Mohon tunggu...
Ade Liyana
Ade Liyana Mohon Tunggu... -

ordinary person with extraordinary life :)

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Page Break yang Sempat Membuat Break and Down

14 September 2013   07:32 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:55 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1379118620743501247

Jurnal 4 Setelah 2 hari drop dan tidak login ke web ETraining, tampilan baru yang muncul di beranda Angkatan 2 adalah Geogebra dan Ms. Offiice. Yak.. apalagi yang akan muncul di Ms. Word dan Powerpoint? Dan jreng..jreng..jreng.. materi Ms Word yang disajikan dalam modul membuat saya amazing. Oh.. ternyata dalam menulis persamaan matematika pun ternyata ada aturan bakunya toh..ckckckck.. kudet (baca:kurang update) sekali saya ini. Kekudetan makin bertambah ketika membaca tugas membuat naskah KTI dengan menuliskan ulang apa yang tercantum di screenshoot, wow.. ternyata bisa ya otomatis membuat tulisan seperti itu? Dan ketika mencoba membuat tugas menuliskan naskah, banyak sekali hambatan yang saya dapatkan. Dari mulai penulisan sitasi yang aneh apabila ada dua buku sumber yang digunakan dengan satu penulis yang sama, pembuatan page break untuk penomoran halaman yang berbeda dan pembuatan daftar isi yang tak kunjung berhasil karena salah memblock heading 1 dan heading 2 secara bersamaan. Hal itu sempat membuat saya stres karena deadline pengumpulan tugas menjelang batas akhir. Huft.. sepertinya saya harus menunda sejenak pengerjaan tugas dan membaca kembali modul serta video tutorialnya. And it did work, ternyata sedikit merefresh otak dengan beristirahat dan membaca dengan seksama modul yang diberikan serta mengikuti petunjuk video tutorial benar-benar membantu. Alhamdulillah, tugas naskah KTI pun selesai tepat waktu. Ternyata, kendala yang pernah saya temui saat menulis skripsi baru terpecahkan 5 tahun kemudian. Konyol sekali membayangkan apa yang saya lakukan dulu untuk membuat penomoran yang berbeda dengan memisahkan file dan juga ketika menuliskan daftar isi, sitasi serta daftar pustaka yang semuanya masih saya lakukan secara manual. Ya sudahlah,,ini adalah bagian dari proses belajar, dan mungkin lebih banyak lagi hal yang tidak saya ketahui tentang fungsi tools dalam Ms Word. Selain Ms Word, Powerpoint pun termasuk kedalam pembahasan materi Ms Office. Over all, tidak terlalu mengalami hambatan yang berarti, hanya saja ide saya untuk membuat slide Transformasi Geometri dalam satu file yang sama belum tersalurkan. Cukup bingung untuk membuat slide materi Translasi yang interaktif. Dan akhirnya, pada bagian ini saya hanya mampu membuat yang sesuai dengan apa yang ditugaskan saja, belum dapat mengekspresikan ide yang ada dikepala saya. Ya,, tidak dapat dipungkiri karena tertinggal beberapa tugas maka saya harus bekerja efektif dan efisien untuk dapat menyelesaikan semuanya..termasuk menulis jurnal yang menjadi salah satu tugas akhir diklat ini. Mudah-mudahan semua latihan dan tugas tidak hanya dapat terselesaikan tepat waktu, tapi juga dapat terus saya aplikasikan untuk selanjutnya setelah Diklat Online ini berakhir. Amin.


Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun