Mohon tunggu...
ACHMAD BACHTIAR SULTHON HUDA
ACHMAD BACHTIAR SULTHON HUDA Mohon Tunggu... Ilmuwan - MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA

MAHASISWA YANG BERGERAK DALAM SAINS DAN TEKNOLOGI UNTUK MENJADI AHLI BIOLOGIS FORENSIK DI MASA DEPAN

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Perbedaan dalam Rubik Penilaian : Strategi Penilaian yang Beragam di Tangan Tiap Asisten Dosen

22 Mei 2024   21:20 Diperbarui: 15 Juni 2024   13:13 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dalam praktikum, mahasiswa diberikan tugas-tugas yang dirancang untuk memperkuat pemahaman mereka tentang materi yang telah dipelajari dalam kuliah teoritis. Tugas-tugas ini bervariasi tergantung pada bidang studi dan tujuan praktikum tersebut. Beberapa tugas mungkin meliputi pengamatan, eksperimen, analisis data, penyusunan laporan, atau presentasi hasil. Melalui tugas-tugas ini, mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam situasi praktis, meningkatkan keterampilan praktis mereka, dan memperdalam pemahaman mereka tentang subjek tersebut. Selain itu, tugas praktikum juga sering kali dirancang untuk mengembangkan keterampilan kerja tim, kreativitas, dan pemecahan masalah mahasiswa. Dengan menyelesaikan tugas-tugas ini, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman langsung yang berharga yang akan membantu mereka dalam pengembangan karir mereka di masa depan.

            Peran seorang Asisten Dosen (Asdos) dalam praktikum memiliki dua dimensi penting : sebagai pembantu praktikan dan sebagai pemberi nilai. Sebagai pembantu praktikan, tugas Asdos meliputi memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswa praktikan dalam menjalankan percobaan atau tugas praktikum. Mereka harus mampu menjelaskan konsep-konsep yang kompleks dengan cara yang mudah dipahami, membantu dalam menyelesaikan masalah teknis, dan memastikan keselamatan selama praktikum berlangsung. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab dalam memfasilitasi diskusi, menjawab pertanyaan, dan memberikan dukungan yang diperlukan bagi perkembangan pemahaman mahasiswa.

Di sisi lain, sebagai pemberi nilai, Asdos memiliki tanggung jawab untuk mengevaluasi kinerja mahasiswa praktikan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Mereka harus dapat menyusun rubrik penilaian yang jelas dan adil, memantau kemajuan mahasiswa, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan memberikan penilaian yang akurat terhadap kualitas pekerjaan yang telah dilakukan. Selain itu, Asdos juga harus menjaga keadilan dan konsistensi dalam memberikan penilaian kepada semua mahasiswa praktikan.

Secara keseluruhan, tugas-tugas sebagai pembantu praktikan dan pemberi nilai memerlukan keterampilan komunikasi yang baik, pemahaman mendalam tentang materi praktikum, kemampuan dalam memberikan penilaian yang obyektif, serta kesabaran dan empati dalam membantu mahasiswa mencapai potensi mereka secara maksimal. Dengan memenuhi peran ganda ini dengan baik, Asdos berkontribusi secara signifikan dalam pengalaman belajar mahasiswa di lingkungan praktikum.

Rubrik penilaian yang diberikan oleh dosen kepada Asisten Dosen (Asdos) memegang peran kunci dalam menjaga kualitas dan konsistensi dalam penilaian mahasiswa. Namun, terkadang, implementasi rubrik ini belum terselaraskan dengan baik terhadap mahasiswa. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti pemahaman yang kurang jelas tentang kriteria penilaian, variasi interpretasi antara Asdos, atau adanya hubungan personal yang mengakibatkan pemberian nilai kepada mahasiswa berbeda.

Ketika rubrik penilaian belum terselurkan dengan baik kepada mahasiswa, hal ini dapat mengakibatkan kebingungan dan ketidakpastian dalam proses penilaian. Mahasiswa mungkin merasa sulit untuk mengetahui apa yang sebenarnya dinilai oleh Asdos dan bagaimana cara mereka dapat memperbaiki kinerja mereka berdasarkan umpan balik yang diberikan. Akibatnya, pengalaman belajar mahasiswa dapat terganggu, dan potensi mereka untuk berkembang mungkin tidak tercapai sepenuhnya.


Untuk mengatasi masalah ini, penting bagi dosen untuk berkomunikasi secara efektif dengan Asdos mengenai rubrik penilaian, memastikan bahwa mereka memahami dengan jelas kriteria yang telah ditetapkan. Selain itu, pelatihan dan dukungan tambahan dalam hal penilaian dan umpan balik dapat membantu Asdos dalam mengimplementasikan rubrik dengan lebih efektif. Dengan demikian, mahasiswa akan dapat memperoleh pandangan yang lebih jelas tentang harapan penilaian mereka dan dapat mengoptimalkan pengalaman belajar mereka di lingkungan praktikum.

STUDY KASUS

1.1 Pemberian nilai berbeda dari Asdos kepada mahasiswa yang sudah akrab

RUBIKS PENILAIAN YANG DI BERIKAN DOSEN SEBAGAI BERIKUT

Nilai Angka

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun