Mohon tunggu...
Achmad Irfan
Achmad Irfan Mohon Tunggu... Administrasi - KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam)

Saya Suka membaca dan menulis tentang sosial,politik, Hukum, Ekonomi, Budaya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

5 Kiat Menjadikan Museum sebagai Pusat Edukasi Sejarah dan Budaya

12 Oktober 2022   07:50 Diperbarui: 12 Oktober 2022   08:00 233
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampak Muka Museum Nasional, di kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat (Foto: Kompas.com)

Sejarah dan Budaya merupakan warisan leluhur yang tidak dapat kita tinggalkan begitu saja. Banyak hal yang kita dapat pelajari dari sejarah dan budaya seperti arca, prasasti, peralatan zaman prasejarah, sejarah uang, sejarah kereta, sejarah batik, sejarah tekstil, sejarah perjuangan kemerdekaan, dan masih banyak sejarah dan budaya lainnya yang dapat kita pelajari. 

Tepat pada hari ini, Rabu 12 Oktober 2022 sebagai hari  museum nasional. Museum Nasional  seperti yang dilansir dari situs Kemendikbud, bahwa museum nasional berawal dari Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) pada 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta, dihadiri oleh 40 orang termasuk unsur pimpinan, tokoh museum, pemerhati dan pecinta museum. 

Museum sebagai pusat edukasi sejarah dan budaya yang harus kita sosialisasikan kepada semua kalangan usia, dari anak-anak, remaja dan dewasa. Perkembangan teknologi seperti gadget merupakan salah satu faktor yang menyebabkan menurunnya minat ke museum. 

Padahal dengan berkunjungnya kita museum, kita dapat melihat langsung sejarah dan budaya Indonesia yang beraneka ragam. Berdasarkan informasi dari Kemendikbud  terdapat 436 museum di Indonesia

Berikut museum yang sering dikunjungi di Indonesia seperti Museum Angkut (Malang), Museum Nasional Indonesia (Jakarta), Museum Fatahillah (Jakarta), The Blanco Renaissance Museum (Bali), Museum Ullen Sentalu (Yogyakarta), Museum Siwalima (Ambon), Museum House of Sampoerna (Surabaya), Museum Rekor Indonesia (Semarang) dan masih banyak museum lainnya. Berikut 5 Kiat Menjadikan Museum sebagai pusat edukasi sejarah dan budaya:

1. Membuat Website Museum

Pengelola museum dianjurkan membuat website museum, ini penting karena pengunjung sebelum ke museum, sebagian besar melihat informasi museum di website.

2. Perawatan Koleksi Museum

Perawatan koleksi museum sangat penting, agar koleksi museum dapat terlihat indah dan terawat.

3. Kebersihan Museum

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun