Mohon tunggu...
ADE SURIYANIE
ADE SURIYANIE Mohon Tunggu... Guru - Guru

Senang belajar tentang kepenulisan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Penggunaan Air Minum Kemasan dan Permasalahannya

25 September 2022   23:06 Diperbarui: 25 September 2022   23:13 433 10 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Apa yang terlintas saat melihat air minum dalam sebuah kemasan baik berupa gelas plastik dan botol plastik dengan beberapa ukuran mili liter?

Pasti yang dilihat air kemasan itu dikeluarkan oleh sebuah Pabrik tertentu yang sudah memiliki brand merk dagang atau setidaknya dari botol wadah kemasannya. memang awalnya ide kreatif pemakaian air dalam bentuk kemasan itu berasal dari seseorang di luar negeri sana yang pada waktu itu sedang melakukan sebuah perjalanan. Hingga terbersit dipikirannya untuk membuat air minum dalam bentuk kemasan. 

Ide itu lalu disampaikan pada sebuah perusahaan untuk membuat penampilan baru air dalam sebuah kemasan. Waktu itu kemasan yang digunakan adalah terbuat dari bahan kaca dan berbentuk botol. Tentu saja inovasi penemuan produk air kemasan ini menjadi tren seketika. Menyebar bak virus dunia dari negara miskin hingga negara kaya. 

Produsen air kemasan menguasai beberapa mata air yang dianggap layak untuk memproduksi air kemasan tersebut. Tidak sembarang air boleh dijadikan sebagai minuman kemasan. Perlu adanya uji kelayakan melalui beberapa hasil riset di laboratorium hingga perjalanan air dari mata air hingga di proses menjadi air kemasan. 

Persisnya air kemasan masuk ke Indonesia sejak sebuah Perusahaan Terkenal menguasai pasar lokal. Lalu, perusahaan itu berbaik hati dengan berbagi pada pengusaha lokal yang ingin membuat produk yang sama, tetapi tentunya dari cara pengolahannya berbeda. 

Persaingan dagang dari beberapa perusahaan sejenis mulai ramai mempromosikan hasil dagangannya. Ada juga perusahaan air kemasan yang tidak memiliki modal untuk melakukan promosi pada produk yang dijualnya. Mereka mengandalkan kepercayaan masyarakat pada produk daganngannya.

Ada sekadar panduan dari pengalaman pribadi pada saat ingin membeli produk minuman kemasan :

1. Pastikan produk nya memiliki standar SNI.

2. Lihat kemasannya apakah menggunakan kemasan yang kuat atau mudah bocor.

3. Lihat warna airnya karena air kemasan dalam jangka waktu tertentu akan mengalami perubahan warna atau rasa jika terpapar langsung dengan matahari.

4. Cara penyimpanannya higienis tidak asal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan