Mohon tunggu...
Achmad Ridwan Sholeh
Achmad Ridwan Sholeh Mohon Tunggu... Akuntan - Pegawai

Ayah dari Achmad Ibrahim

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pengalaman Operasi Caesar Menggunakan BPJS di RS Swasta

23 Maret 2020   18:55 Diperbarui: 9 April 2021   11:16 8709
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ibrahim, 5 menit pertama menyambut dunia (dokpri)

Ini pengalaman pribadi saya atas kelahiran putera pertama kami di tahun Januari 2018. 

Awalnya saya tidak ada niat untuk menggunakan jasa operasi caesar rumah sakit apalagi rumah sakit swasta, mengingat biaya akan membengkak terlebih saat itu saya sedang tidak memegang uang yang cukup untuk biaya kelahiran di rumah sakit. 

Saya berharap istri melahirkan dengan normal di bidan-bidan desa dengan estimasi biaya Rp. 1.000.000 sampai dengan Rp. 1.500.000. Tapi keadaan berkata lain pada saat kandungan sudah besar (sembilan bulan) bidan tempat istri rutin kontrol menyarankan agar dilakukan tindakan operasi caesar di rumah sakit. Hal ini dikarenakan janin dan sang ibu tidak mendukung untuk persalinan normal.

Opsi RSUD, khususnya di daerah saya ini merupakan pertimbangan yang agak sulit diterima, karena banyak rumor yang beredar tentang pelayanan yang kurang memuaskan. 

Pihak keluarga juga menyarankan untuk tidak kesana. Bukan maksud mendiskreditkan RSUD di tempat saya hanya karena rumor, tetapi keluarga kami menyarankan untuk menjadi opsi yang terakhir.

Akhirnya saya menuju Surabaya, kota besar di provinsi domisili saya saat ini. Setelah keliling kota mencari rumah sakit yang cocok, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan jasa rumah sakit milik Pelindo (salah satu BUMN), yakni RS PHC.

Selain peralatan yang memadai, konon menurut cerita-cerita dari pelanggan yang telah menggunakan jasa mereka untuk operasi Caesar merasa puas akan pelayanan dari rumah sakit. 

Selain pelayanan yang memuaskan jarak dari rumah saya tergolong dekat dibanding RS lainnya di kota Surabaya. Inilah beberapa pertimbangan saya menjadikan RS PHC sebagai tempat bersalin istri. 

RS PHC bila dikategorikan merupakan rumah sakit swasta. Bagaimana dengan Penggunaan biaya? Tentunya biayanya tidak sama dengan bidan desa. Perhitungan kotor atau estimasi yang saya terima dari pihak RS adalah berkisar 1000% lebih mahal, ya 10 kali lipat lebih mahal. Hal ini tentu berbeda dengan RSUD yang gratis total bila menggunakan BPJS Kesehatan.

Setelahnya saya bertanya perihal penggunaan BPJS di RS PHC. Pihak rumah sakit  menerima penggunaan BPJS, dalam kasus saya adalah untuk operasi Caesar atau bahkan persalinan normal.  

Penggunaan BPJS di RS PHC dibatasi dengan limit tertentu. Untuk persalinan dengan operasi Caesar, BPJS hanya menanggung sampai dengan Rp. 8.000.000 dan sisanya dibayar oleh pasien sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun