Mohon tunggu...
Aditya Dwiki
Aditya Dwiki Mohon Tunggu... Pribadi

Superman

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mentradisikan Bela Negara

20 Mei 2019   14:23 Diperbarui: 20 Mei 2019   14:51 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kalau Indonesia runtuh, maka yang rugi adalah penerus generasi bangsa. Mereka -generasi penerus Indonesia- tak pernah merasakan betapa sempurnanya negeri ini di mata dunia.

Siasat agar Indonesia terus bertahan, bahkan semakin bangkit sebagai bangsa disegani dengan semangat bela negara. Itu mutlak.

Bukan kita harus siap bertempur atau ancang-ancang bakal diserbu musuh maka bela negara. Pemahamannya adalah menjaga kekayaan dan keberagaman Indonesia.

Menyadari bahwa persatuan nasional itu penting adalah bela negara. Tidak menonjolkan kepentingan sepihak. Merasa bersaudara dengan semua masyarakat di Tanah Air demi menegakan pertahanan yang berdaulat.

Bela negara membentuk prinsip bahwa apapun yang terkandung di Indonesia adalah milik bersama dan digunakan untuk kebaikan semua masyarakat. Hal itu yang perlu 'ditanam' pada pikiran dan semangat kita sebagai masyarakat.

Dengan kesadaran bela negara, tak ada celah menjadikan Indonesia terpuruk. Malah semakin bangkit, kuat. Manusia Indonesia akan mencintai Indonesia secara tulus.

Sebab merasa memiliki Indonesia. Bangga dengan kekayaan alam dan kemajemukan sosial sehingga spontan ingin merawatnya. Bahkan terus dirajut.

Bela negara mengajak kita semua memahami Indonesia. Bagaimana cita-cita pendiri Indonesia untuk kelangsungan masa depan Nusantara.

Tak perlu repot bersikap bela negara. Cukup dengan mempertahankan Pancasila dan maknanya, saling toleransi, menghargai, tak memaksakan ego, menjaga nilai luhur konstitusi bernegara. Maka Indonesia jadi terbaik.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x