Mohon tunggu...
Ahmad AdabiySaputra
Ahmad AdabiySaputra Mohon Tunggu... 💞yang baca dalem ati bahagia terus yaa

📍Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ✍️20107030105

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kesehatan Perempuan Memengaruhi Setiap Aspek Kehidupannya

18 April 2021   02:14 Diperbarui: 20 April 2021   13:24 91 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kesehatan Perempuan Memengaruhi Setiap Aspek Kehidupannya
Ilustrasi ibu dan anak perempuan.| Sumber: freepik.com

Kesehatan seseorang tidak hanya ditandai dengan tidak adanya penyakit dalam tubuhnya tetapi lebih mengarah pada keseimbangan kesehatan fisik/badan dan mental/jiwa. 

Atau bisa kita simpulkan bahwa kesehatan seseorang tidak hanya dilihat secara fisiknya tetapi ada banyak faktor lain dari dalam seperti contoh paling gampang adalah mental. 

Ketika seorang perempuan sehat, secara otomatis ia akan memiliki semangat dan mempunyai kekuatan untuk mengerjakan aktivitas sehari-hari. Selain itu ketika perempuan sehat, ia sanggup untuk memenuhi perannya dalam keluarga dan masyarakat, dan dapat menjalin hubungan baik dengan orang lain. Dengan kata lain, kesehatan perempuan mempengaruhi setiap aspek kehidupannya.

Selama beberapa tahun, kesehatan perempuan kurang diperhatikan dan menjadi PR yang harus dipikirkan oleh pemerintah kita. Hal tersebut dapat dilihat dan dibandingkan dengan pelayanan kesehatan pada ibu, seperti perawatan selama kehamilan dan persalinan. 

Pelayanan ini penting tetapi hanya mengacu pada pelayanan seorang perempuan ketika dia menjadi seorang ibu.

Sudah sejak lama masalah kesehatan menjadi isu penting yang masih terus dibicarakan sampai sekarang. Meski begitu, tidak semua keluhan terkait kesehatan yang dialami oleh pria dan wanita selalu sama. 

Perbedaan bentuk dan anatomi tubuh menjadi salah satu faktor khusus yang harus diperhatikan sebelum menilai adanya masalah kesehatan wanita dan pria.

Bahkan, walaupun kadang ada beberapa penyakit dengan gejala yang serupa, tapi proses perawatan dan efek samping yang ditimbulkan bagi wanita pun mungkin saja berbeda, mengenai beberapa pandangan berbeda tentang kesehatan perempuan.

Pertama, kita mengetahui bahwa setiap perempuan memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan selama hidupnya. Pelayanan kesehatan perempuan seharusnya dapat membantu seorang perempuan di setiap aspek kehidupannya, tidak hanya peran sebagai istri dan ibu. 

Kedua, kita mengetahui bahwa kesehatan perempuan tidak hanya dipengaruhi oleh tubuhnya sendiri tetapi juga dipengaruhi oleh sosial, budaya, dan kondisi ekonomi selama hidupnya.

Walaupun kesehatan laki-laki juga dipengaruhi oleh faktor-faktor di atas, perempuan sebagai suatu kelompok diperlakukan berbeda dibandingkan dengan laki-laki. Mereka terkadang memiliki kekuatan yang lebih lemah dan lebih rendah statusnya di keluarga dan masyarakat. Ketidaksetaraan ini menjelaskan bahwa:

  1. Banyak perempuan menderita kemiskinan
  2. Banyak perempuan berpendidikan rendah
  3. Banyak perempuan kurang memiliki kesempatan untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN