Mohon tunggu...
Achmad Dhany Qurniawan
Achmad Dhany Qurniawan Mohon Tunggu... Civitas Akademika

Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Kekayaan Wisata di Indonesia

29 Oktober 2019   11:20 Diperbarui: 29 Oktober 2019   11:40 29 2 0 Mohon Tunggu...

Pariwisata merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stress dan rasa penat setelah melakukan pekerjaan atau kegiatan yang dirasa cukup melelahkan setiap harinya. Kegiatan pariwisata dapat diartikan sebagai kegiatan rekreasi atau liburan dan biasanya orang -- orang menyebutnya dengan refreshing. Pada umumnya kegiatan tersebut dilakukan dengan bepergian jauh ke daerah yang dirasa indah ataupun daerah yang dirasa memiliki nuansa mengasikkan atau menenangkan dan juga menghibur, sehingga dapat menghilangkan stress atau kepenatan yang dirasakan. Namun kegiatan wisata tidak selalu harus bepergian ke daerah atau tempat yang jauh. Di tempat yang dekat pun juga bisa menjadi destinasi wisata, asalkan orang yang berwisata tersebut menikmati perjalanannya.

Kegiatan wisata pada umumnya dilakukan secara bersama -- sama oleh beberapa orang, namun juga bisa dilakukan oleh satu orang sendirian jika ingin mencari ketenangan. Pada umumnya orang yang berwisata Banyak sekali agen tour dan travel yang kini menyebar di  setiap daerah di Indonesia. Adanya para agen tersebut dapat memudahkan masyarakat yang ingin melakukan kgiatan pariwisata. Tidak hanya destinasi wisata di Indonesia saja, namun juga banyak agen tour yang menyediakan destinasi luar negeri. Tarif yang ditawarkan juga bermacam -- macam tergantung pihak agen tour nya dan tergantung destinasi wisata yang ingin dituju.

Begitu banyaknya destinasi wisata yang ditawarkan terkadang membuat para wisatawan bingung ingin berwisata kemana. Ada orang yang berwisata ke luar negeri untuk mencari pengalaman atau mungkin karena gengsi, ada juga orang yang berwisata di dalam negeri karena ingin menikmati keindahan alam di Indonesia karena dekat dank arena harganya lebih murah jika dibandingkan berwisata ke luar negeri. Meskipun banyak destinasi wisata yang indah dan menakjubkan diluar negeri, namun juga kita tidak boleh memandang sebelah mata tentang destinasi wisata di Indonesia.

Indonesia berada diantara dua samudera dan dua benua, Indonesia juga berada di jalur khatulistiwa yang menyebabkan Indonesia memiliki keragaman kebudayaan dan keunikan satwanya, jadi tidak heran jika Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang dapat menarik minat para wisatawan baik domestic maupun mancanegara. Maka dari itu kita sebagai warga Indonesia baiknya mengunjungi destinasi wisata yang ada di Indonesia terlebih dahulu daripada destinasi yang ada luar negeri. Memang benar pergi berwisata ke luar negeri terkesan mewah dan dapat dibanggakan, namun alangkah baiknya jika kita lebih mengenal negara sendiri daripada negara orang.

Banyak destinasi wisata di Indonesia ini yang dapat dikunjungi melalui jalur darat, laut, maupun udara. Banyak juga destinasi wisata di Indonesia yang sudah terkenal hingga ke luar negeri danselalu ramai dikunjungi wisatawan baik domestic maupun mancanegara. Sebagai contoh destinasi wisata yang berada di Pulau Bali. Pulau Bali memang salah satu tempat yang ada di Indonesia yang selalu dipadati orang para wisatawan baik domestic maupun mancanegara. Bahkan Bali juga terkenal sebagai tempatnya para wisatawan asing Karena saking banyaknya wisatawan yang berkunjung ke tempat yang dijuluki Pulau Dewata ini. Tidak hanya berkunjung, namun juga tidak sedikit wisatawan asing yang memutuskan untuk menetap di Indonesia, tepatnya di Pulau Bali ini.

Namun tidak hanya Pulau Bali yang sering dikunjungi para wisatawan asing, juga masih banyak tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata dan juga ramai dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Sebagai contoh yaitu Candi Borobudur yang merupakan salah satu bentuk keajaiban dunia yang diakui oleh negara -- negara asing. Candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung baik domestic maupun mancanegara. Wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur ini selalu menyempatkan diri berfoto dengan background Candi Borobudur ini untuk dijadikan sebagai kenangan bahwa dia pernah mengunjungi tempat tersebut.

Selain kedua contoh destinasi wisata yang disebutkan diatas, masih banyak daerah yang memiliki tempat pariwisata yang juga tidak kalah dengan beberapa contoh diatas. Misalnya seperti kota asal saya yaitu Kota Lumajang. Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur yang juga memiliki beberapa tempat yang dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi pariwisata. Untuk menuju ke Kota Lumajang ini dapat diakses melalui jalur darat dan jalur laut, namun masih belum bias diakses melalui jalur udara karena masih belum adanya bandara di kota ini.

Lumajang memiliki beberapa tempat yang dapat dijadikan sebagai tujuan berwisata, seperti alun-alun, pemandian alam, air terjun, wisata perkebunan, pendakian gunung, dll. Cukup banyak wisata di Lumajang yang sudah terkenal hingga ke mancanegara, hingga banyak wisatawan asing yang datang untuk berkunjung dan menikmati pesona yang ada di Lumajang, sebut saja Gunung Semeru. Gunung Semeru merupakan salah satu Gunung tertinggi di Pulau Jawa. Meski demikian, tetap saja banyak wisatawan yang berkunjung dan ingin mendaki gunung tersebut. Bagi para pecinta alam ataupun pendaki, Gunung Semeru merupakan hal wajib yang harus dicoba dan didatangi. Di bawah puncak Gunung Semeru terdapat salah satu tempat yang dijuluki sebagai "Surganya Para Pendaki" yang merupakan tempat wajib yang harus dikunjungi bagi para pendaki sebelum mendaki ke punak gunung semeru. Tempat ini bernama Ranu Kumbolo.

Ranu Kumbolo merupakan salah satu ranu atau danau yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Indonesia. Tempat ini merupakan salah satu titik wajib yang harus dikunjungi oleh para pendaki Gunung Semeru. Ranu Kumbolo ini berada dalam ketinggian 2400m diatas permukaan laut, dan berada tepat di bawah Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Banyak pendaki yang datang untuk mendaki ke puncak Gunung Semeru atau bahkan hanya berniat untuk bermalam di Ranu Kumbolo. Ranu Kumbolo dijuluki "Surganya Para Pendaki' karena keindahannya yang sangat memanjakan mata, dan membuat diri ini semakin bersyukur dan takjub akan kebesaran Allah SWT. yang telah menciptakan tempat seindah itu dan masih bisa dirasakan keindahannya melalui cara pendakian.

Tidak hanya Gunung Semeru dan Ranu Kumbolo yang menjadi destinasi wisata di Lumajang, namun masih banyak lagi tempat wisata yang bias dijadikan destinasi wisata untuk liburan anda. Antara lain Gunung Bromo, Puncak B29, dan banyak air terjun yang terkenal seperti Air Terjun Tumpak Sewu (Tumpah 1000) yang saat ini mendapat predikat sebagai Air Terjun Terindah di Indonesia. Juga masih banyak air terjun dan tempat wisata lain yang ada di Lumajang. Dengan banyaknya tempat wisata alam di daerah asal saya sendiri membuat saya semakin bersyukur karena dilahirkan di sebuah kota kecil yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat beragam.

Selain beberapa contoh destinasi wisata yang disebutkan diatas, juga masih banyak destinasi wisata yang ada di Indonesia. Hampir setiap daerah pasti memiliki tempat yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata. Sebenarnya setiap daerah pasti memiliki tempat yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata, mengingat kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia. Tergantung dari pihak Indonesianya yang mau mengeksplor tempat -- tempat yang belum terjamah oleh manusia dan memiliki potensi sebagai tempat pariwisata, atau mungkin semakin mengembangkan sektor pariwisata sehingga bisa menarik perhatian wisatawan hingga mancanegara dan meningkatkan perekonomian daerah tempat pariwisata tersebut.

VIDEO PILIHAN