Mohon tunggu...
Achmad Ryyan Andifaprasta
Achmad Ryyan Andifaprasta Mohon Tunggu... Menulis apa saja

Baru saja lulus kuliah, dengan predikat 'biasa aja".

Selanjutnya

Tutup

Travel

Ranu Regulo: Ranu (Danau) yang Tak Kalah Indah dengan Ranu Kumbolo

5 Agustus 2019   17:10 Diperbarui: 5 Agustus 2019   17:22 430 1 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ranu Regulo: Ranu (Danau) yang Tak Kalah Indah dengan Ranu Kumbolo
infitri.blogspot.com

Buat kamu para pecinta traveling dan pemburu tempat-tempat indah di muka bumi, wajib mengunjungi tempat ini. Nama Ranu, seringkali kita dengar di tengah santernya pendakian menuju gunung Semeru, apa lagi nama Ranu Kumbolo. Bagi yang pernah nonton film 5 Cm, yang sempat booming tahun 2012 lalu, keindahan Ranu Kumbolo mungkin masih terbayang di benak kalian. Bahkan bagi yang belum kesana, mungkin sangat ingin pergi kesana.

Namun menuju Ranu Kumbolo bukanlah hal mudah. Kita dituntut untuk melakukan Trekking, sejauh kurang lebih 10 kilometer dengan medan naik turun bukit. Belum lagi perjalanan harus dipersiapkan dengan matang. Selain itu, perijinan yang harus dilakukan juga lumayan rumit, karena harus melakukan booking online dahulu di website Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), dengan persyaratan yang lumayan rumit seperti harus mengurus surat keterangan sehat.

Kalau kamu malas melakukan hal-hal di atas tapi kamu tetep ingin ngechill di pinggir danau indah, maka Ranu Regulo adalah salah satu alternative yang bisa kamu pilih. Lokaasinya sama-sama berada di kawasan TNBTS, namun tidak perlu jalan kaki yang jauh dan mengurus perijinan rumit. Kamu hanya perlu dating ke desa Ranu Pane, yang jarak tempuhnya sekitar 3 jam dari Kota Malang. Danau ini berada di sebelah Ranu (Danau) Pane.

Mungkin yang menjadi agak susah adalah menuju desa Ranu Pane, karena jalan yang menanjak dan sedikit berlubang. Kondisi kendaraan pribadimu harus prima jika ingin menuju ke sini. Ketika sampai di desa Ranu Pane, parkir kendaraanmu di sekitar kantor TNBTS Resort Ranu Pane. Kemudian kita hanya perlu berjalan kaki sejauh kurang lebih 200 meter untuk sampai di Ranu Regulo.

Hasil yang didapat tentu tidak mengecewakan. Kamu bakal menemui danau indah yang sepi dan asri. Dengan air yang jernih pula. Jika beruntung, aka nada kabut tipis yang menyelimuti permukaan danau, yang jelas membuat suasana semakin syahdu. Apalagi sambil minum teh hangat diiringi lagu-lagu Banda Neira. Nikmat sekali rasanya, bersama si dia apalagi.

Eits, tapi persiapkan dulu jika kamu ingin ngechill sambil dengerin lagu. Di daerah Ranu Regulo, sinyal lumayan susah. Jangan sampai niat chill mu bersama doi gagal gara-gara mau setel lagu tapi ternyata gak ada sinyal. Jadi kentang kan? Juga doi nanti jadi ngambek karena ga update story sama soi di momen apik. Di areal sekitar Ranu Pane dan Regulo hanya operator Smartfren yang punya sinyal. Saran saya pribadi, pakai Smartfren aja. Saya kalau ngechill disini, Cuma Smartfren yang bisa diandelin. Smartfren selalu jadi teman pintar teman cerdas saya ketika traveling.

Tertarik ke Ranu Regulo? Yuk, segera rencanakan. Segera bikin janji sama doi. Yakin deh, ini bakal menjadi momen tak terlupakan bersama doi di hidup kalian.

VIDEO PILIHAN