Mohon tunggu...
Abi NurHakim
Abi NurHakim Mohon Tunggu... belajar menulis

semangat menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Supporting Pemahaman Masyarakat oleh Mahasiswa KKN UNS Era Covid-19 sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid-19

7 Agustus 2020   20:27 Diperbarui: 7 Agustus 2020   20:34 69 0 0 Mohon Tunggu...

(SRAGEN, 27 Juni 2020) Dalam rangka melaksanakan program strategi, sosialisasi, dan implementasi pencegahan wabah Covid-19. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah menyelenggarakan KKN UNS Era Covid-19 selama 45 hari terhitung dari bulan Mei hingga Juni. Program KKN ini merupakan salah satu cara UNS dalam menjalankan program pengabdian kepada masyarakat.

Tidak seperti periode KKN yang sebelumnya dilakukan, pada masa pandemi Covid-19, KKN dilakukan secara individu oleh masing-masing mahasiswa UNS yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Kurangnya kesadaran dan edukasi mengenai probabilitas penyebaran virus Covid-19 dan cara mengantisipasi penularan virus tersebut masih sangat minim salah satunya di Desa Rewungan RT 11/02, Jetiskarangpung, Kalijambe, Sragen.

Untuk menghadapi permasalahan tersebut, mahasiswa UNS Abi Nur Hakim yang didampingi dosen pembimbing lapangan. Bapak Yudi Rinanto melaksanakan program KKN UNS Era Covid-19 dengan mengusung tema besar "Supporting Pemahaman masyarakat terhadap COVID-19". "saya sangat bersyukur dapat melaksanakan program KKN UNS Era Covid-19 ini, karena dapat membantu dan mengedukasi masyarakat pada masa pandemic Covid-19" ujar Abi.

Program KKN yang dijalankan diantaranya adalah melakukan penyampaian materi dan penyuluhan mengenai informasi terkait Covid-19 beserta cara pencegahannya secara langsung dan atau melalui sistem DARING dengan platform media sosial, melakukan edukasi dan penyerahan hand sanitizer serta masker kepada masyarakat sekitar, dan memberikan edukasi mengenai pentingnya PHBS kepada masyarakat yang meliputi pemasangan poster/MMT serta pembuatan alat cuci tangan yang dipasang  pada titik keramaian tertentu. Kegiatan ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat agar dapat mengetahui bagaimana pentingya PHBS demi mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Masyarakat juga selalu dihimbau untuk tetap memakai masker dan tetap menjaga jarak aman. Dengan diadakannya kegiatan KKN UNS Era Covid-19 diharapkan semua lapisan masyarakat Desa Rewungan RT 11/02, Jetiskarangpung, Kalijambe, Sragen akan lebih sadar tentang bahaya dan cara pencegahan Covid-19. Antusias serta dukungan masyarakat pun sangat banyak dalam membantu pelaksaanaan kegiatan KKN ini. Selain itu, kegiatan ini berjalan tentu atas dukungan Ketua RT dan RW setempat serta Dosen Pembimbing Lapangan, Bapak Yudi Rinanto. "Selaku ketua RT, saya sangat mendukung kegiatan KKN UNS Era Covid-19 dan mengucapkan terimakasih banyak" tutup Bapak Serma Tukiyo selaku Ketua RT 11/RW 02, Jetiskarangpung, Kalijambe, Sragen.

Kontak:

0857 2662 6985

abihakim@student.uns.ac.id

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x