Mohon tunggu...
Nasrullah Ibnu Rasmullah
Nasrullah Ibnu Rasmullah Mohon Tunggu... Nasrullah

Sukabumi Cikembar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Keterampilan Berbicara

12 Juni 2021   04:31 Diperbarui: 12 Juni 2021   04:32 28 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keterampilan Berbicara
speakerhub.com

Di tulis oleh: Nasrullah

 Keterampilan berbicara merupakan keterampilan yang dapat menjadikan orang cepat tanggap dalam menanggapi masalah, karena ketika seseorang memiliki keterampilan dalam berbicara maka kecepatan tanggap dan ketepatannya dalam bertindak menjadikan kelebihan tersendiri baginya walaupun kebanyakannya berdasarkan imajinasi nya sendiri yang didasari pengalaman di masa lalu.

Di dalam ruang lingkup perkuliahan, keterampilan berbicara sudah menjadi hal yang lazim adanya karena setiap mahasiswa di tuntut aktif untuk berbicara, bukan hanya sekedar berbicara alakadarnya tetapi harus berdasarkan dalil-dalil yang menguatkan atau argumentasi yang di bangun dengan asas asas yang kuat. Seperti di dukung dengan pendapat para ahli di bidang nya.

Ada beberapa kegiatan yang hampir seluruhnya di dominasi dengan keterampilan berbicara, baik di lingkungan persekolahan, perkuliahan,ataupun dunia pekerjaan. Salah satu diantaranya yaitu:

A.Presentasi

Menurut beberapa para ahli "Presentasi merupakan suatu kegiatan berbicara dihadapan khalayak banyak . Presentasi juga merupakan kegiatan Yang bertujuan untuk menyebarkan informasi, baik informasi konseptual maupun informasi procedural". Kemahiran presentasi merupakan kelebihan bagi sebagian kalangan dan bisa juga menjadi kebutuhan bagi setiap orang, maka mahasiswa dilibatkan dalam melakukan presentasi, mulai dari menyusun bahan, membuat alat peraga yang bertujuan untuk memudahkan sampainya informasi dengan bantuan teknologi, menyajikannya dan merevisi berdasarkan umpan balik dari hadirin. Banyak dari mahasiswa sering mendapati tugas kuliah untuk melakukan persentasi di depan kelas salah satunya nya presentasi ilmiah.

Hal-hal penting yang terkait presentasi ilmiah yang harus di perhatikan.

a.Tujuan utama dari presentasi ilmiah yaitu untuk menyebarkan informasi ilmiah. Agar kegiatan presentasi ilmiah berjalan dengan efektif ada kiat-kiat tersendiri yang harus di terapkan, yakni (1) menarik minat dan perhatian peserta, (2) menjaga agar presentasi tetap fokus pada masalah yang dibahas, dan (3) menjaga etika ketika tampil di depan forum ilmiah.

b.Tata cara dan etika dalam kegiatan presentasi ilmiah. Pertama, penyaji memberi informasi kepada peserta secara memadai. Kedua, penyaji menyajikan bahan dalam waktu yang tersedia. Ketiga, penyaji menaati etika yang berlaku di forum ilmiah. Dalam forum tersebut ada beberapa Peran yang dimainkan oleh aktor Yang berbeda, yakni penyaji, Pemandu (moderator), notulis, Peserta, dan teknisi. Semua pihak wajib melakukan tugasnya dan menjaga agar jalannya presentasi ilmiah dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan aturan main yang telah ditetapkan. Etika yang harus dijaga oleh peserta, antara lain adalah sebagai berikut. Pertama, setiap peserta harus jujur pada diri sendiri. Kedua, setiap peserta wajib menghargai pendapat atau gagasan orang lain dan hal ini mensyaratkan bahwa dia wajib menyimak apabila ada orang yang berbicara (atau bertanya).

c.Menyiapkan bahan Presentasi Ilmiah dengan multimedia.

Dengan demikian, akan memudahkan penyaji untuk menambah dan menekankan apa-apa yang menurut mereka harus ditambah dan ditekankan bahkan bisa di modifikasi dengan sedemikian rupa dengan langkah-langkah yang sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN