Mohon tunggu...
Achmad Saefudin
Achmad Saefudin Mohon Tunggu... -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

"Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri" (QS. Al-Isra:7)

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Filosofi Air Doa/Rukyah

11 Oktober 2017   17:18 Diperbarui: 16 Oktober 2017   02:34 1674
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Air Bisa Menyampaikan Pesan

Sekitar tahun 1994 , anak bungsu saya yang baru berumur 8 tahun mengalami sakit hingga beberapa kali masuk rumah sakit. Perutnya terasa sakit yang amat sangat dan dia terus menerus muntah hingga semua isi perutnya terkuras habis, tidak ada lagi yang bisa dimuntahkan. Dokter yang merawat tidak bisa menjelaskan apa penyakit anak saya itu, setelah di endoscopy tidak ditemukan kelainan pada lambungnya. Setelah beberapa hari dirumah sakit anak saya boleh pulang kerumah. 

Namun belum seminggu penyakit nya kumat lagi hingga kembali dibawa kerumah sakit. Demikianlah hingga 3 kali anak saya keluar masuk rumah sakit, dokter tidak menemukan penyebab penyakit anak saya, sehingga pengobatannyapun tidak jelas. Akhirnya ada teman saya yang menasehatkan agar anak saya diberi minum air putih yang sudah dibacakan alfatihah dua kali sehari pada waktu pagi dan sore hari. Saya mengikuti nasehat tersebut, saya bacakan surat alfatihah kemudian saya tiupkan kegelas yang berisi air putih dan diminumkan pada anak saya. Alhamdulillah penyakitnya sembuh dan dia tidak perlu bulak balik kerumah sakit lagi. Sejak itu badannya yang semula kurus dan kecil tumbuh menjadi gemuk dan sehat.

=============================

Nabi Muhamnad SAW. jika merasakan sakit beliau meniupkan bacaan surat Al Ikhlas dan Mu'awwidzatain (Al Falaq dan An Naas) pada tangan beliau sebanyak 3 kali. Lalu mengusapkan kedua tangannya pada bagian tubuh yang mampu diusap sebelum tidur. Dimulai dari kepala, wajah, lalu ke dada. Sebagaimana hal ini dikabarkan oleh 'Aisyah radhiallahu'anha dalam hadits yang shahih.

Selain itu, Jibril pernah meruqyah beliau Shallallahu'alaihi Wasallam ketika beliau sakit, dengan menggunakan air yang dibacakan:

/bismillaah urqiika min kulli syai'in yu'dziika wa min syarri kulli nafsin aw 'ainin hasidin allaahu yasyfiika bismillaahi urqiika/

"Dengan nama Allah aku meruqyahmu, dari segala sesuatu yang mengganggumu, dan dari keburukan penyakit 'ain yang timbul dari pandangan mata orang yang dengki, semoga Allah menyembuhkanmu, Dengan nama Allah aku meruqyahmu"

sebanyak 3 kali. Ini adalah metode ruqyah yang disyariatkan dan ada manfaatnya.

Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam juga pernah membacakan (ayat Qur'an dan doa-doa yang ma'tsur, ed.) pada air untuk Tsabit bin Qais radhiallahu'anhu lalu memerintahkan ia untuk memercikkan air tersebut pada dirinya. Sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Daud dalam kitab Ath Thib dengan sanad yang hasan.

Dan contoh-contoh lain metode ruqyah yang dipraktekkan pada masa Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam. Diantaranya juga, Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam sering mendoakan orang yang sakit dengan doa:

/Allaahumma rabbannaas adz-hibil ba'sa wasyfi antasy syaafii laa syifaa-a illa syifaauka syifaa-an laa yughaadiru saqamaa/

"Ya Allah, Rabb bagi manusia. Hilangkanlah penyakit ini dan sembuhkanlah. Engkaulah yang Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan hanya dari-Mu. Berikanlah kesembuhan yang tidak meninggalkan sisa sedikit pun"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun