Mohon tunggu...
Adellya Rizka
Adellya Rizka Mohon Tunggu... ig: adellyarzk

assalamualaikum gaiz

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

J'Rami Farm Peternakan Sapi Perah

23 Mei 2019   00:08 Diperbarui: 23 Mei 2019   00:17 0 0 0 Mohon Tunggu...

Indonesia ternyata memiliki peternakan sapi sekaligus produsen susu yang besar, salah satunya peternakan J'rami Farm pak Eki yang berada di Daerah Kebon Pedes kota Bogor, Jawa Barat. Jenis sapi yang ada disini yaitu Fries Holland yang jumlah nya sebanyak dua puluh lima ekor.

Untuk menghasilkan susu sapi terbaik, banyak hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah kebersihan kandang yang dilakukan sebanyak dua kali sehari. Setelah kandang dibersihkan, sapi - sapi diberikan ampas tahu dan konsentrat sebelum dilakukannya pemerahan susu, Konsentrat berfungsi sebagai pakan tambahan untuk melengkapi pakan dasar (pakan sumber serat/rumput) dan berfungsi sebagai sumber protein sumber energy,pakan pelengkap. Untuk berfungsi optimal konsentrat harus tersusun dari pakan sumber protein tinggi, pakan sumber energi tinggi serta pakan sumber vitamin dan mineral.

Pemberian ampas tahu dan konsentrat tersebut dilakukan sebanyak dua kali sehari guna meningkatkan produksi dan kualitas susu yang akan dihasilkan. Pemerahan susu dilakukan dengan cara membersihkan putting susu dengan air lalu mengoleskan tangan dengan minyak guna melancarkan proses pemerahan susu sapi. Setelah semua proses pemerahan susu sapi selesai, tahap terakhir yaitu memasukan susu sapi ke mesin pasteurisasi yang digunakan untuk mensterilkan produk dan bakteri.