Mohon tunggu...
ariel natanael
ariel natanael Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai Perkenalkan saya Ariel Natanael hobi saya suka membaca dan membuat artikel/ jurnal mengenai teknik sipil, keuangan, film, dsb. Jika berminat berdiskusi bisa email arielnatanael66@gmail.com terima kasih :)

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Berapa Penilaian Kamu Untuk Pemerintahan Jokowi?

8 Mei 2024   09:34 Diperbarui: 8 Mei 2024   09:40 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ketika membicarakan tentang kinerja sebuah pemerintahan, penilaian tidaklah selalu hitam atau putih. Setiap periode kepemimpinan memiliki aspek positif dan negatif yang perlu dievaluasi secara obyektif. Pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi telah melalui dua periode kepemimpinan yang dinamis, penuh tantangan, namun juga diwarnai dengan berbagai keberhasilan yang patut diapresiasi.

Keberhasilan dalam Pembangunan Infrastruktur

Salah satu poin kuat pemerintahan Jokowi adalah komitmennya terhadap pembangunan infrastruktur. Program-program seperti pembangunan jalan tol, bandara, pelabuhan, dan proyek infrastruktur lainnya telah memberikan dampak positif terhadap konektivitas dan pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah.

Program Pembangunan Manusia

Selain infrastruktur fisik, pemerintahan Jokowi juga fokus pada pembangunan sumber daya manusia. Program-program seperti Kartu Prakerja, peningkatan akses pendidikan dan kesehatan, serta program perlindungan sosial telah memberikan manfaat langsung bagi masyarakat Indonesia.

Reformasi Birokrasi dan Investasi

Upaya reformasi birokrasi dan kemudahan berusaha juga menjadi sorotan positif. Langkah-langkah untuk menyederhanakan regulasi, mempercepat proses perizinan, dan meningkatkan iklim investasi di Indonesia telah mengundang minat investor dan menggerakkan roda ekonomi.

Tantangan yang Dihadapi

Namun demikian, pemerintahan Jokowi juga dihadapkan pada sejumlah tantangan. Misalnya, masalah ketimpangan ekonomi antarwilayah dan antarkelompok masih menjadi pekerjaan rumah yang perlu terus diperhatikan. Selain itu, isu lingkungan, perlindungan hak asasi manusia, dan penguatan demokrasi juga menjadi fokus yang tidak boleh diabaikan.

Kesimpulan: Evaluasi yang Seimbang

Dalam penilaian sebuah pemerintahan, penting untuk melihatnya secara holistik. Pemerintahan Jokowi memiliki catatan prestasi yang membanggakan, terutama dalam pembangunan infrastruktur, pembangunan manusia, dan reformasi birokrasi. Namun, tantangan yang ada juga harus diatasi secara bersama-sama untuk mencapai tujuan pembangunan yang inklusif, berkelanjutan, dan berkeadilan bagi semua lapisan masyarakat. Evaluasi yang seimbang dan kritik yang membangun merupakan bagian penting dari proses demokrasi yang sehat, sehingga pemerintahan kedepannya dapat semakin baik dalam melayani kepentingan rakyat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun