salah satu keinginan saya untuk lebih memahami lagi tentang bagaimana kita menulis naskah yang benar terhadap suatu iklan. Untuk kedepannya saya juga akan lebih fokus dalam bidang ini supaya semua tujuan, karir, dan prospek kerja dalam kehidupan saya akan lebih terjamin. Semoga Ilmu Komunikasi UMJ  bisa membawa saya untuk menjadi Copywriter yang sangat Profesional dan telaten.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun