Mohon tunggu...
achmad sfachrezzy
achmad sfachrezzy Mohon Tunggu... Konsultan - Public Affair Associate Abang Express

Saya tertarik dalam bidang logistik, karena bidang ini sekarang menjadi salah satu sektor yang bisa menjadi trigger untuk pertumbuhan ekonomi secara nasional

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Saatnya Indonesia "Merajai" Pasar Ekspor untuk 3 Kategori Produk Unggulan Indonesia

23 September 2022   15:26 Diperbarui: 23 September 2022   15:48 47 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber photo  : suara surabaya 

 

Bicara soal ekspor adalah kita bicara soal bagaimana sebuah produk dalam negeri mampu di jual dengan value yang lebih tinggi di pasar ekspor. Dimana untuk value tersebut, biasanya memang di sesuaikan dengan keinginan dan permintaan dari pasar luar negeri serta kemampuan Indonesia dalam memenuhi permintaan produk dari pasar luar negeri tersebut. Itulah sebabnya, dengan melihat potensi yang bisa di lakukan Indonesia, sangat wajar jika pada akhirnya Indonesia bisa menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia. 

Ada banyak factor yang pada akhirnya menjadi satu trigger yang membuat Indonesia mampu menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia. 

Pertama sudah pasti dengan melihat besarnya SDA (Sumber Daya Alam) yang di miliki Indonesia. Sehingga Indonesia kaya akan beragam jenis produk yang berasal dari bahan baku sumber daya alam Indonesia. Kedua kondisi Indonesia yang memiliki beragam suku bangsa dan budaya. Pada akhirnya dari sanalah akan lahir produk-produk yang secara seni dan nilai budaya diminati oleh masyarakat luar negeri. 

Ketiga sudah pasti karena produk-produk ekspor yang saat ini menjadi unggulan Indonesia, mayoritas adalah produk yang di hasilkan bukan dari pabrik atau industry modern tetapi masih bersifat konvensional. Sehingga berdasarkan kondisi itulah harga produk ekspor Indonesia masih sangat bisa bersaing dengan produk luar negeri.

3 Kategori Produk  Unggulan Ekspor Indonesia Yang "Merajai" Pasar Luar Negeri

sumber photo ; Indotrading news
sumber photo ; Indotrading news

Berdasarkan kenyataan yang ada di lapangan dan menjelaskan produk apa saja yang menjadi unggulan produk ekspor Indonesia hingga tahun 2022. Secara spesifikasi produk kita bisa menjelaskannya berdasarkan 3 kategori produk yang di maksud:

  • Kategori Produk yang masuk dalam 10 Produk Utama Ekspor Indonesia.
  • Kenapa di sebut produk utama, karena memang hingga saat ini produk-produk inilah yang menjadi primadona atau produk unggulan yang merajai produk ekspor Indonesia. Sebanyak 10 produk dari begitu banyak produk ekspor unggulan yang berasal dari Indonesia adalah seperti berikut : Produk-produk seperti Udang, Kopi, Minyak Kelapa Sawit, Kakao, Karet & Produk Karet, TPT, Alas Kaki, Elektronika, Komponen Kendaraan Bermotor, Furniture.
  • Kategori Produk yang masuk dalam 10 Produk Potensial Indonesia
  • Disamping produk unggulan ekspor Indonesia, kita juga masih memiliki 10 produk unggulan yang akan bisa menjadi produk potensial yang bisa di kembangkan secara jangka Panjang. Dimana ke-10 produk yang masuk kategori produk potensial tersebut bisa di jelaskan seperti: Produk-produk seperti Kerajinan,Produk Perikanan, Obat-obatan Herbal, Produk Kulit, Makanan Kemasan, Perhiasan, Minyak Nabati, Rempah-rempah. Alat tulis non Kertas, Peralatan Medis.
  • Kategori Produk yang masuk dalam 3 Kategori Produk Jasa Utama Indonesia
  • Menariknya kategori yang ada dalam sector bisnis atau kategori produk jasa ini adalah produk-produk yang masuk dalam pengembangan industry atau ekonomi kreatif Indonesia. Jadi bisa di katakan bahwa kedepan ke-3 produk ini bisa menjadi produk unggulan atau produk potensial ekspor Indonesia. Diantara ke-3 jenis produk jasa itu adalah beragam jenis produk Teknologi Informasi : Jasa web Design, Animasi, Desain Grafis, MIS, dll), Produk yang masuk dalam kategori produk Jasa Tenaga Kerja terampil bidang: Pariwisata, Tradisional Spa, Cultural (franchise) dan yang terakhir adalah produk yang masuk dalam kategori Produk Desain seperti misalnya : Desain Kreatif, Seni, Arsitektur, Konstruksi, Desain Interior.

Kesemua produk tersebut memang menjadi satu peluang dan tantangan bagi Indonesia jika ingin bisa meraih peluang ekspor yang ada di depan mata kita. Kenapa, karena sekalipun  sudah ada di depan mata kita, pada saat kita tidak bisa mengoptimalkan potensi yang ada sudah pasti peluang tersebut akan terlewat begitu saja.

Lain hal-nya jika Indonesia melalui Pemerintah Pusat dan Kementerian terkait yang menaungi ke-3 kategori produk unggulan, produk potensial dan produk industry kreatif secara pasti dan berkelanjutan concern dalam pengembangan ke-3 kategori tersebut, Sehingga pasar ekspor dari ke-3 kategori produk tersebut akan semakin meningkat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan