UJIAN AKHIR SEMESTER CREATIVE BRIEF
MATA KULIAH COPYWRITING DIGITAL PROGRAM STUDI KOMUNIKASI
UNIVERSITAS SIBER ASIA SEMESTER ANTARA 2020/2021
TENTANG PRODUK
Client/Company
Ruang Kita Bersama (Melvi)
Address
Gedung Masindo Jalan Mampang Prapatan Raya No. 73A Lantai 3, Jakarta Selatan, 12790
Business fields
Produk Kesehatan
Product
Hand Sanitizer
BrandÂ
Biofresh
Deadline
04 September Pukul 23.59 WIB
Â
PRODUCT IDENTITY
Product Name
Hand sanitizer merupakan cairan yang digunakan untuk membersihkan dan menjaga tangan serta bagian tubuh lainnya yang terbuka untuk tetap steril dari virus dan kuman.
Physics       Â
Hand sanitizer Biofresh dikemas dalam berbagai ukuran: 5 liter, 1 liter dan ukuran khusus sesuai dengan permintaan customer.Â
Non Physics
Hand sanitizer Biofresh memiliki kadar alkohol 73% (kadar yang memenuhi standar kesehatan), tidak terasa lengket di kulit dan wangi yang menyegarkan.Â
Positioning   Â
Produk ini dipasarkan dengan ukuran besar (5 liter dan 1 liter) sehingga bisa digunakan oleh konsumen sebagai refil (isi ulang).
Hand sanitizer Biofresh juga dapat dikemas dengan ukuran dan desain khusus sesuai dengan permintaan customer.
Audience
- Demografis: Usia 20-60 tahun, perempuan dan laki-laki
- Geografis: Jabodetabek
- Psikografis: Peduli dengan kesehatan (protokol kesehatan)
DifferentiationÂ
Tidak lengket di kulit, wangi parfum yang menyegarkan, harga kompetitif dan dapat dikemas dengan ukuran dan desain khusus sesuai dengan permintaan customer.
Market ShareÂ
B to B dan B to G
USP Â Â Â Â
Dapat dikemas dengan ukuran dan desain khusus sesuai dengan permintaan customer.
SWOT analysis
- Kekuatan: Tidak lengket di kulit, wangi parfum yang menyegarkan, harga kompetitif dan dapat dikemas dengan ukuran dan desain khusus sesuai dengan permintaan customer.
- Kelemahan: Produk belum dijual secara luas di jaringan ritel.
- Peluang: Kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dan ketentuan penyediaan sarana protokol kesehatan di perusahaan dan lembaga.
- Ancaman: banyak barang sejenis sehingga persaingan sangat ketat.
ADVERTISING STRATEGY
Advertising Problem
Produk hand sanitizer menjadi primadona di era pandemi Covid-19 yang mulai merebak akhir 2019. Ketika itu, hand sanitizier bahkan menjadi barang langka di pasaran hingga berakibat melesatnya harga jual. Jauh sebelum pandemi, hand sanitizer sebenarnya sudah tetapi jarang laku. Tidak banyak yang menggunakannya. Cuci tangan identik dengan pakai sabun, dan dilakukan ketika tangan benar-benar terlihat kotor atau saat sedang mau makan.
Maka ketika pandemi tak kunjung reda, kampanye cuci tangan dan protokol kesehatan terus digaungkan, kebutuhan masyarakat terhadap hand sanitizer sangat tinggi. Produk-produk bermunculan, persaingan harga menjadi super ketat, dan kualitas hand sanitizier pun mulai dibanding-bandingkan.
Biofresh sebagai sebuah merek hand sanitizer di Indonesia belum termasuk kategori dikenal. Dalam daftar rekomendasi merek hand sanitizer di sejumlah online shop seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain, merek Biofresh tidak masuk list. Oleh karena itu, pesan pemasaran yang hendak disampaikan dan dieksplorasi sebagai iklan adalah:
- Merek
- Harga
- Kualitas
- Testimoni
- Kemudahan Membeli
Solution
Solusi dalam pesan pemasaran Biofresh Hand Sanitizer yang ditawarkan antara lain:
- Booklet
- Iklan di Media Online
- Feed dan Story di Media Sosial (Instagram, Facebook, dll.)
- Website
- Flyer Print
- Iklan/Testimoni di Media Sosial
- Endorsement Selebram, Tiktok, Facebook
Promise
Kesehatan menjadi tidak dapat dinilai harganya, terutama di era pandemi yang terbukti banyak orang mendadak sakit, bahkan meninggal dunia. Biofresh hadir menjadi solusi produk kesehatan dengan harga terjangkau serta berkualitas untuk Anda yang membutuhkan hand sanitizer, sebagai bagian dari upaya menerapkan hidup sehat dan taat protokol kesehatan di lingkungan sekitar.
Reason Why   Â
- Tidak lengket
- Kadar alkohol memenuhi standar badan kesehatan dunia
- Harga kompetitif
- Kemasan praktis
Brand Character
- Tidak lengket
- Harga kompetitif
- Mudah diperoleh
ObjectiveÂ
Biofresh: Sehat, Wangi dan Tidak Lengket
Media characteristics
Analisa karakter media yang digunakan dalam pesan pemasaran antara lain:
- Warna. Pada logo didominasi dengan warna hijau untuk memberikan kesan sehat, segar, dan alami. Sedangkan pada kemasan menggunakan bahan yang tembus pandang/bening agar konsumen mengetahui isi produk Biofresh
- Media. Oleh karena market share adalah B to B dan B to G, maka booklet dalam bentuk cetak yang didalamnya memuat informasi detail tentang Biofresh menjadi pegangan calon konsumen. Kemudian website dengan sejumlah menu yang content-nya sebagaimana dimuat pada booklet, iklan di media online tertentu dengan penayangan secara berkesinambungan, optimalisasi akun media sosial, flyer dalam bentuk cetak untuk acuan bagian pemsaran ketika melakukan promosi penjualan, serta endorsement selebram, tiktok, facebook, yang memiliki follower minimal 10.000
- Jangkauan. Dari media-media yang digunakan itu memiliki jangkauan luas terutama website dan iklan di media online serta media sosial. Sedangkan booklet dan flyer, jangkauannya lebih spesifik kepada calon konsumen yang dibidik.
- Biaya. Pesan pemasaran melalui iklan memang identik dengan biaya yang mahal. Tetapi dalam konteks pemasaran Biofresh, maka biaya dapat disesuaikan dengan budget dengan mempertimbangkan efektifitas dan segmentasi.
CONSUMER BENEFITS
Rational      Â
Harga yang terjangkau dan bersaing dengan produk serupa yang beredar di pasaran
Emotional    Â
Produk tidak lengket sehingga konsumen tidak segan menggunakannya dalam setiap kesempatan
Mandatories
Oleh karena brand Biofresh Hand Sanitizer belum banyak dikenal masyarakat, maka logo harus ditampilkan secara memikat untuk menarik perhatian. Kemudian foto dan video produk serta testimoni dari pengguna.
Strategic approaches
Gaya dan strategi pemasaran menggunakan cara berkomunikasi naratif untuk menjelaskan detail produk dan testimoni dari pengguna
Thema       Â
Biofresh, Hand Sanitizer yang Wangi, Tidak Lengket dan Harga Murah
Concept/idea  Â
Ditengah banyaknya produk hand sanitizer yang beredar di pasaran, persaingan sangat ketat. Oleh karena diperlukan tema yang menonjolkan Biofresh sebagai hand sanitizer yang wangi, tidak lengket dan harga kompetitif.
NASKAH IKLAN (COPYWRITING)
Buatlah naskah iklan (copywriting) dengan orientasi pada media iklan/pemasaran digital (BROSUR, LEAFLET, FLYER, POSTER DLL)
Â
Contoh:
Â
FEED INSTAGRAM
BIOFRESH
SEHAT & WANGI
Biofresh Efektif Membuh Virus & Kuman
Tidak Lengket
Harga Ekonomis
Kemasan Praktis
"Baru kali ini saya cocok dengan hand sanitizer. Biofresh tidak lengket di tangan, saya suka itu. Biasanya saya pakai merek lain terasa tidak nyaman karena pliket"
Andreas Eko Soponyono, Selebgram Â
Kadar Alkohol 70%
Tersedia di Apotek, Swalayan & Toko Terdekat
.....................................................................................................................................................................
TENTANG JASA
Client/Company
PT Klik Visi (Melvi)
Address
GKM Green Tower Jl. TB Simatupang No. Kav. 89G Lantai 7 Unit 703B, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta SelatanÂ
Business fields
Startup Â
Product
Platform online store
BrandÂ
Klikbarang.id
Deadline
04 September Pukul 23.59 WIB
Â
PRODUCT IDENTITY
Product Name
Klikbarang.id adalah platform online store yang menjual berbagai macam produk. Produk utama adalah kebutuhan kantor/lembaga. Namun juga menyediakan produk yang dibutuhkan masyarakat.Â
Physics       Â
Platform online store dengan alamat website www.klikbarang.id
NonPhysics
- Platform ini menyediakan produk berkualitas dan orisinal yang dikurasi dengan baik (selected item) untuk keperluan kantor dan produk-produk yang banyak dibutuhkan masyarakat.
- Platform ini juga dilengkapi dengan fitur untuk melayani transaksi dengan skema B to B dan B to C.
Positioning   Â
- Klikbarang.id menjadi solusi untuk mendapatkan produk terbaik dan orisinal yang diperlukan dengan mudah dan cepat. Karena produk yang dijual selected item.Â
- Kilikbarang.id dilengkapi dengan fitur untuk melayani transaksi dengan skema B to B dan B to C.
Audience
- Demografis: Usia 15 sampai 60 Tahun, Laki-laki dan Perempuan
- Geografis: Seluruh Indonesia
- Psikografis: Perusahaan/lembaga dan masyarakat yang ingin mendapatkan produk berkualitas dan orisinal dengan mudah dan cepat (jenuh dan tidak punya waktu untuk memilih produk di market place yang jumlahnya terlalu banyak).
DifferentiationÂ
Online store yang bukan marketplace dan sudah memiliki jaringan kerja sama sebagai suplier barang untuk berbagai lembaga/perusahaan.
Market ShareÂ
Perusahaan/lembaga, terutama yang sudah menjalin kerja sama pengadaan barang dengan PT Klik Visi, perusahaan.lembaga lain dan masyarakat secara umum.Â
USP Â Â Â Â
Menyediakan barang berkualitas dan orisinal dengan harga bersaing serta dilengkapi dengan fitur B to B dan B to C.
SWOT analysis
- Kekuatan: PT Klik Visi sudah memiliki jaringan kerja sama dengan pemilik produk (brand) dan sebagai suplier barang ke berbagai lembaga/perusahaan.Â
- Kelemahan: platform online store baru
- Peluang: Transaksi jual beli secara online meningkat secara signifikan.
- Ancaman: pasar digital saat ini sangat banyak pemainnya sehingga persaingan sangat ketat. Â
ADVERTISING STRATEGY
Advertising Problem
Investasikan dalam desain situs Anda untuk memberikan kesan pertama yang positif. Pertama dalam daftar ide pemasaran toko online (online store) adalah berinvestasi dalam desain situs Anda.
Situs web Anda adalah jantung dari upaya pemasaran online Anda. Terlepas dari metode pemasaran yang Anda gunakan, Anda akan mengarahkan prospek ke situs web Anda untuk membuat mereka membeli produk-produk yang dipajang di online store Klikbarang.id sehingga memuaskan konsumen.
Solution
- Online Store harus memiliki desain web yang memikat. Hal itu karena jualan utamanya adalah pengunjung website tertarik dengan barang yang ditawarkan di online store tersebut, sehingga merchant atau penjual mereguk keuntungan. Jika menguntungkan, para penjual merasa puas dan dapat menarik penjual lainnya. Oleh karena itu, desain web mutlak dibangun dengan desain yang indah namun memiliki menu-menu mudah diakses/diklik pengunjung.
- Saat ini sudah lazim digunakan dalam transaksi secara online adalah pembayaran dengan uang digital maupun internet/mobile banking. Oleh karena itu, onlines store harus menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait itu agar tranksasi aman, nyaman, dan dapat dipertanggungjawabkan.
- Yang juga harus menjadi perhatian dalam transaksi online adalah pengiriman. Maka online store harus menjalin kerjasama dengan jasa pengiriman yang memiliki kredibilitas dalam kecepatan, ketepatan, dan akuntabilitasnya. Ketersediaan pilihan jasa pengiriman yang variatif menjadi nilai lebih yang harus ditampilkan dalam promosi/advertising.
- Website, Feed di Media Sosial (Intagram, Facebook, dll), E-mail, Endorsement
Promise
Akses cepat, menu mudah diakses, transaksi aman dan terpercaya, serta tampilan kompatible dengan berbagai platform.
Reason Why   Â
- Untuk memiliki desain situs web yang bagus, Anda perlu memastikan desain situs Anda konsisten. Anda ingin audiens Anda merasa seperti berada di situs yang sama, apa pun halaman yang mereka jelajahi. Meskipun halaman Anda dapat memiliki format yang berbeda, semuanya harus memiliki gaya yang sama.
- Cara terbaik untuk memastikan konsistensi adalah dengan membuat panduan gaya. Panduan gaya menetapkan pedoman untuk mendesain setiap halaman di situs Anda, yang memastikan bahwa siapa pun yang bekerja di situs Anda, Anda memiliki desain yang konsisten.
- Orang-orang akan menjelajahi situs Anda dari beberapa perangkat, jadi Anda perlu memastikan situs Anda terlihat bagus di semua perangkat. Anda perlu mengintegrasikan desain responsif, yang memungkinkan situs Anda beradaptasi dengan perangkat apa pun yang digunakan pengguna. Ini memungkinkan Anda memberikan pengalaman terbaik untuk audiens Anda.
Brand Character
- Gaya yang mencerminkan merek Anda
- Konsistensi
- Waktu buka cepat
- Transaksi aman dan terpercaya
ObjectiveÂ
Pesan penjualan Klikbarang.id sebagai online store disampaikan melalui website atau situs, kemudian diiklankan melalui media sosial, dan pengiriman e-mail kepada calon-calon konsumen yang sebelumnya telah diinventarisir
Media characteristics
- Iklan media sosial adalah cara terbaik bagi Anda untuk menampilkan bisnis Anda kepada orang-orang yang paling tertarik dengan produk Anda. Anda dapat beriklan di berbagai platform, termasuk: Facebook, Instagram, Tiktok, Pinterest, LinkedIn, Twitter, dan lain-lain
- Iklan media sosial menawarkan penargetan lanjutan, yang berarti Anda dapat menyaring audiens target Anda untuk mencapai prospek yang paling berkualitas. Anda dapat menargetkan prospek berdasarkan demografi, kebiasaan membeli, dan banyak lagi.
- Saat Anda membuat iklan media sosial untuk memasarkan toko online Anda, gunakan visual berkualitas tinggi. Baik Anda menggunakan foto atau video, pastikan semuanya jelas dan berkualitas tinggi. Jika Anda menggunakan gambar berbintik atau membentang, orang tidak akan mengeklik iklan Anda.
- Pengiriman e-mail menjadi media yang dipilih untuk menyampaikan iklan pemasaran Klikbarang.id dengan terlebih dahulu menginventarisir alamat-alamat e-mail calon konsumen. Agar memikat, maka e-mail dikirimkan bukan dalam bentuk surat biasa, melainkan didesain sedemikian rupa sehingga calon konsumen, baik perusahaan/lembaga yang telah menjalin kerja sama maupun belum tertarik bergabung dengan Klikbarang.id
- Tampilan e-mail berisi pesan penjualan lebih menyentuh secara emosional kepada calon konsumen dengan mengeksplorasi kelebihan dari Klikbarang.id namun tidak secara membabi buta. Jaminan keamanan dan kenyamanan dalam transaksi di Klikbarang.id juga patut ditonjolkan
- Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah salah satu ide pemasaran toko online adalah juga paling penting. Pengguna menelusuri produk seperti milik Anda di Google setiap hari. Jika Anda ingin pengguna ini menemukan bisnis Anda di hasil pencarian, SEO adalah strategi penting untuk membantu Anda mencapai tujuan itu.
- Iklan bayar per klik (PPC) adalah bagian integral dari pemasaran toko online. Iklan berbayar ini muncul di bagian atas hasil pencarian Google. Penempatan yang menonjol ini memungkinkan bisnis memperoleh lebih banyak klik dan konversi. Seperti SEO, kunci untuk kampanye PPC e-niaga terbaik melibatkan pemilihan kata kunci yang tepat. Kata kunci Anda menentukan kapan iklan Anda muncul.
CONSUMER BENEFITS
Rational      Â
Investasi pesan penjualan/iklan lebih banyak pada desain situs sedangkan untuk iklan juga dominan pada media sosial sehingga biayanya relatif bisa ditekan.
Emotional    Â
Calon konsumen akan merasa dihargai ketika disapa secara langsung melalui e-mail yang dikirimkanKeuntungan yang didapat konsumen dari sisi emosional
Mandatories
- Logo
- Foto
- Video
- Grafis
Strategic approaches
Gaya, strategi pendekatan atau pun cara berkomunikasi yang akan digunakan dalam perencanaan iklan atau desain) adalah GAYA INFORMATIF dan GAYA EKSPLORATIF. Sebagai bisnis baru, maka informasi secara mendalam dan penjelasan keunggulan produk lebih detail diperlukan untuk meyakinkan calon konsumen
Thema       Â
Tema utama kampanye periklanan Klikbarang.id adalah copy from Chief Executive Office (CEO), yakni testimoni dari CEO perusahaan/lembaga yang telah menjalin kerja sama
Concept/idea  Â
Satu fakta yang diketahui secara umum bahwa testimoni pihak ketiga dapat membantu kita menjual produk. Namun menempatkan argumen penjualan kita sebagai komunikasi langsung antara pendiri perusahaan dan pelanggannya juga sangat membantu.
Pendekatan down-to-earth ini menciptakan kesetaraan. Menyatakan kepada pelanggan bahwa CEO produk ini bukan seseorang yang tak tersentuh dan hanya peduli pada keuntungan. CEO ini adalah orang yang sangat ramah, mudah didekati, dan sangat peduli pada kita.
NASKAH IKLAN (COPYWRITING)
Buatlah naskah iklan (copywriting) dengan orientasi pada media iklan/pemasaran digital (BROSUR, LEAFLET, FLYER, POSTER DLL)
Â
Contoh:
Â
WEBSITE
Â
Landing Page B to C
Â
Headline Website Klikbarang.id
Â
AMAN | MUDAH | NYAMAN | CEPAT
Â
- Jual Produk Anda Langsung Ke Konsumen
- > 10 Milyar Rupiah Dihasilkan Merchant/Seller yang Telah Bergabung
- Pengiriman Cepat Menjangkau Hingga ke Pelosok
 .....................................................................................................................................................................
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI