Mohon tunggu...
Doktor Mengabdi
Doktor Mengabdi Mohon Tunggu... Doktor Ekotosikologi dan Bioteknologi Lingkungan

Pengabdian kepada Masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Menghidupkan Kampung Gerabah Penanggungan

29 Oktober 2018   06:03 Diperbarui: 29 Oktober 2018   06:36 561 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menghidupkan Kampung Gerabah Penanggungan
Nongkrong Bareng Arsitek dari Galeri Kampung Gerabah (koleksi pribadi)

Belum optimalnya upaya dalam mengenalkan kampung gerabah di kelurahan penanggungan merupakan suatu pekerjaan rumah yang masih menjadi permasalahan yang membutuhkan solusi dalam mengatasinya. Kelurahan penanggungan sendiri belum secara maksimal dapat mengembangkan sendiri, mau dibawa kemana potensi kampung gerabah yang ada. Hadirnya UB sebagai akademisi mampu memberikan angin segar untuk menatap arah pengembangan kampung gerabah. Agung Murti, Ph.D sebagai ketua pelaksana porgram doktor mengabdi dari LPPM UB bersama tim pelaksana lainnya mencoba untuk meramu dan mendesain beberapa bagian dan area yang ada di kelurahan penanggungan khususnya di RW 6 gang 17 dan 19 serta ruang gelarei kampung gerabah sebagai titik sentral dalam pengenalan sejarah industri gerabah di penanggungan.

(koleksi pribadi)
(koleksi pribadi)
(koleksi pribadi)
(koleksi pribadi)
Beberapa waktu yang lalu tim melakukan survey ke lokasi-lokasi yang dianggap bisa dijadikan sebagai titik sentral tersebut untuk mendapatkan gambaran secara umum sebelum mendesain secara detail. Hal ini dilakukan oleh tim secara bersama-sama dalam mencari sudut-sudut pengembangan kampung gerabah. Dengan mengusung tema "Mengenalkan Sejarah Gerabah Penanggungan" menjadi titik utama desain kampung gerabah. Dibantu oleh beberapa mahasiswa Vokasi dan Arsitek UB, tim berkoordinasi dengan mendesain galeri kampung gerabah yang ada di kantor kelurahan Penanggungan.

(koleksi pribadi)
(koleksi pribadi)
(koleksi pribadi)
(koleksi pribadi)
(koleksi pribadi)
(koleksi pribadi)
Tampilan desain yang lebih didomisai nilai seni (art) dan filosofi dari gerabah menjadi fokus utama dan sejarah gerabah di penanggungan menjadi fokus khusus. Dari desain tersebut, tim mencoba untuk mewujudkan dalam bentuk nyata dengan menghitung rincian anggaran yang diperlukan. Harapannya adalah akan ada partisipasi dari masyarakat, pemerintah dan pihak swasta (CSR) yang ikut mewujudkan pengembangan galeri kampung gerabah tersebut. Galeri ini diharapkan akan menjadi sebuah market khusus yang merupakan galeri workshop bagi pengerajin gerabah di penanggungan. Sehingga tamu siapapun yang berkunjung ke penanggungan akan dengan mudah mendapatkan jenis produk dan motif gerabah apa saja yang diproduksi di Kampung Gerabah Penanggungan.

(koleksi pribadi)
(koleksi pribadi)
Tidak luput juga tamu dari tim monitoring evaluasi (MONEV) kegiatan LPPM UB "Sugiono, ST., MT., Ph.D", beliau ikut merasakan adanya perkemangan yang signifikan dari kegiatan doktor mengabdi yang dilakukan tim. "Desain interior yang ditampilkan menunjukkan seni gerabah dari tahun ke tahun. Walaupun masih perlu pengembangan yang lebih untuk tahun kedepannya, karena masih banyak PR yang belum terselesaikan. Ini merupakan awal dari hidupnya kampung gerabah penanggungan", ungkap beliau.

(koleksi pribadi)
(koleksi pribadi)
Untuk pekerjaan selanjutnya membangunkan rasa cinta terhadap kampung gerabah bagi pemuda kelurahan penanggungan yang menjadi PR terberat. Namun akan menjadi ringan jika dikerjakan bersama. Partisipasi masyakarat merupakan kunci utama dalam keberhasilan untuk meghidupkan kampung gerabah penanggungan terutama pemuda sebagai generasi penerus. Untuk itu menggandeng karang taruna merupakan langkah tepat dalam mengembangkan kampung gerabah.

VIDEO PILIHAN