Mohon tunggu...
Achmad Irfan
Achmad Irfan Mohon Tunggu... Administrasi - KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam)

Saya Suka membaca dan menulis tentang sosial,politik, Hukum, Ekonomi, Budaya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Memaknai Peristiwa G30S PKI untuk Kaum Mileneal

1 Oktober 2022   00:17 Diperbarui: 1 Oktober 2022   00:29 109 19 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur (Kompas.com)

Peristiwa G 30 S PKI tahun 1965, untuk sebagian besar orang pasti masih terngiang, pasalnya hampir setiap tahun sekali selalu ada penayangan pemutaran film G 30 S PKI. 

Kekejaman dan kebiadaban PKI dalam kasus  pembantaian  warga Jakarta,Solo, Yogyakarta, Madiun dan beberapa daerah lainnya. Berdasarkan informasi dari Komnas HAM jumlah korban akibat pembantaian PKI kisaran 500 ribu sampai 3 juta jiwa. 

Selain itu ada  tujuh Pahlawan Revolusi yang di siksa dan di buang ke lubang buaya yaitu Jenderal Ahmad Yani, Letjen Suprapto, Letjen S. Parman, Mayjen MT. Haryono, Mayjen DI. Panjaitan, Mayjen Sutoyo Siswomiharjo, Kapten Pierre Tendean . 

Bagaimana dengan Generasi Milineal yang lahir pada tahun 1981-1996, mungkin sekarang umurnya sekitar 26 sampai 41 tahun. Apa yang harus di lakukan generasi Milneal, yang notabenenya hampir semuanya sudah pernah menonton G30 S PKI?. Penulis mencoba memberikan 3 poin agar Generasi Milineal bisa lebih memaknai peristiwa G 30 S PKI yaitu:

1. Memutar kembali film penayangan Pemberontakan G 30 S PKI, minimal satu tahun sekali. Untuk mengingat kebiadaban PKI dan bahaya PKI

2. Mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari- hari, seperti saling tolong menolong, saling menghormati dan selalu menjaga sopan dan santun.

3. Membentengi diri dengan memperbanyak ibadah dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. 








Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan