Mohon tunggu...
Achmed Hibatillah
Achmed Hibatillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Brawijaya

Mahasiswa yang konsisten berjuang untuk transformasi sosial demi terciptanya masyarakat egaliter.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tragedi Kapal Selam Titan: Ketidakadilan Media dalam Menyoroti Suatu Tragedi

24 Juni 2023   12:13 Diperbarui: 24 Juni 2023   13:06 336
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Selama seminggu terakhir, dunia disuguhi pertunjukan teater yang mengerikan: sebuah operasi internasional bernilai jutaan dolar untuk menyelamatkan nyawa lima awak kapal selam Titan, yang — seperti yang sekarang diketahui — hampir pasti sudah meninggal sejak awal. Hidup itu suci: siapa yang tidak mau berkorban sedikitpun untuk menyelamatkan satu jiwa? Tetapi jika semua kehidupan memang suci, maka mengapa beberapa kehidupan lebih suci daripada yang lain?

Lima orang, termasuk miliarder Inggris Hamish Harding, serta seorang miliarder Inggris-Pakistan dan putranya, secara sukarela membayar $250.000 masing-masing untuk turun ke kedalaman 3,5km di bawah Samudra Atlantik dengan menggunakan kapal selam yang belum diuji keberhasilannya, menuju lokasi reruntuhan Titanic. Tak lama setelah mulai turun, komunikasi dan pelacakan kapal selam tiba-tiba terputus, tepat pada saat yang sama ketika Angkatan Laut Amerika Serikat mendeteksi suara ledakan keras.

Sudah jelas apa yang terjadi. Kapal selam itu mengalami implosi yang fatal. Kelima penumpangnya sudah meninggal. Informasi ini tidak diberikan kepada kita sampai empat hari kemudian, sebuah informasi yang pasti akan meredam pertunjukan media.

Media tidak bisa menerima realita bahwa orang-orang terkemuka seperti mereka harus menderita nasib yang begitu kejam.Mereka berspekulasi siang dan malam mengenai suara yang terdengar di dasar laut, kapasitas oksigen di dalam kapal, mereka menghitung mundur jam dan menggambarkan tahapan asfiksia, hipotermia, dan koma yang mungkin dialami oleh penumpang kapal selam. Reporter BBC berbicara dengan penuh semangat tentang "kabut berkabung" yang menyelimuti Cape Cod tempat mereka melaporkan. Pemerintah, otoritas, dan media semua berduka untuk para petualang kaya dan keluarga mereka, dan tidak ada yang akan berhenti sampai para pria yang hilang itu dikembalikan.

Pemerintah, Angkatan Laut, Penjaga Pantai, dan perusahaan swasta membentuk misi penyelamatan bersama. Dibentuklah Unified Command yang melibatkan Penjaga Pantai Amerika Serikat, Angkatan Laut Amerika Serikat, dan Penjaga Pantai Kanada. Banyak ahli maritim dan bawah air dikumpulkan. Teknologi mutakhir termasuk sejumlah pelampung sonar dikerahkan. Armada besar kapal dan pesawat didedikasikan untuk misi ini: 3 kapal Penjaga Pantai Kanada, 1 kapal pertahanan Angkatan Laut Kanada, 2 kapal penelitian, 2 kapal komersial, 6 pesawat militer Amerika Serikat, 2 pesawat militer Kanada, dan banyak Remote Operated Vehicles (ROV) canggih.

Dan empat hari kemudian, lapangan puing-puing ditemukan persis seperti yang diharapkan: beberapa ratus meter dari lokasi terakhir kapal selam.


Beginilah seberapa berharganya sebuah nyawa jika Anda adalah salah satu orang terkaya di dunia. Bahkan ketika mereka hampir pasti yakin Anda sudah meninggal, tidak ada yang namanya pengorbanan yang sangat berat untuk menyelamatkan nyawa Anda.

Seberapa Berharga Nyawa Orang Miskin?

Nama-nama dan biografi kru Titan telah banyak dibahas, sehingga hampir tidak perlu diingatkan lagi. Mereka sekarang menjadi nama yang dikenal oleh banyak orang: miliarder Inggris Hamish Harding; CEO OceanGate, Stockton Rush; penjelajah laut dalam Paul-Henri Nargeolet; dan pewaris salah satu kekayaan terbesar Pakistan, Shahzada Dawood, beserta putranya Suleman Dawood. 

Namun, yang tidak disoroti media, hanya satu minggu sebelum submersible ini hilang, 300 warga Pakistan lainnya hilang akibat terkurung di dalam kapal penangkap ikan dan tenggelam bersama ratusan orang lainnya di Laut Tengah.

Bukan untuk kesenangan mereka, jiwa-jiwa malang ini naik ke kapal yang tidak layak untuk m. elakukan pelayaran. Mereka melakukannya karena keputusasaan. Kebanyakan dari mereka yang berasal dari Pakistan berasal dari wilayah pedesaan Punjab atau Azad Kashmir. Mereka yang mengenalnya dengan baik menggambarkan Kashmir sebagai surga alami: pegunungan bersalju putih, lembah hijau yang dalam dan subur, dan danau-danau indahnya. Apa yang membuat seseorang melarikan diri dari surga itu? Kemiskinan dan kelaparan.

Tidak satu pun nama atau detail biografi muncul di media internasional. Apakah nyawa mereka tidak seberharga nyawa Hamish Harding atau Shahzada Dawood? Tampaknya tidak.

Pada tanggal 10 Juni, sebuah kapal yang menuju ke Italia berangkat dari Libya dengan 800 laki-laki, perempuan, dan anak-anak di atasnya. Namun pada pukul 11 pagi tanggal 13 Juni, ketika melintasi pantai Yunani, permohonan pertolongan dikirimkan oleh kapal tersebut.

Dan apa responsnya? Berapa harganya nyawa mereka?

Apakah Penjaga Pantai Yunani dan Italia, dengan bergabungnya Angkatan Laut Eropa, membentuk Unified Command untuk membantu mereka? Apakah media mengangkat suara protes untuk jiwa-jiwa malang ini? Apakah ada puluhan pesawat dan kapal yang dikerahkan?

Dalam 11 jam pertama setelah meminta bantuan, tidak ada tindakan yang diambil.

Akhirnya, pada pukul 10 malam, sebuah kapal Penjaga Pantai Yunani datang ke lokasi, akhirnya. Pada saat itu, 6 dari mereka yang berada di kapal penangkap ikan tersebut meninggal karena kekurangan air. Dan apa yang mereka lakukan ketika tiba? Apakah mereka dilengkapi dengan peralatan medis canggih, seperti yang ada di kapal HMCS Glace Bay Angkatan Laut Kanada, yang dikerahkan untuk kemungkinan awak Titan diselamatkan?

Tidak. Tujuan kehadiran mereka jauh lebih sinis. Menurut laporan mereka sendiri — yang sekarang terbukti penuh dengan kebohongan — mereka "diam-diam mengamati" kapal yang berjuang dari jauh. Jika kita percaya kesaksian para korban yang selamat daripada kesaksian Penjaga Pantai Yunani — dan kita tentu cenderung percaya kepada mereka — tampaknya Penjaga Pantai Yunani mencegat kapal tersebut, bukan untuk menyelamatkan nyawa, tetapi untuk mendorongnya dengan kekerasan kembali ke perairan Italia, untuk tak kembali ke daratan.

Namun, tindakan mereka kemungkinan menenggelamkan kapal tersebut, mengirim 700 nyawa ke kuburan gelap di dalam lautan, menjadikannya tidak menjadi masalah siapa pun. Atau lebih tepatnya, menjadi masalah kerabat yang berduka. Media mencatat insiden ini dalam catatan peristiwa hari itu dan memberikan reaksi acuh tak acuh.

Setiap kehidupan adalah suci. Tetapi tidak bagi kehidupan ini.

Mereka hanya "imigran", dan kita "tidak dapat mentolerir lebih banyak imigran," seperti yang dinyatakan oleh seorang anggota parlemen dari partai pemerintah Yunani, New Democracy, setelah peristiwa itu. Mereka adalah "invasi" untuk menggunakan retorika Menteri Dalam Negeri Britania Suella Braverman, dan mereka diperlakukan seperti penyerbu — termasuk ancaman oleh pemerintah Inggris untuk menggunakan kapal angkatan laut militer untuk mengusir mereka.

Setiap tahun, lebih dari 2.000 nyawa hilang di Laut Tengah — 25.000 sejak tahun 2014. Itu 17 kali jumlah nyawa yang hilang dalam bencana Titanic 100 tahun yang lalu dalam kurun waktu kurang dari satu dekade. Mungkin dalam beberapa dekade mendatang, kuburan mereka juga akan menjadi objek wisata bagi mereka yang mencari kesenangan dan kekayaan?

Inilah perbedaan nilai nyawa seorang kaya dan seorang miskin.

Untuk mengantisipasi keberatan bahwa kami tidak adil terhadap Penjaga Pantai Yunani dan politisi rasialis dari New Democracy, kami ingin menunjukkan bahwa kelas penguasa mereka di negara lain juga menganggap nyawa orang kaya tidak lebih suci, dan nyawa orang miskin tidak lebih berharga. Sebagai bukti, kami menyebut tragedi yang baru-baru ini terlupakan.

Emanuel Macron, presiden Prancis, tidak menyia-nyiakan waktu untuk secara pribadi memerintahkan kapal penelitian Prancis berukuran 279 kaki, L'Atalante, dilengkapi dengan Remotely Operated Vehicle (ROV) tercanggih yang mampu menyelam hingga kedalaman 20.000 kaki, untuk dikirim jauh ke Samudra Atlantik ketika ia mendengar tentang hilangnya Titan. Itulah sejauh apa yang bisa dia lakukan ketika hatinya tersentuh.

Namun ketika panggilan darurat diterima pada malam November yang dingin tahun 2021 dari sebuah perahu karet di Selat Inggris hanya 15 mil dari pantai Prancis, apa yang dilakukan oleh Penjaga Pantai Prancis? Mereka mengabaikannya. Lebih buruk lagi, mereka berbohong kepada penjaga pantai Inggris, memberi tahu mereka bahwa mereka tidak bisa mengirimkan kapal penyelamat ke area tersebut karena sedang terlibat dalam tugas "penting" lainnya. Padahal tidak demikian. Dan akhirnya, ketika sebuah kapal tanker menemukan perahu karet yang dalam kesulitan, mereka diberitahu untuk tidak campur tangan karena kapal penjaga pantai Prancis sedang dalam perjalanan. Padahal tidak.

27 nyawa hilang!

100 Tahun Setelah Titanic

Dalam menghormati orang yang meninggal, kami tidak ingin membuat banyak ironi tentang implikasi Titan yang menambahkan lima korban lagi ke dalam kuburan massal dari 1.500 penumpang yang tidak beruntung di Titanic. Namun, pantas untuk mengatakan beberapa kata tentang tenggelamnya Titanic dan cahaya yang diberikannya pada dunia saat ini.

Penumpang Titan telah diingatkan dengan cukup bahwa mereka memasuki perangkap maut — surat pernyataan untuk naik ke Titan mencantumkan kata "kematian" sebanyak tiga kali di halaman pertamanya. Sayangnya, lima penumpang tersebut menjadi korban langkah-langkah OceanGate untuk mengurangi biaya dan mencari keuntungan. Perusahaan ini menolak untuk mengirimkan kerangka karbon-serat-titanium eksperimental ke proses pengujian dan sertifikasi yang mahal. Dan memang, direktur operasi laut perusahaan itu sendiri, David Lochridge, kehilangan pekerjaannya karena menulis laporan pada tahun 2018 yang menekankan bahwa kapal selam tersebut berbahaya.

Penumpang Titanic, sebaliknya, diberitahu bahwa mereka naik ke kapal yang tidak bisa tenggelam. Cerita tentang Titanic, yang tenggelam 111 tahun yang lalu, menggabungkan dalam dirinya semua hipokrisi moral, semua kontras kepedulian terhadap orang kaya dan penghinaan terhadap nyawa orang miskin, yang kita lihat terbukti dalam banyak kasus di bawah kapitalisme saat ini.

Ceritanya sendiri sudah banyak diketahui. Pada tanggal 14 April 1912, Titanic menabrak gunung es dalam perjalanan Atlantik perdananya, tenggelam dan menenggelamkan 1.500 dari 2.200 penumpangnya.

Titanic dilengkapi untuk memenuhi selera penumpang terkaya: restoran à la carte, ruang tunggu yang besar, dan bahkan sebuah Tangga Besar yang terkenal.

Namun, juga ada penumpang Kelas Ketiga, banyak di antaranya adalah imigran Irlandia. Mereka ditempatkan di kompartemen khusus, di bawah dek, di belakang pintu jeruji agar tidak berinteraksi dengan penumpang Kelas Pertama — mereka dianggap sebagai pembawa penyakit. Ketika kapal mulai tenggelam, pintu-pintu itu tetap terkunci menurut beberapa saksi, sama seperti ratusan perempuan dan anak-anak Pakistan yang terkunci di ruang kargo trawler penangkap ikan pada perjalanan malang dari Libya ke Italia dua minggu yang lalu.

39 persen penumpang Kelas Pertama meninggal. 76 persen penumpang Kelas Ketiga kehilangan nyawa mereka, dan 98 persen penumpang laki-laki Kelas Ketiga meninggal. Dalam kata-kata salah satu yang selamat, Mary Davis Wilburn, "Para korban meningkat dengan memeluk anak-anak dalam pelukan mereka. Orang miskin tidak pernah punya kesempatan."

Ketika penumpang Kelas Ketiga didorong oleh pemilik Titanic ke ruang kargo kapal, apakah moralitas mereka lebih tinggi atau lebih rendah daripada para penyelundup manusia saat ini — penyelundup yang sekarang disalahkan oleh otoritas Eropa dan Yunani, yang berusaha mengalihkan perhatian dari darah yang ada di tangan mereka sendiri.

Fakta lain tentang Titanic, yang diketahui oleh siapa pun yang telah menonton film James Cameron tentang tenggelamnya kapal itu, adalah bahwa kapal itu tidak memiliki cukup sekoci untuk menyelamatkan 2.200 penumpangnya, sehingga meninggalkan ratusan penumpang yang sebagian besar lebih miskin untuk tenggelam.

Yang kurang diketahui adalah alasan di baliknya. Ini bukanlah langkah penghematan biaya semata, tetapi lebih sebagai sarana untuk menciptakan pemandangan yang indah bagi penumpang Kelas Pertama. Anda lihat, memiliki cukup sekoci untuk menyelamatkan semua penumpang akan menciptakan pemandangan yang tidak sedap dipandang di atas dek. Apakah ini tidak mengingatkan pada penggunaan lapisan cladding yang berbahaya dan mudah terbakar untuk menyembunyikan "pemandangan yang tidak sedap dipandang" yang dianggap oleh apartemen Grenfell dari penduduk Kensington lain yang lebih kaya di London? Lapisan cladding yang sama yang menyebabkan 74 nyawa hilang pada tahun 2017.

Horor Tanpa Akhir

Tragedi di Atlantik dan Laut Tengah adalah kisah horor yang mengguncangkan. Namun, hanya dalam salah satu dari kedua kasus tersebut, nyawa yang terlibat dianggap layak untuk diselamatkan oleh orang-orang terhormat dan berkuasa. Inilah "nilai-nilai" kelas penguasa kita. Mereka akan pergi ke ujung dunia atau ke dasar lautan untuk menyelamatkan sesama mereka. Tetapi buruh, orang miskin, dan terutama para migran dianggap sebagai gangguan: bahan mentah untuk dieksploitasi sebatas itu, dan dalam kasus terburuk, hanya sebagai populasi berlebih yang hampir tidak pantas untuk hidup.

Kelas penguasa "demokratis" dan "beradab" saat ini memiliki moralitas yang sama dengan leluhur mereka satu abad yang lalu yang membiarkan para imigran miskin dari Irlandia tenggelam di dasar Atlantik. Sedangkan Malthus dua abad yang lalu memuji manfaat sosial dari penyakit dan kelaparan, saat ini para politisi kita tercatat tertawa dan berpesta sepanjang malam, sementara kebijakan seperti "herd immunity", mereka membiarkan COVID-19 menyebar dengan cepat di masyarakat buruh.

Seperti inilah realitas orang-orang miskin!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun