Mohon tunggu...
Abas Basari
Abas Basari Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMA Al Masoem, penulis, blogger,MC..

Suka berkebun, traveling, membaca, menulis, memasak, menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Berkebun di Rooftop Rumah, Healing Gratis yang Menyenangkan

24 Juli 2022   12:53 Diperbarui: 30 Juli 2022   16:46 833 25 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Berkebun di rooftop (Sumber: shutterstock)

Oleh Abas Basari

Hari Minggu, akhir pekan dalam seminggu menunggu saya untuk berkebun di rooftop rumah. Bukan kebun yang besar. Bukan juga kebun yang serba lengkap tanamannya. Bukan juga kebun dengan tanaman yang mahal-mahal. Kebun sederhana di atas rumah. Area kebanggaan saya, tempat menyalurkan hobi juga tempat berjemur saat kondisi pandemi, beberapa waktu yang lalu.

Pagi ini bersama sang mentari pagi memberi nutrisi dan menyapa sahabat-sahabat saya yang telah memberikan suasana istimewa dengan warna-warni dedaunan dan mekar bunga.

Hibiscus rosa sinensis (Dokumentasi pribadi)
Hibiscus rosa sinensis (Dokumentasi pribadi)

Jatah sehari dalam satu minggu digunakan untuk merawat tanaman. Bahagia disambut mereka yang setia menanti. Si hijau ngagedod

Filo badak saya menyebutnya. Berdaun agak tebal. Berperawakan kokoh seolah  badak kali ya. Warna hijau yang kuat, urat daun yang tegas, serta bentuk daun yang menyerupai hati memberikan efek sejuk, damai, teduh, serasa di alam bebas. Berliku dan memanjat pada media tiang bambu. Terima kasih filo badak engkau hadir mengisi hati menjadi tenang.

Filo Badak (Dokumentasi pribadi)
Filo Badak (Dokumentasi pribadi)

Menyiangi gulma, merapikan posisi batang, serta mengatur posisi tanaman agar mendapat porsi sinar matahari sesuai kebutuhannya. 

Miana hijau cerah, keriting tepian daunnya. Saya sapa kribo hijau. Tanaman ini memang pendatang baru di rumah. Berawal dari tanaman  yang sama, berdaun ungu dengan garis kuning di tengahnya, tepi daun keriting kecil.

Setelah beberapa waktu, nampak betah, keluarlah tunas baru dengan warna daun hijau, tapi masih tetap kribo. Senang juga dapat varian baru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan