Mohon tunggu...
Humaniora

Kenakalan Remaja di Sekolah

27 Februari 2016   12:44 Diperbarui: 6 Maret 2016   14:57 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kenakalan remaja saat ini sudah membudidaya di lingkungan sekolah dan kebanyakan terjadi di daerah kota- kota besar. Yang kehidupannya banyak di warnai persaingan-persaingan dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Entah itu dilakukan secara sehat maupun tidak sehat. Penyebab kenakalan remaja itu berasal dari diri sendiri, teman maupun dari lingkungan/masyarakat. Di era Globalisasi ini pengaruh lingkungan akan jauh terasa karena sudah berkembangnya teknologi, informasi, komunikasi dan lain segainya itu akan menjadi dampak buruk bagi remaja yang salah dalam penggunaanya.

Tanggung jawab terhadap kenakalan remaja itu terletak dari orang tua, sekolah dan juga masyarakat. Dalam pencegahan kenakalan remaja perlu adanya bimbingan dan pengawasan dari keluarga (orang tua), dari sekolah memberikan pendidikan yang baik (guru) serta dari masyarakat yakni pemuka agama maupun tokoh-tokoh dari masyarakat setempat yg baik.

Adapun macam-macam kenakalan remaja di sekolah di antaranya adalah :

1.      Tawuran antar pelajar

Tawuran antar pelajar ini adalah perbuatan yang tidak baik dan merugikan. Di dalam tawuran pasti akan merusak fasilitas umum  dan fasilitas sekolah. Tawuran ini juga akan merusak masa depan mereka, apabila mereka di tangkap polisi maka nama baiknya akan tercemar. Pihak keluarga akan malu dan pihak sekolah mungkin akan memberi sanksi yang tegas bahkan bisa jadi remaja itu di keluarkan dari sekolah.

2.      Mencoret dinding di sekolah

Mencoret-coret dinding sembarangan termasuk perbuatan yang tidak baik itu akan membuat lingkungan kotor sekitar lingkungan. Apalagi kalau mencoret coret dengan menuliskan kata- kata kotor yang tidak pantas di tampilkan di muka umum maupun tidak pantas untuk di baca

3.      Mencuri

Mencuri juga akan merusak nama baik kita, karena jika ketahuan maka akan menanggung malu yang besar bahkan teman dan orang-orang di sekitar kita akan menjauhi kita. Karena teman dan orang- orang sudah tidak percaya lagi dengan kita. Jika tindak pencuriannya di lingkungan sekolah maka akan di beri sanksi dari pihak sekolah.

4.      Bolos sekolah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x