Cerita Praktik Baik Pembelajaran Aktif dengan Project Based LearningÂ
Oleh Abdul Azis, S.Pd.
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan keaktifan peserta didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi materi Ketenagakerjaan sub materi Pengertian pegangguran dan Jenis pengangguran, Masalah ketenaga kerjaan di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantukan media slide Precentasion menggunakan aplikasi PPT.
Tanggal PelaksanaanÂ
Pertemuan 1 : 8 November 2022
Pertemuan 2 : 15 November 2022
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah?
Salah satu faktor yang menandai berhasilnya sebuah proses pembelajaran adalah meningkatnya keaktifan siswa. Berdasarkan pengalaman saya mengajar di SMA Negeri 1 Sragen, keaktifan siswa cenderung rendah khususnya pada mata pelajaran Ekonomi, hal  ini disebabkan oleh beberapa faktor:
- Terdapat peserta didik yang masih mengalami kesulitan dalam memberikan tanggapan terhadap suatu konsep materi pembelajaran.
- Kurangnya inovasi dalam pemilihan model pembelajaran
- Terdapat Peserta didik yang masih mengalami kesulitan untuk memahami materi pelajaran Ekonomi.
- Kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran
- Kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
- Guru perlu memaksimalkan penggunaan dan penerapan model pembelajaran inovatif (PjBL) agar peserta didik terlibat aktif (student centered learning) dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari..
- Dapat menjadi referensi bagi guru yang lain dengan permasalahan yang sama.
- Dapat menjadi bahan evaluasi dan motivasi bagi guru dalam merancang kegiatan pembelajaran yang berdampak terhadap hasil prestasi peserta didik secara maksimal.
- Dapat menjadi media untuk meminta saran dan masukkan dalam hal pembuatan RPP, bahan ajar, media pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran.
- Berbagi pengalaman sehingga dapat menjadi pembanding  bagi guru lain untuk melaksanakan pembelajaran.
- Memotivasi guru lain untuk melakukan perubahan.
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda  dalam praktik ini?
- Mendesain pembelajaran yang lebih inovatif, kreatif, menyenangkan dan berpusat pada siswa dengan mengedepankan penggunaan IT dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi peserta didik.
- Memfasilitasi dan menginspirasi belajar dan kreatifitas peserta didik dengan pembeljaran yang  melibatkan peserta didik dalam menggali pengetahuan yang diperolehnya dengan kehidupannya di dunia nyata.
- Merancang dan menyediakan alat evaluasi yang bervariasi yang berguna bagi peserta didik maupun pembelajaran  secara umum.