Mohon tunggu...
Ade Zaenudin
Ade Zaenudin Mohon Tunggu... Guru, Pegiat Literasi, Trainer

Tinggal di Jakarta, aktif di beberapa organisasi keguruan dan pegiat literasi di KALIMAT (Komunitas Penulis untuk Indonesia Bermartabat)

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Tolak Hoaks dengan Tabayun

25 Juli 2020   10:40 Diperbarui: 25 Juli 2020   17:49 193 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tolak Hoaks dengan Tabayun
Source: fjp-law.com

Oleh: Ade Zaenudin

Hoaks pernah dihembuskan 11 saudara Nabi Yusuf alaihissalam sesaat setelah beliau dimasukan ke dalam sumur. Atas dasar kebencian, mereka membuat skenario bahwa Nabi Yusuf telah dimakan serigala, mereka meyakinkan Nabi Yakub alaihissalam (ayah mereka) dengan barang bukti berupa baju yang sudah dilumuri darah.

Setelah dewasa, Nabi Yusuf alaihissalam masih saja terkena hoaks, bahkan lebih dahsyat. Ketampanannya membuat sang ratu Zulaikha terpikat, rayuan demi rayuan dilancarkan namun Nabi Yusuf tidak pernah termakan godaan. Sampai akhirnya hoaks ditebar bahwa Nabi Yusuf mencoba menodainya, padahal sebaliknya.

Kejam, begitulah hoaks.

Sampai saat ini, hoaks masih tetap saja merajalela. Akses informasi yang semakin terbuka mengakibatkan cepatnya berita sampai ke seluruh penjuru dunia, termasuk berita dusta.

Apa yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir konsumsi hoaks? TABAYUN salah satu strateginya.

Secara etimologi, Tabayun atau Tabayyun adalah bahasa arab yang berarti meneliti terlebih dahulu berita yang didapat. Strategi ini ditawarkan al-Quran Surat Al-Hujurat ayat 6 yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu".

Dalam hal ini penulis mencoba mengakrostik  T-A-B-A-Y-U-N sebagai strategi menghindari hoaks.

1. Tanggal Informasi

Saat menerima berita lakukan cek waktu terlebih dahulu, baik waktu peristiwa maupun waktu upload atau posting. Di era informasi ini, kita dengan mudah mengecek informasi lewat internet, kita bisa mengetahui kapan berita itu diposting. Saat search di google saja, tanggal posting itu sudah muncul.

2. Asal Informasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x