Mohon tunggu...
Abu Tajir
Abu Tajir Mohon Tunggu... Bakul buku

Bakul buku yang hobi duit, nulis dan mengolah manusia

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Bangunlah Kepercayaan Dahulu Sebelum Berbisnis

22 Agustus 2019   19:33 Diperbarui: 22 Agustus 2019   19:37 27 1 1 Mohon Tunggu...

Reputasi dan kepercayaan itu ya, asas fundamental dari bisnis. Nah, di jaman media sosial (medsos) begini, jika anda mau jualan lewat medsos, jangan baru buat akun langsung jualan.

Ingat! anda belom dikenal orang, belom ada reputasi, belom ada orang yang memberi testimoni positif tentang anda. Yang ada, anda akan dianggap sebagai spammer jika posting barang terus.

Jadi baiknya, diawal bisnis anda, mulailah dengan membuat konten-konten yang bermanfaat, yang tentunya harus ada hubungan dengan barang atau jasa yang akan dijual.

Selain konten yang berguna, anda juga baiknya meriset secara singkat tipe calon konsumen anda. riset ini bisa dilakukan dari data yang didapat dari respon terhadap konten anda.

Oh ya, tiap media sosial itu ada gaya dan lingkup pemakai sendiri lho, jadi tidak bisa dipukul rata.

Facebook itu isinya kebanyakan orang diatas 20 tahun (per 2019), instagram isinya remaja dan dewasa tanggung, linkedin isinya profesional yang biasanya berusia diatas 20 tahun dan seterusnya.

Pembangunan reputasi bisa dimulai misalnya anda membuat ulasa, atau tutorial atau demonstrasi dari barang/jasa yang akan anda jual. Lakukanlah dalam rentang waktu 6-12 bulan. lakukanlah dengan konsisten dan buat postingan di waktu-waktu dimana banyak orang lagi online.

Dengan adanya reputasi, orang akan lebih mudah untuk membeli barang/jasa dari anda, apalagi kalo anda memang ahli di bidang usaha terkait. Di dunia bisnis yang penuh saingan dan berubah sangat cepat, keahlian saja tidak cukup, reputasi aja juga nggak cukup.
anda butuh keduanya!

Jadilah seorang ahli yang beneran ahli dan bereputasi bagus.

Semoga sukses.!

*tulisan ini diolah dari bacaan-bacaan dan pengalaman saya sendiri.

VIDEO PILIHAN