Mohon tunggu...
Adhe Vendy
Adhe Vendy Mohon Tunggu... -

Lahir di Kuningan Jabar, Melanjutkan Sekolah Jurusan Teknik Informatika.\r\nPernah Mengajar komputer disekolah Boarding.\r\nMenjadi Staf IT Sebuah Pers. Laboratorium Klinik terkemuka di indonesia hingga sekarang

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pernahkah Merasa Dirugikan Oleh Layanan XL Axiata ?

6 Maret 2015   16:37 Diperbarui: 17 Juni 2015   10:05 4724
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gmbr:http://shidny-mobile.blogspot.com

[caption id="" align="alignnone" width="465" caption="sumber gmbr:http://shidny-mobile.blogspot.com"][/caption] Masih ingat dengan kejadian pulsa tiba tiba hilang? Setelah beberapa waktu lalu operator seluler di indonesia di adukan oleh masyrakat, terkait dengan layanan kontent yang merugikan para pelanggan sehingga BRTI menegur para operator untuk melakukan UNREG kontent secara masalah bagi para pelanggannya dengan menyediakan satu nomor akses untuk meng UNREG atau STOP semua layanan kontent yang terhubung dengan nomor pelanggan tersebut.Namun akhir akhir ini layanan kontent tersebut kembali merebak, namun tak seperti dulu, sekarang layanan tersebut "bermain halus". Pengalaman ini dirasakan oleh saya sendiri selaku pelanggan Kartu XL yang diterbitkan oleh XL Axiata dan baru menggunakan nomor tersebut selama 4 tahun. Nomor tersebut didapat dari kantor  tempat saya bekerja, yang saat itu kantor saya menggunakan layanan XL komunitas untuk para karyawannya agar jika berkomunikasi sesama karyawan bisa lebih menghemat biaya. Saya menggunakan kartu XL tidak hanya untuk komunikasi telpon dan SMS, tetapi juga digunakan untuk layanan internet. Untuk layanan internet sendiri XL memiliki berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan keinginana kita sendiri, dan kebetulan saya menngunakan layanan internet dengan kuota. Hal yang  tidak mengenakan pun terjadi. Saat itu saya sudah mengisi pulsa dengan tujuan akan regsitrasi layanan internet. Seperti biasa saya mengetik *123# untuk cek pulsa dan registrasi internet. setelah tekan tombol sent, biasa nya dilayar muncul Saldo Pulsa saat ini dan masa aktif kartu dan dibawahnya ada berbagai pilihan menu menggunakan nomor. saat akan memilih nomor, tiba-tiba muncul error /failed dan seperti biasa saya mengulang menekan *123#, Nah disini layanan kontent XL beraksi, disinilah saya terjebak.  ternyata urutan nomor pilihan menu di *123# berubah, tidak sama dengan yang sebelumnya ditampilan menu sebelumnya tampil menu: Pulsa anda *** masa aktif anda s/d ***  Paket Hemat internet ... cuma Rp. xxx : 1.Mau,2.Internet, 3. ... dst namun saat Tampil menu yang kedua kalinya (mengulang *123#) ternyata sudah berubah, dengan tampil menu lain. saat itu saya tidak memperhatikan, karena saya tertarik dengan tawaran Paket hemat internet, saat akses *123# yang kedua kali, tanpa melihat tulisan diatasnya saya langsung menekan angka "1." dan langsung muncul pesan dilayar " Permintaan anda akan segera diproses..." namun alangkah kagetnya, saat ada SMS masuk yang isinya "Asyik, PopCall aktif (Rp.6600/30hr). Info: *123*5500#" lha.. saya jadi heran, barusan saya tekan pilihan apa..?? dan saya langsung cek pulsa, dan benar sekali, pulsa langsung terpotong Rp.6600.  Kesel juga akhirmya,  Pulsa yang seharusnya saya beli untuk paket internet, malah untuk  layanan ga penting kaya gini...,  dengan berat hati saya pun isi pulsa lagi, karena saat itu saya sedang membutuhkan akses internet. Dengan hati-hati saya pun memilih menu paket internet karena saya tidak mau terjebak dua kali. dan saya berifikir, tidak apa-apa lah, layanan tsb paling setelah 30Hari akan stop sendiri. Hari berganti hari, tanggal pun terus bertambah, dan 30 Hari pun telah terlewati. (saat itu layanan tsb aktif tgl 3 Feb 2015). dan hari ini tanggal 6 Maret 2015 saya kembali isi pulsa sebesar 50rb. dan saya pun kembali dikagetkan dengan datangnya SMS berturut-turut. pertama, "POPCall kamu memasuki masa tenggang, buruan isi pulsa spy tetep aktif"  dan yang kedua "Kamu bisa POPcall lagi lho selama 30 Hri Rp.6600, Stop Hub *123*5500#" dan saya pun kena jebakan Batman dua kali. Inilah yang saya sebut sebagai bermain halus. XL berusaha menjebak pelanggannya dengan menampilkan pilihan di menu Utama cek pulsa tanpa verifikasi terlebih dahulu.  memang itu adalah hak XL untuk meningkatkan fitur dan layanan, namun alangkah baiknya penambahan fitur tersebut tidak merugikan pelanggan, maksudnya hanya pelanggan yang ingin menggunakan fitur tersebut saja  yang di arahakan, jangan semua pelanggan di jebak untuk menggunakan fitur tersebut. Harusnya, bila pilihan layanan tersebut ada di menu utama, saat pelanggan salah memilih, ada tahap verifikasi dahulu seperti "Anda memilih layanan...  tekan 1. Untuk lanjut tekan 0. Untuk membatalkan",  jangan langsung mengeksekusi pilihan pelanggan yang belum tentu pelanggan tersebut ingin memilihnya. Yang saya heran lagi, saat muncul sems "PoPcall kamu memasuki masa tenggang..",  teryata tidak hanya pulsa, layanan kontent juga pakai masa tenggang,  tidak habis pikir,  ada-ada saja layanan yang seperti ini, benar benar menjebak benar benar telah mengantisipasi upaya pelanggan ketika akan menhindari layanan tersebut. biasaya pelanngan yang sudah terlanjur terjebak, tidak mengsi pulsa samapai batas waktu layanan (yang tercantum) tsb habis, agar pulsanya tidak terpotong, karena biasanya bila pulsa tidak ada, saat akan perpanjangan, otomatis tidak bisa dilakukan dan akhirnya stop dengan sendirinya. tapi berbeda dengan layanan konten sekarang ini, yang sudah disiasati dengan masa tenggang. dan ketika pelanggan isi pulsa langsung memotong tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Mungkin yang mengalami hali ini tidak saya saja, puluhan, ratusan bahkan ribuan pelanggan XL mungkin mengalami hal yang sama. bila  ada seribu orang, dihitung kerugian Rp. 6600 x 1000 sudah Rp. 6.600.000,  XL memotong pulsa pelanggan. bayangkan bila setiap bulan ini terjadi terhadap 10% dari jumlah pelanggan XL yang sekarang mencapai 68,5 Juta. (6.850.000 pelangggan x Rp.6600 = Rp. 45,210,000,000), wahhh angka yang fantastis 45 milyar  lebih dalam sebulan,  pendapatan yang luar biasa yang didapat dari kesalahan ketik pelanggannya. Pelanggan operator seluler merupakan suumber pendapatan dari perusahaan operator seluler seperti XL Axiata, seharusnya pelanggan itu dilindungi dan dilayani dengan baik, bukan di "poroti " seperti yang terjadi saat ini, apalagi XL merupakan brand milik perusahaan asing yang numpang cari makan di negeri kita indonesia. harusnya lebih sopan dan mawas diri kepada pelanggannya. Seperti halnya kaidah jual beli yang diajarkan oleh tuntunan agama (islam), Penjual harus menjelaskan secara rinci tentang barang yang dijualnya, baik kelebihan maupun kekurangannya. sehingga pembeli tidak merasa dibohongi atau dirugikan. dan seharunya hal ini juga berlaku bagi Operator seluler dan para pelanggannya, khususnya XL Axiata, yang disini XL sebagai penjual jasa layanan dan Pelanggan sebagai pembeli. seharusnya XL menjelaskan secara rinci terhadap layanan yang di tawarkan/dijual kepada para pelanggan dengan rinci dan detail, sehingga pelanggan tidak merasa dirugikan atau dibohongi. Apalagi XL Axiata berasal dari perusahaan Axiata yang berada di negeri Jiran Malaysia yang terkenal dengan aturan islami. walaupun menganut sistem hukum federal, namun negara malaysia memiliki pengadilan syariah . Oleh karena itu, saya sebagai pelanggan pemakai jasa operator seluler menghimbau kepada operator seluler khusnya XL Axiata, agar merubah sistem promosi layanannya baik konten maupun layanan lainnya dengan lebih bijak dan transparan sehingga tidak merugikan pelanggan.  dan kepada lembaga pemerintah seprti BRTI agar membuat regulasi dan aturan tentang penerapan layanan konten seluler dan melakukan monitor secara berkala agar para operator seluler yang nakal bisa segera dilakukan penindakan, jangan sampai menunggu pengaduan dari masyarakat  baru dilakukan penindakan. Kepada para pembaca, saya menghimbau harap berhati hati dalam melakukan registrasi layanan atau mengakses cek pulsa, jangan sampai terjebak seperti yang dialami oleh saya. baca dan cermati dulu layanan tersebut apakah bermanfaat atau tidak. Salam, Adhe Vendy Pelanggan setia XL Axiata (tulisan ini juga dimuat di blog pribadi saya: http://garviandi.blogspot.com)

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun