Mohon tunggu...
Abas Basari
Abas Basari Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMA Al Masoem, penulis, blogger,MC..

Suka berkebun, traveling, membaca, menulis, memasak, menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Diseminasi Pertama di Tahun Ajaran Baru

20 Juli 2022   16:47 Diperbarui: 20 Juli 2022   16:55 176 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Istilah diseminasi di lingkungan Yayasan Al Ma'soem Bandung sudah menjadi agenda rutin di hari Senin pagi saat mengikuti kegiatan bersama SMA AL MA'SOEM di bawah naungannya. Kalau di sekolah lain dikenal dengan Upacara Bendera hari Senin.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata diseminasi adalah penyemaian benih, bibit, dan sebagainya. Arti lainnya dari diseminasi adalah penyebarluasan ide, gagasan, dan sebagainya.

Sehubungan hari pertama sekolah di tahun ajaran 2022-2023 maka SMA AL MA'SOEM menyelenggrakan diseminasi. Bergabung lah siswa baru kelas 10 sampai kelas 12. Pengisinya bisa dari siswa, guru maupun pengurus yayasan.

Diawali dari Ketua MPK SMA AL MA'SOEM, Noor Nadhita selaku siswa, menyampaikan gagasannya terkait empat hal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang luas. Yakni kenali mata pelajaran yang ada, kenali gurunya, kenali dan amati lingkungan sekitar sekolah, dan kenali teman kita siapa saja. Setelah menguasai empat hal tersebut diharapkan dapat meraih mimpi. Begitu Dhita menyampaikan idenya.

Dokpri
Dokpri

Dilanjutkan penyebarluasan informasi maupun gagasan dari pengurus yayasan. Dimulai dari Bapak Dr. Ir. H. Ceppy Nasahi Ma'soem M.S.

Diseminasi di SMA AL MA'SOEM, siswa, guru dan pengurus yayasan duduk bersama siswa, tidak harus berdiri, lebih santai,  yang penting bisa menyimak secara baik. Ada shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Kondisi ini berbeda dengan sekolah lain.

Dilanjutkan dengan  hymne Al Ma'soem. Beliau menyitir penggalan lirik lagunya, "Menempa diri demi berprestasi bagi agama, keluarga dan bangsa".

Di Al Ma'soem diharapkan siswanya dapat menempa diri untuk berprestasi setinggi-tingginya. Yayasan akan memberikan imbalan dengan adanya  beasiswa kriteria akhlak. Siswa akan dibebaskan DOP, di sekolah lain SPP, selama satu semester. Maka ada persaingan yang sehat diantara siswa.

Sama dengan sekolah lain ada pengibaran bendera merah putih yang diiringi lagu Indonesia Raya. "Bangun lah jiwanya, bangun lah badannya untuk Indonesia Raya" sangat sesuai dengan tiga sasaran YAB, membentuk generasi cageur, bageur, pinter.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan