Mohon tunggu...
Achmad Irfan
Achmad Irfan Mohon Tunggu... Administrasi - KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam)

Saya Suka membaca dan menulis tentang sosial,politik, Hukum, Ekonomi, Budaya

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

3 Kiat Berinvestasi Emas untuk Bekal Tabungan di Hari Tua

6 September 2022   20:01 Diperbarui: 6 September 2022   20:05 184 12 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Kompas.Com

Seiiring berjalannya waktu, Kebutuhan manusia pasti akan terus meningkat, ditambah lagi usia kita yang berjalan. Baik pekerja kantoran atau pengusaha sama-sama akan memasuki masa pensiun. Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi serta semakin banyak jenis investasi yang bisa kita ikuti seperti logam mulia, deposito, saham, reksadana, dan masih banyak lagi jenis investasi yang bisa kita pilih sesuai dengan minat dan kebutuhan kita. Emas termasuk dalam kategori logam mulia, merupakan jenis investasi jangka panjang yang menguntungkan. Memang harga emas bisa turun tapi itu saat periode tertentu saja, untuk jangka panjang logam mulia ini nilainya akan terus bertambah.

Menurut penulis ada 3 Kiat cara investasi Emas :

1. Sebelum membeli emas, kita niatkan dalam hati, sisihkan dana dalam beberapa periode bulan atau tahun sampai dana kita sudah cukup. Jika dana belum cukup kita juga bisa cicil emas, minimal kita sudah cukup untuk bayar dp emas.

2. Jika dana sudah cukup, kita bisa membeli emas sesuai dengan budget yang ada baik cash  maupun kredit. Bentuk logam mulia yang sering kita jumpai yaitu Emas Antam, yang berbagai macam ukuran mulai dari ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan yang paling berat hingga 1.000 gram atau 1 kilogram.

3. Jika kita butuh dana darurat, usahakan minimal logam mulia yang kita akan jual sudah berusia diatas 2 tahun, karena jika di bawah 2 tahun nilai jual logam mulia belum cukup besar. 

Jadi semakin lama usia logam mulia, maka nilai logam mulia akan semakin besar dan menguntunkan. Demikian kiat dari penulis semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan